-->

Pengertian Karya Ilmiah dan Jenisnya

 Karya ilmiah adalah tulisan atau karangan yang disusun secara sistematis dan logis yang berisikan ilmu pengetahuan. Karya tulis ilmiah berisikan berbagai macam ilmu pengetahuan yang dituliskan secara sistematis sesuai dengan metodologi penelitian yang digunakan. Karya ilmiah adalah karya tulis yang isinya berusaha memaparkan suatu pembahasan secara ilmiah yang dilakukan oleh seorang penulis atau peneliti. Tujuannya untuk memberitahukan sesuatu hal secara logis dan sistematis untuk memberikan fakta yang seakurat mungkin tanpa kebiasan opini dan logika semata kepada para pembacanya.


Menurut Dwiloka dan Riana, Karya ilmiah atau artikel ilmiah adalah karya seorang ilmuwan (dalam bentuk pembangunan) yang ingin mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang diperoleh melalui literatur, koleksi pengalaman, penelitian.


Pengertian karya tulis ilmiah menurut wikipedia adalah laporan tertulis diterbitkan yang mengungkapkan hasil penelitian atau pengkajian yang dilakukan oleh seseorang atau tim dengan memenuhi kaidah serta etika keilmuan yang ditaati oleh masyarakat keilmuan.


Sekarang, mari kita bicara tentang jenis-jenis karya ilmiah.


Bahasa Jenis-jenis karya ilmiah bisa beragam, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:


1. Artikel ilmiah: Artikel ini biasanya berisi pengetahuan ilmiah yang disusun secara sistematis dan logis. Artikel ilmiah sering ditemukan di jurnal atau majalah ilmiah.


2. Makalah: Makalah adalah karya ilmiah yang berisi pembahasan mendalam tentang suatu topik atau masalah tertentu. Makalah biasanya ditulis oleh peneliti atau ahli dalam bidang tersebut.


3. Kertas kerja: Kertas kerja adalah dokumen yang berisi penjelasan detil tentang suatu penelitian atau proyek. Kertas kerja biasanya digunakan sebagai bahan referensi atau panduan dalam penelitian atau proyek tersebut.


4. Skripsi: Skripsi adalah karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa sebagai syarat untuk menyelesaikan studi S1. Skripsi biasanya berisi penelitian mendalam tentang suatu topik atau masalah tertentu.


Secara umum, karya ilmiah dapat dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan bentuk penyajiannya, yaitu bentuk populer, bentuk semiformal, dan bentuk formal. Bentuk populer biasanya lebih mudah dipahami oleh masyarakat umum, sedangkan bentuk semiformal dan formal biasanya ditulis dengan bahasa dan struktur yang lebih formal dan sistematis.


Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu pernah menulis karya ilmiah? Atau mungkin kamu sedang mengerjakan salah satu jenis karya ilmiah saat ini?


Source: Kompas, Penelitian Ilmiah, Ruang Guru, Serupa.id, Brain Academy, liputan6, Serupa.id, Kompas, Gramedia, FA