-->

Degree of Comparisons: Pengertian, Fungsi, dan Contoh

 Degree of Comparisons: Pengertian, Fungsi, dan Contoh


Dalam bahasa Inggris, Degree of Comparisons digunakan untuk membandingkan antara satu objek dengan objek lainnya. Degree of Comparisons bisa berupa kata sifat (adjective) atau kata keterangan (adverb). Ada tiga tingkatan dalam Degree of Comparisons, yaitu Positive Degree, Comparative Degree, dan Superlative Degree.


1. Positive Degree: Positive Degree adalah bentuk dasar dari adjective atau adverb dan digunakan untuk menggambarkan atau membandingkan satu objek atau orang saja. Contoh: "She is beautiful." (Dia cantik.)


2. Comparative Degree: Comparative Degree digunakan untuk membandingkan dua objek atau orang. Biasanya dibentuk dengan menambahkan akhiran '-er' untuk kata sifat satu suku kata, atau dengan menambahkan 'more' atau 'less' untuk kata sifat lebih dari satu suku kata. Contoh: "She is more beautiful than her sister." (Dia lebih cantik daripada saudara perempuannya.)


3. Superlative Degree: Superlative Degree digunakan untuk membandingkan lebih dari dua objek atau orang. Biasanya dibentuk dengan menambahkan akhiran '-est' untuk kata sifat satu suku kata, atau dengan menambahkan 'the most' atau 'the least' untuk kata sifat lebih dari satu suku kata. Contoh: "She is the most beautiful girl in the class." (Dia adalah gadis tercantik di kelas.)


Berikut adalah beberapa contoh lain dari Degree of Comparisons:


- Positive: "He is tall." (Dia tinggi.)


- Comparative: "He is taller than his brother." (Dia lebih tinggi daripada saudaranya.)


- Superlative: "He is the tallest boy in the school." (Dia adalah anak laki-laki tertinggi di sekolah.)


- Positive: "She is intelligent." (Dia cerdas.)


- Comparative: "She is more intelligent than her friend." (Dia lebih cerdas daripada temannya.)


- Superlative: "She is the most intelligent student in the university." (Dia adalah mahasiswa paling cerdas di universitas.)


Memahami dan mampu menggunakan Degree of Comparisons dengan benar sangat penting dalam belajar bahasa Inggris. Dengan pemahaman yang baik tentang Degree of Comparisons, kita dapat lebih mudah dalam menyusun kalimat dan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.


Source: Wordsmile, English Academy, Ruangguru, EF Blog, Wall Street English