Saturday, 30 December 2017

SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL

Sistem pendidikan nasional seperti dijelaskan dalam UU RI , No 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Di dalam pasal-pasal dan penjelasan UU No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional dikemukakan sebagai berikut :
1. Pendidikan dilaksanakan secara demokrasi dan berkaitan dengan diskriminatif dan menjunjung tinggi HAM, nilai, agama, nilai kultural dan kemajemukan bangsa.
2. Pendidikan diselenggarakan sebagai kesatuan yang sistematik, dan sistem terbuka dan multi makna.
3. Pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat.
4. Pendidikan diselenggarakan sebagai keteladanan membangun kemauan dan mengembangkan kreatifitas peserta didik.
5. Pendidikan diselenggarakan dengan membudayakan membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat.
6. Pendidikan diselenggarakan dengan memberdayakan semua komponen masyarakat melai peran serta dalam menyelenggarakan pengadilan layanan mutu layanan pendidikan.
7. Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermatabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,  berilmu dan cakap.  ( Ramayulis, 2008: 38-41 )

Sumber :
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Edisi Revisi, Kalam Mulia , Jakarta, 2008.
Read More
sumajiedukasi.blogspot.co.id

sumajiedukasi.blogspot.co.id - Merupakan sebuah situs edukasi yang menulis dan mengungkap hal-hal unik seputar pendidikan, masyarakat, sosial , politik. Situs ini merupakan situs yang menarik, dengan berbagai artikel, teknologi, tutorial, film , domain, hosting dan berbagai macam artikel unik lainnya

PENGERTIAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL

Kata "kebijakan" merupakan terjemah dari kata "policy" dalam bahasa inggris, yang berarti mengurus masalah atau kepentingan umum, atau berarti juga administrasi pemerintahan. Kebijakan lebih berat penekanannya pada tindakan (produk) yaitu kebijakan yang ditetapkan secara subjektif. Dalam pengertian operatifnya, kebijakan dapat diartikan sebagai :
1. Suatu penggaris ketentuan-ketentuan.
2. Yang bersifat sebagai pedoaman, pegangan atau bimbingan untuk mencapai kesepahaman dalam maksud, cara dan atau sarana.
3. Bagi setiap usaha dan kegiatan sekelompok manusia yang berorganisasi.
4. Sehingga terjadi dinamisasi gerak tindak yang terpadu, sehaluan dan seirama mencapai tujuan bersama.

Policy diartikan juga hal-hal mengenai kebijakan pemerintah, atau sebuah instrumen pemerintahan, bukan saja dalam goverment yang hanya menyangkut aparatur negara, melainkan juga governance yang menyentuh pengelolaan sumber daya publik. Kebijakan pada intinya merupakan keputusan-keputusan atau pilihan-pilihan tindakan secara langsung mengelola pengelolaan dan pendistribusian sumberdaya alam, finansial dan manusia demi kepentingan publik, yakni rakyat banyak, penduduk, masyarakat dan warga negara.

Menurut Eulau dan Prewit yang dikutip oleh Jones, bahwa kebijakan adalah keputusan tetap yang dicirikan oleh konsistensi dan pengulangan tingkahlaku dari mereka yang membuat dan dari mereka mematuhi keputusan tersebut. Jones menganalisis komponen-komponen pengertian kebijakan yang terdiri dari :
1. Goal, atau tujuan yang diinginkan
2. Plan atau proposal , yaitu pengertian spesifik untuk mencapai tujuan
3. Program, yaitu upaya yang berwenang untuk mencapai tujuan
4. Decision, ialah tindakan-tindakan untuk menentukan tujuan, membuat rencana, melaksanakan, dan menilai rencana
5. Effect, yaitu akibat-akibat rencana (disengaja atau tidak, primer atau sekunder, diperhitungkan sebelumnya atau tidak ).

