-->

20 kesalahan blogger baru

Selamat datang di blog sederhana saya :)

Pada kali ini saya akan membahas 20 kesalahan blogger baru :

1. Ingin cepat dapat uang
Bukan saya under estimate ,  pada dasarnya ingin mendapatkan uang adalah hal lumrah bagi seorang blogger , hanya saja untuk mencari uang di dunia online tidak semudah yang di bayangkan. Ada tahapannya:
A. Membuat blog
B. Memposting artikel
C. Desain tampilan blog
D. Mendaftar publisher iklan
E. Mendaftar program affiliate
F. Meningkatkan jumlah visitor
Jadi , menjadi blogger memerlukan banyak belajar.

2. Berfikir membuat blog langsung dapat uang

Menjadi seorang blogger jangan berfikir membuat web atau blog langsung dapat uang, itu tidak mungkin. Seperti tahapan di poin pertama , anda harus buat blog dulu , nulis artikel dan mendaftar publisher iklan. Jika , anda baru mendaftar dan membuat blog tentu saja blog/web tersebut belum bisa menghasilkan uang.

3. Berpikir kerja online itu enak

Pekerjaan yang kita sukai tentu saja enak. Akan tetapi, bila Anda tidak menyukai dunia online pasti tidak enak. Sebenarnya , kerja online butuh keahlian bukan hanya soal tampilan website , tetapi juga masalah konten yang ingin di tampilkan kepada pembaca.  Anda harus menyajikan konten yang bermanfaat bagi pembaca.

4. Terburu-buru mendaftar google adsense

Saat membuat blog pasti Anda ingin agar blog Anda tampil bagus iklan yang relevan seperti iklan di google adsense. Akan tetapi, janganlah terburu-buru , buatlah postingan artikel yang bermanfaat yang banyak , tunggu hingga 1-2 bulan baru daftar google adsense. Tentu saja , apabila baru membuat blog sulit di acc.

5. Copy paste artikel orang
Ini adalah hal biasa yang dilakukan banyak orang yaitu mengcopy paste artikel di blog orang lain. Tentu saja, ini merupakan plagiasi menjiplak karya orang , apalagi tidak pakai referensi.

Saat kamu kehabisan kata, mengambil tulisan dan karya orang lain sertakanlah referensi hal itu untuk menghargai karya orang lain.
Kecuali kalau tulisan itu berasal dari tulisan kamu sendiri.

6. Daftar iklan dan di klik sendiri

Saat kamu sudah memiliki blog, kemudian mendaftarkan blog kamu sebagai penerbit iklan , janganlah mengklik iklan kamu sendiri hal tersebut dapat mengakibatkan akun publisher iklan milik kamu di tangguhkan. Jadi, mainlah secara jujur agar blog kamu bisa terus menayangkan iklan di blog kamu.

7. Melakukan spam massal
Demi mendapatkan pengunjung , biasa blogger menghalalkan segala cara salah satunya adalah dengan spam massal. Hal ini memang mendatangkan trafik dari banyak visitor , namun hal ini beresiko blog kamu di cap spam oleh google dan paling parahnya yaitu deindex google. Deindex adalah blog kamu tidak bisa ditemukan di pencarian google.

8. Berbagi situs dewasa

Saat kamu jadi penerbit iklan Google janganlah menerbitkan atau memuat konten dewasa , konten dewasa berarti melanggar ketentuan google blog kamu bisa deindex dan akun adsense kamu bisa di banned.

Google adsense melarang hal tersebut .

9. Membeli domain tdl berbayar tapi tidak tau menggunakannya

Sebagai seorang blogger tentu kita ingin web/blog kita terlihat keren menggunakan domain.com , id . untuk pemula sebaiknya buatlah yang gratis dulu main di blog , biasanya itu berbayar tiap tahun. Kecuali , Anda sudah mahir  dan sudah mencoba versi gratisnya.

Bahkan , beberapa blogger banyak yang harus merugi dahulu untuk mengeluarkan uang membeli domain tetapi akhirnya , waktu jatuh tempo domain tidak diperpanjang.

Saran saya , lebih baik gunakan yang gratis dulu untuk latihan kalau misalnya Anda sudah cukup mahir dan mengembangkan web dengan serius maka barulah beli domain dan hosting berbayar.  Hal ini saya sarankan karena , akan membuang waktu dan biaya secara percuma bila anda tidak menguasai desain web dan instalasi web.  Cobalah yang gratis dulu, atau main web hosting gratis. 

10. Membeli akun google adsense
Bukan saya sok mengajari ya... :) , kalau Anda punya banyak uang memang tidak masalah anda beli, karena uang Anda. Akan tetapi saya menjelaskan resikonya , main google adsense itu bukan perkara mudah , website anda harus memiliki banyak visitor untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari blogging.

Saat anda membeli akun google adsense dari dunia maya , atau jual beli jejaring sosial. Tentu , setelah anda beli lalu pasang di blog kalau misalnya blog Anda sepi pengunjung Akun Adsense yang Anda beli itu tidak akan menghasilkan uang. Sehingga pembelian itu akan merugi, Jadi daftarlah ikuti proses menjadi seorang blogger setahap demi setahap.

Misal anda beli Akun google adsense milik orang kemudian anda belum tau cara desain web , belum tau menempatkan iklan , dan posting artikel saja gak pernah. Anda pasti akan merugi beli akun tersebut , karena kerja online itu butuh ketekunan.

11. Berfikir main blog gajinya gede
Awas , jangan mudah terlena. Misal Anda melihat gaji perusahaan besar seperti kompas yang memasang iklan google adsense memang besar sekali. Tetapi, untuk anda yang baru bermain blog tentu ini bukanlah hal mudah , Anda harus bersaing dengan ribuan, jutaan blogger di dunia untuk mengambil visitor google .

