-->

PERMASALAHAN YANG TIMBUL AKIBAT UANG

PERMASALAHAN YANG TIMBUL AKIBAT UANG

Uang merupakan alat tukar barang dan jasa yang hampir dibutuhkan pada setiap lini kehidupan. Pada awalnya, saya mengira bahwa uang adalah sesuatu yang biasa saja dan tidak terlalu diperhitungkan dalam sisi kehidupan. Hingga pada akhirnya, saya memahami betapa pentingnya uang untuk kehidupan hingga banyak orang menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan uang.

Berikut merupakan beberapa permasalahan yang ditimbulkan akibat uang:

1. Korupsi

Orang yang selalu Cinta dengan harta dan uang , akan melakukan segala cara untuk mendapatkan uang , termasuk korupsi. Korupsi terjadi bukan pada dasarnya seseorang itu bodoh. Saya menganalisis kenapa para pejabat korupsi, hal yang real adalah karena budaya Masyarakat Kita yang suka Uang.

Secara realita, pada saat pemungutan suara atau pemilu apapun. Masyarakat cenderung akan mengatakan, dapat uang dari pejabat si A , dapat uang sekian dari pejabat si B. Bahkan hal yang lebih parahnya, sebagian orang mengatakan "Klo tidak ada uang saya tidak memilih" , inilah yang membuat negara tidak maju, karena budaya dimasyarakat yang kental dengan money politik.

Demi mendulang suara yang banyak, parpol dan calon pejabat membutuhkan dana untuk pemenuhan hasrat masyarakat. Jadi, pejabat yang korup dimulai juga dari budaya di masyarakat yang korup pula. (Hanya Anda yang bisa mengubahnya :D )

2. Penipuan

Penipuan atau menipu orang lain sudah banyak terjadi di berbagai lini, terutama di sektor bisnis , baik online maupun offline. Sering kita dengar di kehidupan kita sehari-hari, bahwa seseorang terkena tipu setelah membayar pada perusahaan A , pengusaha A , Pejual A . 

Penipuan sering terjadi pula akibat rakus uang, butuh uang dan keterpaksaan. Seseorang yang butuh uang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan uang, menipu , memeras bahkan kriminal. Kalau kita, sebagai orang ISLAM tidak memiliki agama yang kuat, mungkin bisa saja menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang. Akan tetapi, Nilai-nilai islam memiliki banyak pedoman dengan cara bekerja, cara hidup , cara bersosial semua begitu kompleks. Itulah yang menjadi nilai Plus bagi umat Islam , jarang yang menjadi pengusaha superior . Hanya karena takut Riba, Takut haram , bahkan bekerjapun akan dipilih sesuai tuntutan agama atau tidak. Oleh sabab itu, jika Anda sukses buatlah perusahaan Islami yang memiliki landasan manjemen dan manajerial Islami, agar 100% halal dan membantu sesama  :)

3. Kriminalitas


Bahaya orang yang tidak punya uang dan butuh uang adalah kriminalitas. Orang hidup cenderung memiliki kebutuhan, untuk makan , jajan, pendidikan. Kebanyakan orang yang tidak memiliki pendidikan dan agama yang baik cenderung kriminalitas dan melakukan bebagai hal buruk demi terpenuhinya uang untuk hidupnya. 

Kriminalitas juga sering terjadi akibat utang piutang dan akhirnya menjadikan pertengkaran , perkelahian bahkan pembunuhan. Bagaimana ? uang sesuatu yang mengertikan dan berbahaya bukan. Maka, jangan suka pamer hehehe... bercanda. :)

Kriminalitas akibat uang begitu memilukan, bukan hanya dengan orang yang tidak dikenal , sahabat bahkan keluarga. 

4. Menjual Harga diri 

Anda tau begitu banyak orang bekerja pada sebuah perusahaan dan takut dipecat karena dia menyadari betapa pentingnya uang dalam hidupnya dan keluarganya. Bahkan, sering kita mendengar wanita menjual harga dirinya demi uang. (Hmm..  Patut berterimakasih pada para pengusaha di Indonesia, membantu perekonomian di Indonesia ) , alasan mereka adalah buat usaha sulit , cari kerja sulit. Selalu begitu....
*Agama itu penting sekali, jika seseorang tidak memiliki pengetahuan agama, apapun bisa dilakukan.


Solusi :

Untuk Anda yang memiliki permasalahan keuangan, solusi terbaik lakukanlah usaha kecil-kecilan apa yang Anda mampu. Jika Anda punya uang, lakukan beberapa investasi real , buka toko, ternak, buat saja kecil-kecilan.