Istilah "kebijakan pendidikan" merupakan kebijakan dari "educational policy", yang tergabung dari kata eduacation dan policy. Kebijakan adalah seperangkat aturan, sedangkan pendidikan menunjuk pada bidangnya. Jadi kebijakan pendidikan hampir sama artinya dengan kebijakan pemerintah di bidang pendidikan ( H. M. Hasbullah, 2015 : 37-41). Sedangkan menurut gamage dan pang , kebijakan pendidikan dapat juga diartikan sebagai perangkat panduan yang memberikan kerangka kerja bagi tindakan dalam hubungan dalam persoalan substantif. Garis panduan dimaksud mencakup istilah umum  (general terms), dan tindakan yaitu yang akan dilaksanakan dengan mempertimbangkan masalah yang ada. Garis panduan atau kebijakan pendidikan akan menjadi kepala sekolah, staf,  dan personalia lainnya sebagai warga sekolah dapat melaksanakan tanggung jawabnya dengan arah yang jelas. Sedangkan menurut Gaffar, kebijakan berhubungan dengan keputusan-keputusan yang berkaitan dengan perbaikan dan penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan. Sedangkan, menurut Tilaar mendefinisikan kebijakan pendidikan merupakan keseluruhan proses dan hasil perumusan langkah-langkah strategis pendidikan yang dijabarkan dari visi, misi pendidikan dalam rangka mewujudkan tercapainya tujuan masyarakat untuk kurun waktu tertentu ( Latif Diat Prasojo, Jurnal Nasional : 4 ).

Jadi, kebijakan pendidikan merupakan sebuah kebijakan atau aturan pendidikan, yang diatur pemerintahan di dalam bidang pendidikan. Dimana, kebijakan pendidikan Nasional  menjadi pedoman penyelenggaraan pendidikan  nasional oleh pemerintah.

Sumber :

 H.M. Hasbullah , Kebijakan Pendidikan : Dalam Prespektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan Di Indonesia, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta, 2015.

Latif Diat Prasojo, Financial Resources Sebagai Faktor Penentu Dalam Implementasi Kebijakan Pendidikan, Jurnal internasioanal.
Read More

Monday, 6 November 2017

Cara memulai bisnis bitcoin

Sebenarnya bitcoin merupakan mata uang digital di dunia maya , berikut merupakan penjelasan dari wikipedia.org

 Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang di buat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer-ke-peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi .

Tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin-bitcoin hanya dapat dihabiskan oleh orang memilikinya, dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari satu kali.


Desain dari Bitcoin memperbolehkan untuk kepemilikan tanpa identitas (anonymous) dan pemindahan kekayaan. Bitcoin - bitcoin dapat disimpan di komputer pribadi dalam sebuah format file wallet atau di simpan oleh sebuah servis wallet pihak ketiga, dan terlepas dari semua itu Bitcoin - bitcoin dapat di kirim lewat internet kepada siapapun yang mempunyai sebuah alamat Bitcoin.

 Topologi peer-to-peer bitcoin dan kurangnya administrasi tunggal membuatnya tidak mungkin untuk otoritas, pemerintahan apapun, untuk memanipulasi nilai dari bitcoin - bitcoin atau menyebabkan inflasi dengan memproduksi lebih banyak bitcoin. Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency, pertama kali di deskripsikan oleh Wei Dai pada tahun 1998 dalam milis cypherpunk.

Pada beberapa tahun bitcoin melejit menjadi mata uang yang paling mahal di dunia , 3 bulan yang lalu  1 bitcoin = 60 Jt rupiah , sekarang melejit semakin pesat 1 bitcoin = 99 juta. Wah.. inilah alasan banyak orang berlomba-lomba melakukan investasi di bitcoin. Namun perlu kita ketahui bahwa bitcoin adalah mata uang yang sewaktu- waktu nilainya juga mampu berubah-ubah . untuk kalian yang mau mencoba berinvestasi bitcoin. Silahkan saja daftar di bitcoin.co.id dan anda bisa melakukan investasi dan menukar uang anda ke dalam bitcoin.

Untuk sekarang bitcoin memang menjadi rajanya uang digital , bukan tidak mungkin pula , nilainya sewaktu-waktu dapat berubah.  Selamat mencoba !!

sumber referensi :
Wikipedia.org di akses 06 November 2017
Read More

Saturday, 21 October 2017

Pengalaman memasukan bot robot telegram! ini dia daftar bot telegram keren



Halo sobat, pernahkah kamu membuat bot telegram. Sebenarnya bot itu sudah ada yang buat lho.... Alias sudah di buat pemiliknya dan siap pakai, tapi kamu mau ya bisa buat sendiri :)) klo saya sih yang tinggal pakai aja deh hehe

Hanya saja, jika kamu orang yang kreatif suka otak atik coding boleh deh buat.
Mungkin karena pengalaman pertama membuat grup telegram dan memasukan robot bot otomatis membuat saya senang.
Nah berikut ini merupakan daftar bot keren:
@mokubot - serba bisa, info waktu, peraturan ada di dia.
@mattatabot - cukup lengkap bisa cari lirik lagu juga loh :D
@alislambot - bot klo ingin tau jadwal sholat, ini bot nya :)
@GroupButler_bot - bot ini diciptakan untuk membantu admin grup
@jackbot - mau menyisipkan youtube, wikipedia ke chat km ini bot yang cerdas 😄
@ImageBot - bot yang memudahkan kamu cari dan kirim gambar chat
@jh0ker_welcomebot - bot selamat datang otomatis...

