-->

Menipu diri sendiri

Pencitraan adalah cara terbaik untuk menipu diri sendiri. Pada dasarnya hampir setiap orang melakukan pencitraan demi sebuah kata pujian.

Apakah itu perlu ?
Dalam sebuah bisnis , pencitraan diperlukan agar citra produk tersebut bagus dan dibeli konsumen apabila produk tersebut namanya tercemar maka produk akan tidak disukai konsumen dan mengalami kerugian.

Aneh tapi nyata

Hampir semua orang ingin dinilai dan dianggap baik oleh semua orang. Demi kata pujian dan penghargaan.

Lalu, apa itu menipu diri ?
Menipu diri adalah apabila seseorang menjadi orang lain yang lebih buruk , dan takut dikatakan buruk.

Dalam islam , islam mengatakan , suatu amal dilihat dari niatnya. Lalu, siapa yang menilai diri kita ? Tentu, Allah yang akan menilai diri kita baik atau buruk.

Jadikanlah, baik buruk hidup kita diniatkan kepada Allah semata yang menilai. Melihat tingkah laku kita, walau dilihat atau tanpa dilihat orang lain.

Suatu perbuatan yang niatnya bukan karena Allah, akan memiliki dampak menipu diri, misal Anda memakai hijab hanya untuk iseng, untuk di hargai orang. Lalu, apa yang Anda harapkan tidak seperti apa yang Anda harapkan , anda merasa aneh, tidak bebas . Sehingga melepas hijab , karena tidak sesuai kepribadian Anda.

Berbeda jika niatnya karena Allah swt. Walaupun orang melihat , tidak melihat , nyaman , tidak nyaman. Kalau memang itu ketentuan Tuhanmu dan kewajibanmu. Tentu kamu akan menyadari bahwa itu jalan yang terbaik untuk hidupmu.

Berhenti berargument , tanyakan hatimu
Hatimu adalah sebuah tempat dimana diturunkan hidayah. Maka, cobalah tanya , yang saya lakukan benar atau salah. Apa dampaknya ?

Berbahaya sekali apabila seseorang melakukan pencitraan diri yang tidak sesuai dengan kenyataan yaitu menyakiti hati orang yang sudah percaya atas pencitraan yang kamu lakukan.

Walaupun misal produk ternama melakukan pencitraan diri, saat orang membeli produk tersebut apabila tidak sesuai yang diharapkan. Maka, produk tersebut tidak akan dipercaya lagi , walau telah memperbaiki kualitas.

Penumbuhan kepercayaan itupun butuh waktu yang lama. Jadilah diri sendiri , lakukan yang terbaik.

Note: catatan motivasi pribadi