-->

Auxiliary Verb: Pengertian, Fungsi, dan Contoh

 Auxiliary Verb: Pengertian, Fungsi, dan Contoh


Dalam bahasa Inggris, Auxiliary Verb atau kata kerja bantu merupakan komponen penting dalam struktur kalimat. Auxiliary Verb berfungsi untuk membantu kata kerja utama dalam sebuah kalimat untuk memberikan informasi tambahan tentang waktu, modus, aspek, dan suara. Auxiliary Verb tidak bisa berdiri sendiri tanpa kata kerja dan biasanya digunakan dalam pembentukan tenses, pertanyaan, dan kalimat negatif.


Ada tiga jenis Auxiliary Verb dalam bahasa Inggris, yaitu 'be', 'do', dan 'have'. Selain itu, ada juga kata-kata modal seperti 'can', 'could', 'may', 'might', 'shall', 'should', 'will', 'would', 'must' yang juga termasuk dalam kategori Auxiliary Verb.


1. Be: 'Be' termasuk dalam Auxiliary Verb dan meliputi 'am', 'is', 'are', 'was', 'were', 'been', dan 'being'. 'Be' digunakan untuk membentuk continuous tense dan passive voice. Contoh: "He is studying now." (Dia sedang belajar sekarang.)


2. Do: 'Do' termasuk dalam Auxiliary Verb dan meliputi 'do', 'does', dan 'did'. 'Do' digunakan untuk menekankan kata kerja utama dan membentuk pertanyaan dan kalimat negatif dalam simple present dan simple past. Contoh: "I do understand." (Saya memang mengerti.)


3. Have: 'Have' termasuk dalam Auxiliary Verb dan meliputi 'have', 'has', dan 'had'. 'Have' digunakan untuk membentuk perfect tense. Contoh: "They have finished their work." (Mereka telah menyelesaikan pekerjaan mereka.)


Berikut adalah beberapa contoh penggunaan Auxiliary Verb dalam kalimat:


- "She is playing the piano." ('is' adalah Auxiliary Verb yang membantu kata kerja 'playing'.)


- "I do not like spinach." ('do' adalah Auxiliary Verb yang digunakan untuk membentuk kalimat negatif.)


- "We have seen that movie." ('have' adalah Auxiliary Verb yang digunakan untuk membentuk present perfect tense.)


- "Can you help me?" ('can' adalah modal Auxiliary Verb yang digunakan untuk membuat pertanyaan.)


Memahami dan mampu menggunakan Auxiliary Verb dengan benar sangat penting dalam belajar bahasa Inggris. Dengan pemahaman yang baik tentang Auxiliary Verb, kita dapat lebih mudah dalam menyusun kalimat dan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.


Source: Wordsmile, English Academy, Wall Street English, Cakap, Aku Pintar