-->

Pengertian Tag Question dan Contohnya

 Tag Question atau Question Tag adalah pertanyaan pendek yang ditambahkan di akhir pernyataan (declarative sentence) untuk menanyakan informasi atau meminta persetujuan. Tag Question sering digunakan dalam percakapan sehari-hari oleh penutur asli bahasa Inggris. Meski tata bahasa, pengucapan, dan intonasi seseorang baik, mereka dapat dengan mudah dikenali bukan sebagai penutur asli jika tidak menggunakan Tag Question.


Berikut adalah beberapa contoh penggunaan Tag Question:


1. "You don’t love math, do you?" (Kamu tidak suka matematika, kan?)


2. "Ahmad didn’t come late, did he?" (Ahmad tidak datang terlambat, kan?)


3. "The man isn’t lazy, is he?" (Pria tersebut tidak malas, kan?)


4. "They won’t attend the seminar, will they?" (Mereka tidak akan menghadiri seminar, kan?)


Dalam menggunakan Tag Question, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti menyesuaikan bentuk Tag Question dengan pernyataan yang mendahulunya. Jika pernyataan menggunakan linking verb “be” (is, am, are, was, were), maka Tag Question pun menggunakan be. Jika pernyataan menggunakan primary auxiliary verb (be, do, have) atau modal auxiliary verb (will, would, may, may, might, can, could, shall, should) maka Tag Question menggunakan auxiliary verb yang pertama (jika ada lebih dari satu). Adapun ketika pernyataan menggunakan main verb selain linking verb “be” dan tanpa didampingi auxiliary verb, dummy auxiliary verb “do/does/did” yang digunakan pada Tag Question.


Berikut adalah beberapa contoh lain dari Tag Question:


- "You like pizza, don't you?" (Kamu suka pizza, kan?)


- "He didn't finish his homework, did he?" (Dia tidak menyelesaikan PR-nya, kan?)


- "We are going to the park, aren't we?" (Kita akan pergi ke taman, kan?)


- "She won't be late, will she?" (Dia tidak akan terlambat, kan?)


Memahami dan mampu menggunakan Tag Question dengan benar sangat penting dalam belajar bahasa Inggris. Dengan pemahaman yang baik tentang Tag Question, kita dapat lebih mudah dalam menyusun kalimat dan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.


Source: Wordsmile, EF Blog, Wall Street English, Cakap, English Academy