-->

Prepositional Phrases: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kalimat

 Prepositional Phrases: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kalimat


Prepositional Phrase dalam bahasa Inggris adalah gabungan antara preposition (kata depan) dan objek-nya (disebut object of preposition) yang dapat berupa noun (phrase), pronoun, atau gerund. Prepositional Phrase dapat berfungsi sebagai adjective (kata sifat) yang menerangkan noun atau pronoun (disebut adjectival prepositional phrase); atau sebagai adverb (kata keterangan) yang menerangkan verb, adjective, atau adverb lain (disebut adverbial prepositional phrase) yang berada di dalam suatu kalimat.


Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan Prepositional Phrases:


1. At work: Contoh kalimat: "He was at work when the incident happened." (Dia sedang bekerja ketika insiden itu terjadi.)


2. Between us: Contoh kalimat: "We need to keep this secret between us." (Kita perlu menjaga rahasia ini antara kita.)


3. About walking for health: Contoh kalimat: "He is passionate about walking for health." (Dia sangat bersemangat tentang berjalan untuk kesehatan.)


4. In the waiting room: Contoh kalimat: "She sat patiently in the waiting room." (Dia duduk dengan sabar di ruang tunggu.)


5. On the floor: Contoh kalimat: "He found his keys on the floor." (Dia menemukan kuncinya di lantai.)


6. In front of guests: Contoh kalimat: "She performed her new song in front of guests." (Dia membawakan lagu barunya di depan tamu.)


7. Because of you: Contoh kalimat: "I am here because of you." (Saya di sini karena kamu.)


8. Together with my parents: Contoh kalimat: "I went to the party together with my parents." (Saya pergi ke pesta bersama orang tua saya.)


Memahami dan mampu menggunakan Prepositional Phrases dengan benar sangat penting dalam belajar bahasa Inggris. Dengan pemahaman yang baik tentang Prepositional Phrases, kita dapat lebih mudah dalam menyusun kalimat dan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.


Source: Wordsmile, English Academy, Cakap, Wall Street English, English 5 Menit