-->

Sequence of Tenses: Pengertian, Fungsi, dan Contoh

 Sequence of Tenses: Pengertian, Fungsi, dan Contoh


Sequence of Tenses dalam bahasa Inggris adalah aturan yang digunakan untuk menunjukkan urutan waktu dalam kalimat yang terdiri dari main clause (klausa utama) dan subordinate clause (klausa bawahan). Dalam kalimat tersebut, tense yang digunakan dalam main clause akan menentukan tense yang digunakan dalam subordinate clause.


Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan Sequence of Tenses:


1. Simple Present Tense: Jika main clause menggunakan simple present tense, maka subordinate clause dapat menggunakan simple present jika aksi berlangsung pada waktu yang sama, present perfect jika aksinya dimulai di masa lampau dan masih berlanjut sampai sekarang atau sudah selesai namun efeknya dapat dirasakan sekarang, simple past jika aksinya terjadi lebih dahulu, atau simple future jika aksinya belum terjadi. Contohnya:


- "Because the hotel offers a free towel service, you don’t need to bring your towel."


- "I guess that you haven’t slept in three days."


- "We think the service was outstanding."


- "I hope that they will increase my salary."


2. Simple Past Tense: Jika main clause menggunakan simple past tense, maka subordinate clause menggunakan simple past atau past perfect kecuali jika klausa tersebut menunjukkan general truth (kebenaran umum), maka digunakan simple present. Contohnya:


- "When the stranger knocked on her door in the middle of the night, she ignored him."


- "The customer wanted to return some items that she had bought."


- "Pythagoras thought the earth is round."


3. Simple Future Tense: Jika main clause menggunakan simple future tense, maka subordinate clause menggunakan simple present jika aksinya berlangsung pada saat sama dengan main clause, simple past jika lebih dahulu, atau present perfect jika aksinya di masa depan terjadi lebih dahulu. Contohnya:


- "You will notice that you feel better when you improve your diet."


- "The military veteran will continue receiving health benefits if he reapplied."


- "He will stop receiving health benefits if he hasn’t reapplied."


4. Present atau Past Perfect Tense: Pada main clause yang menggunakan present atau past perfect tense, bagian subordinate clause-nya mungkin menggunakan simple past ketika ingin menunjukkan bahwa aksi klausa tersebut terjadi belakangan. Contohnya:


- "I have become a teacher already when she completed the teacher preparation program."


- "They had already left by the time he arrived."


- "Irvan had learned how to cook easy meals before he lived apart from his family."


Memahami dan mampu menggunakan Sequence of Tenses dengan benar sangat penting dalam belajar bahasa Inggris. Dengan pemahaman yang baik tentang Sequence of Tenses, kita dapat lebih mudah dalam menyusun kalimat dan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.


Source: Wordsmile, English Academy, Cakap, Wall Street English, English 5 Menit