Demikian daftar bot keren, kamu bisa cari yang lainnya. Tinggal masukan grup telegram mu dan sedikit seting. Hehe √

Join telegram grup
1. Blogger Indonesia
https://t.me/joinchat/F2rfpw2F4EVP-g3B3dNOIA

2.English Club fans
https://t.me/joinchat/F2rfpw56B7MhLQTnBn_tpA
Read More

Butuh teman latihan berbicara bahasa inggris? disini tempatnya


Halo...  Sobat blogger semua...  Sudah tidak asing lagi bukan dengan telegram. Iya,  telegram adalah aplikasi untuk chatting dan kumunikasi seperti whatsapp dan line. 
Langsung saja ya... 
Kalau kamu sudah punya telegram langsung saja join.


Dapatkan teman baru dan latihan di group ini, kamu bisa chatting , speaking dan berbagi materi dengan member lain. 

Kalau masih pengen yang lebih banyak lagi,  biasanya di facebook banyak koq grup bahasa inggris,  nah kamu bisa ikut ngobrol deh dan coment - coment. 
Read More

Sunday, 1 October 2017

" Skripsi 26 September 2017 "

Derai langkah merobek jalan
Derai kaki berhenti perlahan 
Derai kata berhenti sejenak
Melukis kata dialektika 

Tatapan mata-mata pucat 
Tatapan kata-kata haus persetujuan 
Mengapa setiap kau lihat kertasmu 
Seolah kau hirup aroma darah 

Hidup adalah perjuangan 
Seperti kucing yang butuh ikan 
Lalu apakah mahasiswa seperti kucing 
Di hadapan dosen untuk mendapatkan ikan 

Jika aku adalah rumput 
Skripsi adalah air 
Ku cari karena ku haus 
Ku minum ku teguk 
Untuk kehidupan 

Read More

Saturday, 16 September 2017

Pendidikan di universitas dan perguruan tinggi harus bebas dari intervensi organisasi luar kampus

Assalamualaikum Wr Wb.
Artikel ini merupakan sebuah tulisan yang di tulis oleh : Admin sumajiedukasi.blogspot.com

Pendidikan merupakan sebuah upaya sadar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Setiap orang tentunya berhak menerima pemerataan pendidikan yang baik dan benar. Bahkan ki hajar dewantara mengatakan " Pada dasarnya pendidikan adalah merubah tabiat - tabiat buruk menjadi baik" hal itu juga di sebut sebagai pendidikan karakter. 

Nah,  Bagaimana jika pendidikan  di jadikan ajang politik sebuah organisasi? 

Memang sudah banyak orang mengetahui bahwa dalam lingkungan instansi pendidikan (dilarang mengikuti organisasi politik "partai politik "). Tetapi!  Dalam realita yang terjadi dilapangan perpolitikan itu, bukan hanya dari partai politik. Tetapi,  berbagai organisasi pergerakan luar kampus pun berbondong - bondong ingin menguasai birokrasi kampus. 

Coba bayangkan bila organisasi tertentu menguasai kampus. Yang terjadi adalah ketipangan sosial,  berat sebelah,  tidak transparan, serta lebih mementingkan kepentingan golongan. 

Politik sendiri memiliki tujuan untuk mencari kekuasaan. Nah,  kenapa saya membuat artikel seperti ini?  Saya berharap artikel ini memberikan gambaran kepada kemenag dan kemendikbud untuk menerbitkan peraturan bahwa " Birokrasi kampus tidak berhak untuk ikut campur dalam melakukan kegiatan organisasi luar kampus,  seperti organisasi pergerakan ". 

Kampus seharusnya menjadi organisasi yang netral terhadap mahasiswa,  serta memberikan kesempatan kepada semua mahasiswa berkembang , bukan hanya untuk satu golongan. Tapi, di luar golongan akan dipersulit untuk berkembang. 

Memang perpolitikan kampus digunakan untuk mengendalikan lingkungan kampus agar tidak menjadi bola liar yang sulit untuk diatur.  Namun,  bila sebuah lembaga institusi di kuasai organisasi tertentu,  apakah dapat menjamin 100% persen,  bebas dari KKN  dan Nepotisme ? .

