-->

Tenses: Pengertian, Fungsi, dan Contoh

 Tenses: Pengertian, Fungsi, dan Contoh


Dalam bahasa Inggris, Tenses merupakan salah satu basic grammar yang sering digunakan ketika kita berbicara. Tenses merupakan perubahan bentuk kata kerja untuk menyatakan satu aksi yang dipengaruhi oleh waktu. Ada 16 jenis tenses dalam bahasa Inggris yang masing-masing memiliki fungsi dan cara penggunaan yang berbeda. Berikut ini adalah penjelasan dan contoh dari masing-masing tenses:


1. Simple Present Tense: Digunakan untuk mengungkapkan fakta, menceritakan suatu kejadian, atau kebiasaan yang terjadi di masa sekarang. Contoh: "They speak Korean very well."


2. Present Continuous Tense: Digunakan untuk menceritakan kejadian yang sedang berlangsung waktu kamu berbicara atau untuk menceritakan rencana di masa depan. Contoh: "She is working on her homework now."


3. Present Perfect Tense: Digunakan untuk menceritakan suatu tindakan atau aksi yang sedang berjalan atau baru saja selesai. Contoh: "They have seen the movie Spider-Man: No way home."


4. Present Perfect Continuous Tense: Digunakan untuk menunjukkan suatu aksi yang sudah selesai dilakukan pada suatu titik di masa lampau dan masih berlanjut sampai saat ini. Contoh: “I have been thinking about it.”


5. Simple Past Tense: Digunakan untuk menceritakan suatu kejadian, kebiasaan, menyatakan fakta, atau situasi yang terjadi di masa lampau. Contoh: "They called their friends yesterday."


6. Past Continuous Tense: Digunakan untuk menceritakan kejadian yang sedang terjadi di masa lampau. Contoh: “I was washing my clothes when the phone rang.”


7. Past Perfect Tense: Digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang terjadi sebelum waktu tertentu di masa lampau. Contoh: “The girl had cried before her mother came.”


8. Past Perfect Continuous Tense: Digunakan untuk menunjukkan suatu peristiwa yang terjadi di masa lalu dan sudah selesai pada titik waktu tertentu di masa lalu. Contoh: “She had been studying math all day.”


9. Simple Future Tense: Digunakan untuk menceritakan suatu kejadian yang akan terjadi di masa yang akan datang. Contoh: “She will come to the cinema tomorrow.”


10. Future Continuous Tense: Digunakan untuk menceritakan suatu kejadian yang pasti akan terjadi dalam waktu dekat. Contoh: “He will be playing basketball in the playground tomorrow morning.”


11. Future Perfect Tense: Digunakan untuk mengungkapkan bahwa ada suatu aksi yang akan dilakukan dan diselesaikan pada waktu tertentu di masa depan. Contoh: “I will have finished my homework by tomorrow.”


12. Future Perfect Continuous Tense: Digunakan untuk mengungkapkan suatu gambaran aksi yang akan berlanjut sampai titik waktu tertentu di masa depan. Contoh: “In December, I will have been working at my company for one year.”


13. Past Future Tense: Digunakan untuk membentuk kalimat tentang masa depan dari sudut pandang masa lalu. Contoh: “She would forgive you.”


14. Past Future Continuous Tense: Digunakan untuk menjelaskan tentang hal atau kegiatan yang akan, sedang, dan telah dilakukan di masa lalu. Contoh: “I would be studying at your house yesterday, but I didn’t because I got sick.”


15. Past Future Perfect Tense: Digunakan untuk menunjukkan sebuah kegiatan yang seharusnya sudah selesai di masa lalu. Contoh: “Mina would have finished her homework if she hadn’t gone shopping.”


16. Past Future Perfect Continuous Tense: Digunakan untuk menjelaskan tentang hal atau kegiatan yang akan, sedang, dan telah dilakukan di masa lalu. Contoh: “I would have been working in leading companies for six years.”


Memahami dan mampu menggunakan tenses dengan benar sangat penting dalam belajar bahasa Inggris. Dengan pemahaman yang baik tentang tenses, kita dapat lebih mudah dalam menyusun kalimat dan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.


Source: English Academy, Kampung Inggris LC, Wordsmile, Zenius, Kompas