-->

#3 Hal Yang Membuat Anda Susah dijatuhkankan



#3 Hal Yang Membuat Anda Susah dijatuhkankan


Dalam sebuah bisnis pasti tidak akan pernah lepas dari persaingan , walaupun hal yang pasti adalah bahwa kita manusia yang sama satu dengan yang lain. Seyogyanya , sebagai manusia kita memiliki prinsip win-win saling memenangkan tanpa mengalahkan. Akan tetapi, setiap orang itu berbeda memiliki sudut pandang dan pemikiran serta pendidikan, lingkungan dan ideologi yang berbeda dalam menyikapi hidup.

Dalam artikel ini saya akan menulis hal yang membuat Anda sulit untuk dijatuhkan :

1. Kejujuran 

Saat anda sudah terbiasa menjadi seorang yang jujur dalam hal apaupun sulit untuk dijatuhkan. Karena, sebuah bisnis akan dipercaya karena kejujuran dan kepercayaan orang lain. Walaupun ada yang mencoba memberikan isu negatif, dengan kejujuran yang Anda miliki membuat orang tidak mudah percaya dengan isu negatif yang ada karena semua terpancar dari diri Anda.

Kejujuran tidaklah mudah, Kejujuran adalah sebuah hal yang tidak mudah dilakukan terutama untuk seseorang yang sudah terbiasa berbohong. Sikap dalam persaingan apapun akan mengakibatkan dampak  konflik internal yang mengakibatkan penguatan brand dan pencitraan. Percayalah pencitraan itu hanya menang sementara , maka hal yang lebih hebat adalah membangun kemampuan yang mumpuni tanpa pencitraan belaka.

Bisnis adalah sebuah kepercayaan, konsumen percaya bahwa produk Anda berkualitas maka konsumen akan membeli. Tetapi, kalau seseorang mengedepankan pencitraan yang terjadi adalah begitu pencitraan dengan kenyataan berbeda menang satu kali dan kalah ribuan kali. Bisa jadi konsumen tidak akan percaya dengan Anda dan produk yang Anda jual selama-lamanya , walaupun Anda jujur. Maka, kejujuran adalah hal yang penting dalam apapun baik hubungan dan bisnis.

2. Kemampuan

sebuah bisnis dimulai dengan kemampuan, kemampuan inilah yang membuat Anda akan bertahan. Misal anda adalah seorang bisnis kuliner tentu membutuhkan banyak inovasi produk. Penambahan rasa, bentuk makanan yang unik , sesuai dengan tren terbaru. Semua membutuhkan kemampuan yang mumpuni baik tehnik marketing, manajerial.

Kemampuan membuat Anda tahan banting. Dengan sebuah kemampuan dan ilmu yang dimiliki seseorang tidak takut dengan kegagalan karena sudah memiliki kemampuan untuk mengatasi kegagalan tersebut dengan ilmu yang dimiliki. Misal Anda berdagang di warung, sudah mengerti selera konsumen, mengerti cara stok barang, dan mengerti cara memulai bisnisnya. Maka, pada saat Anda terkena masalah entah itu bencana dll. Anda bisa memulai bisnis itu kembali baik ditempat sama atau ditempat yang lain dengan Ilmu dan kemampuan yang Anda miliki , oleh sebab itu belajar itu adalah hal yang penting karena ilmu bisa kita bawa kemanapun kita pergi.

Coba bayangkan kalau membangun sesuatu yang menjatuhkan orang lain, tentunya Anda pasti dikelilingi orang-orang yang sama. Karena, tidak mungkin orang yang sudah terbiasa jujur berkumpul dengan orang yang tidak jujur. Orang baik pasti berkerumun dan nyaman dengan seorang yang baik.

Maka, bangunlah kemampuan , cobalah untuk memaafkan. Harus lebih baik dari hari sebelumnya.

3. Ketekunan 

Belajar apapun membutuhkankan sebuah kesabaran dan ketekunan. Ketekunan dalam islam disebut istiqomah, maka belajarlah untuk istiqomah dalam melakukan pekerjaan dan belajar Anda. Banyak seseorang yang berhasil dan sukses hanya dengan beristiqomah, Anda bisa belajar dari anak pondok pesantren yang menghafalkan Al qur'an , berapa ayat yang harus dia hafal setiap hari, tentu tanpa ketekunan dan istiqomah hal ini bukanlah hal yang mudah.

Selain contoh diatas, beberapa orang juga mahir berbicara bahasa inggris walau berada di Indonesia. Tentu hal ini bukanlah kebetulan, saya yakin mereka juga awalnya belajar dengan serius untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam belajar mereka. Cerdas itu penting dan tidak penting, karena yang terpenting adalah kemampuan yang dimiliki yaitu dengan belajar sungguh-sungguh dan tekun.

Semoga bermanfaat. :)