-->

Cara Menulis Cerpen dengan mudah

Cara Menulis Cerpen dengan mudah

Menulis cerpen atau cerita pendek adalah proses kreatif yang melibatkan pengekspresian ide dan imajinasi dalam bentuk tulisan. Meski terlihat mudah, menulis cerpen membutuhkan keterampilan dan pemahaman tentang struktur dan unsur-unsur cerpen. Jadi, jika kamu tertarik untuk menulis cerpen, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti.


1. Sisihkan Waktu: Menulis cerpen membutuhkan waktu dan konsentrasi. Oleh karena itu, sisihkan waktu sekitar 10-20 jam untuk proses mencari ide hingga menulisnya. Waktu ini tentu saja bisa disesuaikan dengan kecepatan dan kenyamananmu dalam menulis.


2. Mencari Ide: Ide cerita tidak harus yang rumit-rumit. Kejadian sehari-hari yang dilihat atau dialami bisa menjadi ide cerita. Ide ini dapat juga dijadikan judul cerita. Misalnya melihat seorang gadis sedang menyapu halaman. Itu bisa menjadi ide cerita sekaligus dapat dijadikan judul, “Gadis Penyapu Halaman”. Kalau judulnya dirasa kurang pas, bisa diganti dengan judul yang lain.


3. Menulis Dengan Gaya Sendiri: Menulis dengan gaya bahasa sendiri berarti menulis dengan gaya yang biasa dilakukan. Berarti pula menulis sebisanya, ya sebisanya saja. Tak perlu dipaksakan dengan gaya bahasa yang mendayu ala Khahlil Gibran misalnya.


4. Menentukan Tema: Dalam unsur cara menulis cerpen dibutuhkan tema atau gagasan inti. Dalam sebuah cerpen, tema bisa disamakan dengan pondasi sebuah bangunan. Tidaklah mungkin mendirikan sebuah bangunan tanpa pondasi. Dengan kata lain tema adalah sebuah ide pokok, pikiran utama sebuah cerpen; pesan atau amanat.


5. Mulai Membuat Paragraf Pembuka: Membuat paragraf pembuka juga tidak perlu rumit-rumit. Namun demikian, yang perlu diperhatikan bahwa bagian ini adalah bagian yang penting sebagaimana judul cerpen. Ada yang mengibaratkan bagian ini seperti manekin (patung pajangan) yang dipasang di etalase sebuah toko. Hal itu berarti harus menarik, agar pembaca terpancing untuk terus membacanya.


6. Membuat Alur dan Plot: Alur dan plot merupakan unsur penting sebagai cara menulis cerpen yang baik. Unsur dan plot merupakan rangkaian peristiwa yang menggerakkan cerita untuk mencapai efek tertentu.


7. Tentukan Penokohan: Penokohan juga menjadi unsur utama yang tidak boleh dilupakan. Penciptaan citra tokoh dalam cerita merupakan cara menulis cerpen yang baik. Tokoh harus tampak hidup dan nyata hingga pembaca merasakan kehadirannya.


8. Tentukan Latar atau Setting: Latar atau setting yaitu segala keterangan mengenai waktu, ruang dan suasana dalam suatu cerita. Latar harus bersatu dengan tema dan plot untuk menghasilkan cerita pendek yang gempal, padat, dan berkualitas.


9. Membuat Sudut Pandang: Diantara elemen yang tidak bisa ditinggalkan dari cara menulis cerpen yang baik adalah sudah pandangan tokoh yang dibangun sang pengarang. Sudut pandangan tokoh ini merupakan visi pengarang yang dijelmakan ke dalam pandangan tokoh-tokoh bercerita.


Setelah memahami langkah-langkah di atas, kamu bisa mulai menulis cerpenmu. Ingat, tidak ada batasan dalam menulis cerpen. Kamu bebas mengekspresikan ide dan imajinasimu. Selamat menulis!


Source: Deepublish