Tulisan saya diatas sudah menjelaskan berkali-kali bahwa pengunjung website yang memberikan pengaruh terhadap pendapatan online Anda.

Beberapa program online itu banyak ada yang ppc , ppa . Jadi  , kalau pengunjung blog Anda sedikit akan membuat penghasilan blogging Anda juga sedikit.  Semua butuh ketekunan...

12. Terlalu banyak widget
Biasanya seorang blogger baru suka menambah widget blog ,  iklan banyak , jam , fans page facebook, fage twitter , pernak pernik, banyak gambar. Kalau misal semua widget di taruh di blog , blognya biasa loadinya lama. Hal ini , akan membuat pengunjung malas untuk menunggu sehingga secepat kilat akan meninggalkan blog kamu.

Gunakanlah widget secukupnya , bisa taruh fans page fb , atau pilihlah salah satu widget yang menurutmu bagus dan penting. Sehingga pengunjung blog kamu tidak cepat meninggalkan situs yang kamu buat.

13. Mengupload foto pribadi yang fulgar

Saat kamu online kamu butuh banyak gambar, ingat dunia maya itu ada banyak ribuan orang. Kadang tidak setiap orang itu baik, saat kamu mengupload sebuah gambar bisa saja foto kamu dimanipulasi di edit , maka hati-hati mengupload foto pribadi.

14. Membuat berita Hoax
Indonesia saat ini memiliki undang-undang ITE , hati-hati mencemarkan nama baik seseorang atau perusahaan. Hal ini penting untuk dibahas karena resikonya bisa pidana. Maka, apabila niat kamu hobi salurkanlah hobimu dengan baik , apabila uang gunakan cara yang baik jangan sampai menyebar berita hoax.

Sudah ada banyak politisi terkena saksi akibat hoax, memang untuk blogger belum begitu ada banyak kasus tapi tetap hati-hati. Selain diatas , sanksi sosial juga akan menimpa blogmu saat menyebar berita hoax , blog mu populer sebentar kemudian di cap situs hoax. Pasti tidak enak dong , situs yang kamu buat di pandang negatif netizen.

15. Sebar aktikel cepat kaya

Sebar artikel yang saya maksud diatas adalah , sebagian orang menyebar berita situs cepat kaya dengan program A B C D dll. Anda pasti pernah melihat situs-situs scam yang menjanjikan uang untuk mendapatkan member walaupun sebenarnya scam. Maka, jadilah blogger yang selektif ikuti program internet yang populer yang sudah banyak blogger terbukti mendapatkan uang. Bukan situs-situs yang tidak bisa dipercaya, apalagi kalau Anda ikut menyebarkan , tentu saja kasian blogger baru yang tersesat ikut hal tersebut. Maka, bergabunglah dengan yang sudah dipercaya dan populer oleh banyak blogger.

16. Tidak Tau Scam

Hal ini penting untuk Anda yang baru terjun di dunia online. Scam , ripper hampir samai yaitu sama-sama menipu. Situs online tidak semuanya benar membayar , nah ada banyak sekali kerja online yang scam  tidak membayar.

Kerja online perlu banyak kehati-hatian terutama memilih situs penghasil uang, misal anda ikut beberapa situs yang gratis bitcoin. Terus terang , klo saya lebih baik cari yang memang sudah pasti dan terbukti oleh banyak orang. Karena pengalaman ikut beberapa situs yang tidak terpercaya dan akhirnya tidak dibayar. Maka, untuk kamu pilihlah situs yang sudah memiliki data akurat , baik perusahaan ternama dan populer di kalangan blogger agar usaha blogging kamu tidak sia-sia.

17. Telalu banyak otak atik template tanpa menulis
Blogger memang senang dengan kegiatan mengubah tampilan blog supaya keren dan istimewa. Jika anda senang itu berarti passion Anda di dunia blogger, namun anda harus mengerti bahwa konten atau informasi di blog itu penting agar dilihat banyak orang.

Saat Anda fokus dengan tampilan blog, tanpa update artikel anda akan kehilangan visitor. Visitor mengunjungi blog Anda  karena ingin mencari informasi , maka jangan lupa update. Blog bagus kalau tidak ada pengunjungnya , orang tidak akan tau hasil karya Anda.

18. Tidak suka menulis
Hal yang membuat kamu kesulitan saat menjadi seorang blogger adalah masalah menulis. Menulis bukan perkara yang mudah, hampir semua blogger menulis di dunia maya lewat akun blognya. Oleh sebab itu, saat kamu memilih menjadi seorang blogger kamu harus siap latihan nulis.

19. Tidak mau belajar
Belajar adalah sebuah hal penting dalam bidang apapapun termasuk blogging. Untuk menjadi seorang blogger Anda butuh belajar , membuat blog , edit tampilan web/blog, latihan menulis. Untuk yang malas belajar, tau sendirilah . Dunia blogger jutaan , miliaran orang web/ blog bisa sepi pengunjung.

20. Tidak memiliki pasion online
Saat Anda lebih suka kegiatan di luar komputer dan tidak suka dengan dunia online . Passion atau bakat anda kemungkinan besar bukan kerja secara online , karena kerja online banyak menghabiskan waktu di depan gadget & di depan komputer. Sebenarnya, bakat bisa digali dengan niat, tetapi akan lebih baik kerja di passion yang kamu cintai agar Anda bisa cepat berkembang.

Kesimpulan :
Dunia maya bukalah satu-satunya cara mendapatkan uang, tetapi saat Anda memilih hal tersebut butuh ketekunan dan kesabaran. Bukan hanya perlu belajar akan tetapi passion dan pengalaman. Tidak selamanya kerja online mudah dan cepat menghasilkan uang.