-->

Kecakapan Hidup "mencari uang "

Kecakapan Hidup "mencari uang "



A. Latar Belakang 

Pendidikan disekolah memang menjadi bekal dimasa depan dengan berbagai pelajaran matematika,  bahasa, ipa,  ips dan mata pelajaran lainnya. Hal ini adalah bekal di masa depan.  Namun, ada hal penting lainnya yang perlu dipelajari dalam hidup yaitu kecakapan hidup bekerja dan mencari uang. Walaupun disekolah sudah di ajarkan pelajaran kewirausahaan,  namun dalam realita membuat usaha itu bukan perkara mudah. Pada akhirnya beberapa orang memilih hidup sebagai seorang pekerja atau seorang pedagang. 

Beberapa pekerjaan yang bisa kita temui disekitar kita merupakan kecakapan hidup,  bekerja untuk mendapatkan uang sebagai sumber kehidupan. 

Pelajaran hidup sehari-hari sebagai manusia yang membutuhkan materi untuk Pendidikan,  makanan,  minuman,  tempat tinggal,  kendaraan, listrik , dll., semua membutuhkan uang. Jadi, uang merupakan pondasi dasar dalam kehidupan yang kita jalani saat ini. 

B.Rumusan Masalah 

1. Bagaimana cara mendapatkan uang? 
2. Pendidikan apa yang kita tempuh untuk mendapatkan uang? 
3. Bagaimana cara menyimpan uang? 
4. Bagaimana mengelola uang dengan baik? 

C. Pembahasan 

1.  Cara mendapatkan uang

Cara mendapatkan uang dengan mudah adalah dengan bekerja,  bekerja biasanya di butuhkan setidaknya lulusan SMK atau SMA untuk bekerja di perusahaan multinasional.  Lalu,  bagaimana jika tidak sekolah?  Bekerja itu beragam jenisnya mulai jadi guru, dosen,  pedagang,  kuli bangunan hingga usaha furnitur.  Ada beragam pekerjaan di dunia ini,  mulai pekerja kasar hingga staf kantor. 

Mencari uang bukan hanya tentang Pendidikan,  melainkan tentang kecakapan bekerja. Pendidikan dan belajar bisa ditempuh bukan hanya melalui lingkungan Universitas atau sekolah,  belajar merupakan kebutuhan seumur hidup. Jadi,  belajar bekerja bisa dilakukan secara otodidak, dari pengalaman pribadi,  baca buku ,  dari orang lain,  kursus atau live streaming youtube.  Semua ada jalannya untuk kita yang mau belajar. 

Pertanyaannya,  bagaimana kita mendapat pekerjaan?  Pekerjaan bisa kita dapatkan melalui informasi lowongan pekerjaan yang kita terima.  Baik melalui media sosial Facebook,  instagram,  atau website info lowongan kerja. Tidak hanya itu,  informasi lowongan pekerjaan bisa juga anda dapatkan melalui teman,  saudara atau keluarga. 

Cara yang kedua yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan uang yaitu dengan membuat usaha. Demikianlah anda bisa memilih pekerjaan dan usaha sesuai minat anda atau sesuai pendidikan anda. 

2. Pendidikan apa yang kita tempuh untuk mendapatkan uang

Mendapatkan uang sebagai sumber kehidupan adalah hak setiap orang,  baik lulusan,  SD,  SMP, SMA, maupun Perguruan tinggi dan bahkan yang tidak sekolah. 

Ingat pendidikan dan belajar itu bisa dimana saja. 

3. Bagaimana cara menyimpan uang

Setelah anda bekerja,  anda bisa menyimpan uang anda di bank dan mengelola uang dengan sebaik-baiknya. 

Anda bisa juga belajar investasi seperti obligasi,  saham dan deposito. 

4. Cara mengelola uang dengan baik

Cara mengelola uang dengan baik,  yaitu dengan menyisihkan uang untuk di tabung dan gunakan seperlunya untuk kebutuhan pokok. 

Jangan sampai uang anda habis hanya untuk barang-barang yang tidak berguna. 

D. Kesimpulan

Mencari uang dengan mudah adalah dengan bekerja dan membuat usaha. Dan belajar bisa dilakukan dimana saja baik dari pengalaman pribadi dan orang lain.  Setelah berkerja dan mendapat uang,  gunakanlah uang tersebut secara bijak.