-->

Belajar Ngeblog, Tak Segampang Kiranya

Belajar Ngeblog, Tak Segampang Kiranya

Kiriman dari sahabat blogger 
Penulis : Ketut catur Kusuma ningrat
Web : www.balipuspanews.co­m

Blogger merupakan suatu profesi yang cukup unik digeluti, banyak hal yang akan didapatkan ketika ngeblog dari mulai menulis hingga memperkenalkan blog kita ke masyarakat luas. Pengalaman baru dan teman baru pasti akan menghampiri Anda bila menggeluti dunia ini, termasuk juga saya yang saat ini sudah 4 tahun menggeluti dunia Blogging.

4 tahun? Lama juga ya? Pasti sudah master!, Tidak!, Sampai sekarang saya belum menjadi master. Kenapa? Karena sesuai pengalaman saya selama ini waktu 4 tahun cukup singkat dan belum banyak ilmu yang saya kuasai.

Dimulai dari awal saya belajar ngeblog, saya mengenal blog pada waktu teman satu desa saya membagikan tautan sebuah situs di Facebook. Iseng-iseng tautan tersebut saya buka dan ternyata isinya cukup membuat saya terkesima dan mulai berfikir untuk belajar membuat halaman tersebut.

Dari sanalah saya mulai belajar otodidak melalui Google maupun YouTube, saya belajar dimulai dari cara membuat blog di Blogger. Setelah beberapa hari mempelajarinya, saya mulai bisa menambahkan artikel walaupun artikel tersebut hanyalah sebuah cerita fiktif saja dan keseharian pribadi saya.

Waktu itu blog yang saya buat sangat kacau, tampilan alay dan terkesan berantakan mengingat saat itu saya tidak mengerti template atau mengubah tampilan blog. Melihat tampilan blog yang tidak menarik, saya mulai belajar lagi cara merubah tampilan blog di Google dan akhirnya setelah mempelajarinya saya mulai mengubah tampilan blog saya menjadi lebih rapi.

Saat itu saya belum mengenal apa itu SEO, penulisan artikelpun masih terkesan sangat jelek. Karena hal tersebut, saya mulai belajar cara membuat artikel yang baik dan benar. Dimulai dari belajar membuat judul, menambahkan gambar, merangkai kata-kata menjadi bahasa baku, dan tentunya agar artikel saya dapat mudah untuk dipahami.

Selama dua tahun saya habiskan untuk belajar membuat artikel, dan akhirnya saya mulai lancar membuat artikel yang baik dan benar sesuai bahasa baku. Memang waktu dua tahun itu cukup lama, namun menurut saya waktu dua tahun itu terasa singkat dan cenderung masih kurang untuk fokus dalam belajar membuat artikel.

Ketika proses belajar membuat artikel saya rasa sudah cukup, lalu saya bingung tentang bagaimana cara agar artikel yang saya bahas dapat dibaca oleh banyak orang. Setelah berselancar di Google dan ikut serta dalam forum Blogger di Sosial Media, akhirnya saya mengenal SEO atau Optimasi Mesin Pencari.

SEO ini saya pelajari cukup lama karena tingkat kesulitannya, mulai belajar dari optimasi SEO on page dan off page saya pelajari. Dari belajar menanam backlink, optimasi meta tag, penempatan keyword atau kata kunci, dan riset kata kunci. Mulailah artikel yang saya tulis muncul di Mesin Pencari dan mendatangkan beberapa pengunjung.

Kenaikan pengunjung bertahap dan meningkat sesuai dengan tingkatan SEO yang saya tingkatkan, bahkan sampailah pengunjung situs saya mencapai puluhan ribu dalam kurun waktu satu Minggu.

Lalu saya berfikir, bagaimanakah cara menghasilkan uang dari blog?. Mengingat saat itu saya menjadikan aktivitas blogging sebagai hobi saja, dan akhirnya saya mengenal Google Adsense. Karena sudah tidak sabar untuk mendapatkan penghasilan dari ngeblog, lalu saya iseng mendaftarkan situs saya di Google Adsense dan beruntung situs saya diterima sebagai penayang iklan.

Terhitung tiga bulan setelah iklan saya pasang dan tayang di situs, saya mulai mendapatkan pundi-pundi penghasilan tambahan. Cukup untuk makan sehari-hari, namun sampai saat ini ngeblog masih menjadi pekerjaan sampingan saya dan pekerjaan utama saya adalah sebagai Journalist disalah satu Media Online besar di Bali.