-->

Cara menghadapi sidang skripsi

Cara menghadapi sidang skripsi

Halo sobat blogger, sebagai mahasiswa tentu kamu pasti akan merasakan , sidang skripsimu. Tenang saja, bahwa semua Mahasiswa mengalami hal yang sama. Jadi tak perlu kuatir yang terpenting adalah persiapan sebelum kamu menghadapi sidang skripsi yang kamu hadapi . Berikut tips-tips nya :

1. Kenali Dosen Penguji Skripsimu

Nah, pada saat kamu  akan menghadapi dosen pengujimu. Maka, cobalah cari tau teman atau rekan yang dulu pernah di UJI skripsinya oleh dosen tersebut. Tanyakan materi yang sering ditanyakan serta file dan materi apa yang sebaiknya di persiapkan. 

Cobalah tanya, pada seseorang yang pernah di uji dosen tersebut.  Supaya kamu dapat memprediksi hal-hal yang harus dipelajari agar kamu yakin dengan skripsi yang kamu buat.

2. Tanya sebaik-baiknya dengan orang yang sudah selesai sidang skripsi

Alangkah baiknya , jika kamu juga menghadiri sidang skripsi sahabat kamu. Nah, nanti kamu akan memiliki pengalaman dan motivasi untuk meningkatkan kemampuanmu saat sidang skripsi nanti. Jangan malu untuk bertanya kepada mahasiswa yang telah selesai sidang.

3. Pahami Tujuan Pembuatan skripsi Kamu 

Pastinya hal yang biasa dan paling pokok dalam sidang biasa dosen menanyakan tentang tujuan skripsi kamu dibuat dan juga apa manfaatnya , sebaiknya itu pelajari dulu . Setelah memahami dan mampu menjelaskan tujuan , konsep dan manfaat penelitian kamu. Pelajarilah juga tentang metode yang kamu gunakan dalam penelitian tersebut.

4. Berdoa dan persiapan matang

Berdoalah sebelum sidang skripsi, jangan lupa persiapkan materi & pahami skripsi kamu. Selama kamu mengetahui tujuan, konsep dan metodologi penelitian yang kamu lakukan, Insyaallah itu sudah cukup dalam menghadapi sidang munaqosah. ( Biasanya, pertanyaan tidak akan melebar selain isi skripsi kamu ).

Jadilah, lakukanlah dengan baik. " Semoga Sukses ".