-->

Present and Past Participle Verbs: Pengertian, Fungsi, dan Contoh

 Present and Past Participle Verbs: Pengertian, Fungsi, dan Contoh


Dalam bahasa Inggris, Participle Verbs adalah bentuk kata kerja yang digunakan dalam berbagai konteks, baik sebagai kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan. Ada dua jenis Participle Verbs, yaitu Present Participle dan Past Participle.


Present Participle Verbs adalah bentuk kata kerja yang diakhiri dengan '-ing'. Present Participle bisa digunakan sebagai kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan. Sebagai kata kerja, Present Participle digunakan bersama Auxiliary Verb untuk membentuk Continuous Tense dan Passive Voice pada Continuous Tense. Contoh:


- "He is smiling at you." (Dia sedang tersenyum padamu.)


- "The cake is being baked." (Kue sedang dipanggang.)


Past Participle Verbs, juga dikenal sebagai Verb-3, adalah bentuk kata kerja yang biasanya diakhiri dengan '-ed', '-d', '-t', '-en', atau '-n'. Past Participle juga bisa digunakan sebagai kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan. Sebagai kata kerja, Past Participle digunakan bersama Auxiliary Verb untuk membentuk Perfect (Continuous) Tense dan Passive Voice. Contoh:


- "I have paid the bill." (Saya telah membayar tagihan itu.)


- "The cake was baked by her." (Kue itu dipanggang olehnya.)


Selain itu, baik Present Participle dan Past Participle juga bisa digunakan sebagai kata sifat atau kata keterangan, biasanya untuk menggambarkan kondisi atau karakteristik subjek. Contoh:


- "The smiling boy is my brother." (Anak laki-laki yang tersenyum itu adalah saudara saya.)


- "The baked cake smells good." (Kue yang dipanggang itu berbau enak.)


Dengan memahami dan mampu menggunakan Present dan Past Participle Verbs dengan benar, kita dapat meningkatkan kemampuan kita dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.


Source: Wordsmile, Fabelia, EF Indonesia, Wordsmile, Wordsmile