Tujuan utama lembaga pendidikan seharusnya untuk belajar bagi semua orang dan setiap orang berhak untuk mengembang potensinya.  Tanpa memandang golongan tertentu,  apalagi hanya persaingan politik kampus,  jika yang berhak berkembang hanya orang - orang yang memiliki visi dalam organisasi yang sama,  . 

Ini mungkin catatan atau artikel yang sederhana,  tanpa menyudutkan pihak manapun. Setiap orang berhak untuk menyampaikan pendapatnya. Apalagi jika untuk kemajuan pendidikan yang lebih baik. Tentu saja,  penulis berharap artikel sederhana memberikan gambaran positif untuk kemenag dan kemendikbud untuk menerbitkan peraturan bahwa birokrasi kampus harus netral dalam melayani kegiatan pendidikan tanpa intervensi organisasi diluar kampus yang tidak berkepentingan. 

Demikian artikel sederhana ini semoga bermanfaat. 
Read More

Wednesday, 13 September 2017

Tips Penting dalam mengerjakan Skripsi

Halo Sobat,  kali ini saya sedikit berbagi tips penting pada saat kamu mengerjakan skripsi. 

Nah,  skripsi merupakan tugas akhir mahasiswa yang sangat penting,  karena apa?  Karena mahasiswa bisa dinyatakan lulus setelah selesai mengerjakan skripsi. 
Beberapa poin penting berikut ini,  adalah tips agar kalian bisa lebih cepat menyelesaikan tugas kalian. 

1. Perbanyak relasi teman 
Kenapa ini penting,  pastikan sobat tidak ketinggalan informasi tentang skripsi,  jadwal mulai pendaftaran judul skripsi ,  pengumuman pengujian proposal,  nomor handpone dosen. Biasanya banyak info di dapatkan dari teman.  

2. Aktif mencari informasi 

Nah,  ini merupakan hal yang sangat penting. Misal sobat menyelesaikannya skripsi. Sobat harus tau,  tempat kampus memberikan informasi tentang sidang munaqosah , di kajur atau di website. Jadi,  sebagai mahasiswa harus lebih aktif dalam mencari informasi kawan. 

3. Mulai hilangkan aktivitas selain skripsi 
Aktifitas yang padat memang hal yang tak bisa di elakkan,  terutama sobat yang aktif sebagai mahasiswa kampus. Tetapi ingat sobat,  kegiatan itu membutuhkan energi dan pemikiran apalagi kalau sobat sampai melupakan skripsi demi aktivitas lain. Hmm... Takutnya nanti skripsi sobat gak selesai - selesai. 

4. Malas 
Hmm...  Untuk poin ke 4 ini adalah hal yang jadi musuh utama.  Sobat harus bisa melawannya.

Demikian sobat,  tips penting dalam menghadapi skripsi. Semoga  sobat yang sedang mengerjakan skripsi cepat selesai. Semoga bermanfaat  ^_^
Read More

Sunday, 3 September 2017

Cara memotivasi diri agar semangat mengerjakan skripsi tugas akhir

Halo kawan blogger... 
Sebagai mahasiswa kadang kita bisa saja jenuh dalam menghadapi ujian akhir kampus yaitu skripsi. 

Saat Anda browsing,  tentang cara agar bisa memotivasi diri,  untuk semangat mengerjakan skripsi.  Mungkin kamu sedang jenuh dan butuh semangat. 

Ya.... 
Cobalah yakinkan diri Anda,  Anda bisa menyelesaikan tugas anda dengan baik. 

Cobalah tengok,  teman - teman anda.  Mereka bisa Andapun pasti bisa. 

Berhentilah mengeluh.
Tetaplah berusaha dan berjuang sebaik mungkin. Semua tidak akan pernah sesulit  seperti apa yang anda pikirkan.  Semua,  akan berhasil,  berjalan dengan mudah.  

Jangan lupa untuk shalat. Ingatlah bahwa "Allah berada disisimu  hingga kapanpun " .

"Ya Allah,  berilah kemudahan.  Amiin"

Terus berdoa dan kerjakan skripsi mu. :)

"percayalah, Allah yang memberikan pertolongan dan memudahkan setiap jalan mu " amiin. 
Read More

cara membayar tagihan listrik pln dengan mudah

Haloo...  Sobat blogger...
Apakah kalian sudah tau tentang bebasbayar.com

Untuk kalian yang belum tau,  saya beri tahu... Bebasbayar.com adalah situs affiliate,  dimana sobat bisa dengan mudah membayar tagihan pln bulanan rumah sobat. 

