-->

Indirect atau Reported Speech: Pengertian, Fungsi, dan Contoh

 Indirect atau Reported Speech: Pengertian, Fungsi, dan Contoh


Dalam bahasa Inggris, Indirect atau Reported Speech adalah suatu cara untuk mengungkapkan apa yang telah dikatakan oleh orang lain (speaker) secara langsung (Direct Speech) yang dapat berupa pernyataan, pertanyaan, atau ucapan lainnya dengan mengubah format pembicaraannya. Tujuannya adalah untuk membuat pembicaraan tersebut menjadi lebih jelas, alami, dan efisien bagi pendengarnya.


Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan Indirect atau Reported Speech:


1. Statement: Pernyataan atau pendapat dari seseorang bisa diubah menjadi Indirect Speech. Contoh:


- Direct Speech: "I’m not hungry now." (Saya tidak lapar sekarang.)


- Reported Speech: He said that he was not hungry at that time. (Dia berkata bahwa dia tidak lapar saat itu.)


2. Imperative: Perintah atau instruksi bisa diubah menjadi Indirect Speech. Contoh:


- Direct Speech: "Do not touch my computer!" (Jangan sentuh komputerku!)


- Reported Speech: She told me not to touch her computer. (Dia berkata pada saya untuk tidak menyentuh komputernya.)


3. Yes-no Question: Pertanyaan yang jawabannya ya atau tidak bisa diubah menjadi Indirect Speech. Contoh:


- Direct Speech: "Did you eat my cake?" (Apakah kamu makan kueku?)


- Reported Speech: She wanted to know if I’d eaten her cake. (Dia ingin tahu apakah saya telah memakan kuenya.)


4. Information Question: Pertanyaan yang meminta informasi bisa diubah menjadi Indirect Speech. Contoh:


- Direct Speech: "Who is the winner?" (Siapa pemenangnya?)


- Reported Speech: He asked me who the winner was. (Dia bertanya pada saya siapa pemenangnya.)


Dalam mengubah Direct Speech menjadi Indirect Speech, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti mengubah pronoun, menyesuaikan verb, mengoreksi time reference, dan menambahkan whether atau if.


Contoh lain dari perubahan Direct Speech menjadi Indirect Speech:


- Direct Speech: "I’m so happy." (Saya sangat bahagia.)


- Reported Speech: She told me that she was so happy. (Dia mengatakan padaku bahwa dia sangat bahagia.)


- Direct Speech: "Please reconsider my proposal." (Tolong pertimbangkan kembali proposal saya.)


- Reported Speech: He requested that I reconsider his proposal. (Dia meminta saya mempertimbangkan kembali proposalnya.)


- Direct Speech: "Do you have a little time?" (Apa kamu punya sedikit waktu?)


- Reported Speech: He asked me if I had a little time. (Dia bertanya pada saya apakah saya memiliki sedikit waktu.)


Memahami dan mampu menggunakan Indirect atau Reported Speech dengan benar sangat penting dalam belajar bahasa Inggris. Dengan pemahaman yang baik tentang Indirect atau Reported Speech, kita dapat lebih mudah dalam menyusun kalimat dan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.


Source: Wordsmile, English Academy, EF Blog, Wall Street English, Cakap