-->

Misused Words: Pengertian, Fungsi, dan Contoh

 Misused Words: Pengertian, Fungsi, dan Contoh


Dalam bahasa Inggris, terdapat banyak kata yang sering disalahgunakan karena pengucapannya yang mirip atau artinya yang serupa. Berikut ini adalah beberapa contoh kata yang sering disalahgunakan atau biasa disebut sebagai Misused Words:


1. Affect vs. Effect: "Affect" adalah kata kerja yang berarti "mempengaruhi", sedangkan "effect" adalah kata benda yang berarti "efek" atau "dampak". Contohnya:


- "How hard you work will affect how well you do in the exams." (Seberapa keras kamu bekerja akan mempengaruhi seberapa baik kamu dalam ujian.)


- "The effect of your hard work is that you’ve done well in the exams." (Efek dari kerja kerasmu adalah kamu telah melakukan dengan baik dalam ujian.)


2. Compliment vs. Complement: "Compliment" berarti "pujian", sedangkan "complement" berarti "pelengkap". Contohnya:


- "A sincere compliment can boost one‘s spirit." (Pujian yang tulus dapat meningkatkan semangat seseorang.)


- "The scarf is a perfect complement to her outfit." (Syal adalah pelengkap yang sempurna untuk pakaiannya.)


3. Advise vs. Advice: "Advise" adalah kata kerja yang berarti "menyarankan", sedangkan "advice" adalah kata benda yang berarti "saran". Contohnya:


- "The lawyer advised the client not to sign anything that she had not read first." (Pengacara menyarankan klien untuk tidak menandatangani apa pun yang belum dibacanya terlebih dahulu.)


- "My advice for you is to not make decisions when you’re angry." (Saran saya untuk Anda adalah untuk tidak membuat keputusan ketika Anda sedang marah.)


4. Principle vs. Principal: "Principle" berarti "prinsip" atau "aturan dasar", sedangkan "principal" berarti "kepala" atau "orang yang paling penting". Contohnya:


- "My principles in life are to be honest, genuine, thoughtful, and caring." (Prinsip dalam hidup saya adalah menjadi jujur, tulus, bijaksana, dan peduli.)


- "Nobody likes that new scary school principal." (Tidak ada yang menyukai kepala sekolah baru yang menakutkan itu.)


5. Altogether vs. All Together: "Altogether" berarti "secara keseluruhan" atau "seluruhnya", sedangkan "all together" berarti "semuanya bersama-sama". Contohnya:


- "Altogether, North American sales gained 3.3 percent to $2.66 billion." (Secara keseluruhan, penjualan di Amerika Utara naik 3,3 persen menjadi $2,66 miliar.)


- "We went all together to the cinema." (Kami pergi bersama-sama ke bioskop.)


Memahami dan mampu menggunakan kata-kata yang sering disalahgunakan dengan benar sangat penting dalam belajar bahasa Inggris. Dengan pemahaman yang baik tentang Misused Words, kita dapat menghindari kesalahan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.


Source: English Academy, Wordsmile, Cakap, Wall Street English, English 5 Menit