Bisa juga bayar speedy, kartu kredit, pdam dll. 

Sebenarnya, bebasbayar.com merupakan situs yang cukup lama dalam membuat program di dunia bayar - membayar tagihan bulanan. 

Nah,  klo sobat misalnya males mondar,  mandir beli pulsa,  bayar listrik,  pdam. 

Bisa nih,  menggunakan program ini.  Sobat tinggal daftar,  kunjungi aja link -> bebasbayar.com  sobat tinggal daftar,  isi saldo,  bisa deh buat traksaksi. 

Oya,  ada aplikasinya juga -> playstrore bebasbayar.com

Ya  . .. Semoga bisa membantu..  Setelah sobat mendaftar klo,  mau traksaksi misalnya beli pulsa,  bisa juga lewat sms.  Untuk lebih jelasnya daftar aja dulu, nanti baru pelajari menu - menunya.  Oke hehe :)
Read More

Ayo gabung belajar bahasa inggris bareng di telegram (join English club fans telegram )


Halo everybody
Are you interested join "English Club fans" telegram?

Join click this link -> https://t.me/joinchat/F2rfpw56B7MhLQTnBn_tpA

We can learn and sharing English. Hello guys, if you join our group , please don't spamming . Read The rules group!

----------
Ayo gabung, komunitas belajar bahasa inggris bareng di telegram. Yesterday, I have created "English Club fans " on telegram. You can join my group to practice speaking, writing and talking. Okay

Jangan lupa klik tautan di atas okay. :)

I hope group "English Club fans " Can help you to improve your English skill. :))

Join us
Read More

Friday, 18 August 2017

Solusi dan Cara Terbaik Menghadapi Skripsi yang tak kunjung selesai


Solusi terbaik dalam menghadapi skripsi yang tak kunjung selesai adalah "kerjakan".

Setiap mahasiswa pasti jenuh apabila skripsinya,  di tolak,   banyak revisi.

Maka, perlu kita ketahui bahwa berfikir positif adalah hal yang penting dalam menghadapi berbagai permasalahan.

Mari berfikir positif dalam menghadapi segala permasalahan yang ada. Dimana,  sebenarnya permasalahan sebenarnya cuma sebuah pertanyaan yang belum terjawab . Jadi anda hanya perlu jawaban atas permasalahan tersebut.

Maka tanyakanlah pada diri anda. Biar,  otak kita dengan sendirinya akan menemukan jawaban dan mencari solusinya.

Ubahlah... Pertanyaan keluhan anda. Menjadi pertanyaan positif tanyakan pada otak anda,  pasti dengan otomatis otak anda akan mencari jawabannya. 

Cohtoh keluhan :
-Ya Allah,  dosen ku killer bangetz. 
- Revisi terus pusing kepala ku
- Apa yang salah dari skripsi ku
- Koq ada yang bantu skripsi ku ya?? 
- Judul skripsi ku kok gak di terima , terima ya?

Tanyakan pada diri kita sendiri,  ubahlah kalimatnya dengan kata " Bagaimana " dengan pemikiran yang positif. 

- Ya Allah,  Bagaimana  agar dosen ku yang killer itu acc skripsi ku?  
- Bagaimana caranya agar skripsi ku benar tanpa revisi? 
- Bagaimana skripsi yang salah ini jadi benar? 
- Bagaimana  caranya minta bantuan pada orang lain,  agar skripsi ku cepat selesai?
- Bagaimana agar judul layak untuk di terima?

Kemudian tanyakan pertanyaan,  tanyakan pada pikiran kita,  dengan  kalimat bagaimana yang mengarahkan pada sesuatu yang positif.

Semoga berhasil, berusaha dan berfikir positif. Semoga bermanfaat :)

Read More

Hal yang membuat seseorang pusing

Halo...  Kawan...
Didunia ini banyak hal yang membuat seseorang pusing.. 

Dari pengamatan saya sendiri dan berbagai hal di lingkungan dan pergaulan serta fenomena yang saya temui. 

Salah satu penyebab kepala pusing adalah sebagai berikut :

1. Sakit 
Seseorang yang tubuhnya lagi kurang sehat,  bisa terkena sakit kepala,  misalnya : suka bergadang,  masuk angin nah jadi pusing deh kepalanya. Akibat tubuh yang kurang sehat sehingga menjadikan kepala pusing. 

2. Terlalu banyak pikiran 
Nah,  poin kedua ini merupakan hal yang paling sering terjadi di lingkungan kita sehari-hari.  Misalnya,  seseorang yang Baru putus cinta,  usaha belum berhasil,  tugasnya belum selesai. 
Semua itu,  bisa bikin pusing..  Solusi terbaik adalah hadapi hal tersebut jangan di hindari,  karena semakin kita menghindar. Kita akan di kejar - kejar hal tersebut.  

3. Tidak Paham 
Kadang seseorang juga merasa pusing kepala saat tidak memahami sesuatu,  karena dia mengira ngira...  Akhirnya jenuh,  malas. Solusi terbaik adalah bertanya,  temukan jawabannya,  cari tau jawabannya bukan merenung. Tapi,  tanya  serta mencari jawabannya atas hal yang tidak anda pahami. 

Demikian sedikit,  tulisan saya. Semoga bermanfaat.  Jika mau memberi kritik atau saran silakan. :)
Read More

Hal yang membuat skripsi menjadi sulit

Halo..  Kawan blogger semua..... 

Skripsi adalah sebuah tugas akhir yang harus di lalui seorang mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah. 

Banyak kita lihat,  mahasiswa tugas akhir tak kunjung selesai, bingung dan lain - lain. 

Semua itu adalah hal yang biasa di lingkungan kampus. 

Tapi,  hal yang aneh... Adalah mengapa ada mahasiswa yang cerdas dan cepat dalam menyelesaikan tugas akhir skripsinya.

Semua terjadi bisa karena faktor dukungan dan tekad yang kuat. 

Tapi,  disini saya sebagai seorang mahasiswa juga sedikit menjelaskan,  alasan mengapa skripsi begitu sulit. 

1. Ketidak tahuan Judul Skripsi 
Nah,  sobat . Judul skripsi  merupakan poin penting dalam skripsi,  karena seluruh isi skripsi membahas tentang judul tersebut, mulai dari buku -buku referensi,  hingga penelitian terdahulu,  kemudian penelitian di lapangan. 

2. Buku referensi 
Nah,  buku referensi juga tergolong rumit. Apalagi klo judul skripsinya bukunya susah di cari.  Bakalan repot. 

3. Metode penelitian 
Sobat,  metode penelitian itu ada banyak sekali,  jenisnya...  Selain harus paham juga harus mengerti buku - buku metodologi penelitian untuk dijadikan referensi .

4. Dana dan waktu 
Selain menyita banyak waktu, penting juga untuk cerdas dalam mengelola dana.  Print proposal berkali - kali,  fotokopi buku,  yang semua itu berkali kali,  apalagi kalau perguruan tinggi mu,  meminta banyak referensi wah... Susah tu... Bisa juga beli buku dll.  Cukup menyita waktu dan biaya. 

5. Terlalu serius juga kurang baik. 
Kenapa demikian,  karena tidak semua dosen itu mudah di temui kadang pergi,  rapat,  tugas dinas. Yups...  Extra sabar... 

6. Tidak punya teman 
Nah,  ini juga merupakan kendala dalam mengerjakan skripsi, saat gak ada teman. Kamu gak punya teman untuk diskusi,  berbagi dan sharing. Hal ini penting,  teman bisa memotivasi kamu dalam menyelesaikan tugas akhir.  Tapi,  jangan pilih teman yang malas. Hindarilah sikap individualis,  kebanyakan mahasiswa itu individualis atau sendirian terus.. Akhirnya sedikit kurang informasi dan kurang dapat memahami karakter dosen,  karena tidak mau saling berbagi. Hmmm... 

Semoga sharing pengetahuan ini,  bermanfaat :)
Read More

Friday, 28 July 2017

Ayo Gabung Komunitas Blogger Indonesia di telegram


Halo..  Assalamualaikum Sobat blogger semua.. Hmm...  Ada yang punya telegram. 
Kemarin saya sudah buat grup blogger Indonesia di telegram klik aja link berikut untuk join https://telegram.dog/joinchat/F2rfpw2F4EVP-g3B3dNOIA

Nah...  Sobat bisa deh... Gabung,  dan berbagi informasi blogger di  grup telegram ini. Dan membahas cara meningkatkan earning dalam menjadi bogger,  semoga sobat menjadi blogger profesional dan bermanfaat.

Okay,  sobat blogger..  Salam :)

Jadikan grup blogger Indonesia ini. Ajang silahturahmi dan diskusi sesama blogger. 

Semoga, kita earning nya lancar semua.. Amiin :D
Read More