-->

11 CARA MENDAPATKAN UANG DARI YOUTUBE 2019

11 CARA MENDAPATKAN UANG DARI YOUTUBE 2019

Kisah sukses youtuber


Media online sekarang berkembang menjadi pundi-pundi uang dan banyak kisah sukses konten kreatif youtube yang memiliki penghasilan besar. Cnbcindonesia.com menyebutkan content creator atawa Youtuber. Salah satu sosok terkenal adalah Daniel Middleton atau Dan TDM yang penghasilannya mencapai US$ 16,5 juta atau Rp 225,11 miliar pada 2017 lalu.
Laman Daily Star pernah menuliskan tahapan demi tahapan yang di lalui :

Foto: Infografis, Arie Pratama (CNBC Indonesia)

Pertama, tahap awal tercatat ada 5 miliar video yang dilihat setiap hari oleh 300 juta pengujung YouTube. Untuk meraih target itu, perlu konten yang menarik dan mengunggahnya secara teratur. Apabila memiliki banyak pengunjung, maka iklan akan segera datang.

Terdapat dua cara mendapatkan uang dari iklan. Pertama, biaya per klik atau cost per click (CPC). Pengiklan akan membayar berdasarkan jumlah klik pada iklan.

Kedua, biaya per tampil atau cost per view (CPV). Pengiklan membayar berdasarkan jumlah penayangan iklan. Pengiklan akan membayar jika iklan ditonton setidaknya 30 detik atau setelah dari durasi iklan.

Semua itu pun ada tahapan yang harus dilalui.

 Iklan akan datang ke YouTube jika kita mengaktifkan opsi monetisasi. Iklan akan hadir di awal video, di tengah atau berbentuk pop up. Untuk mendapatkan ini, kanal YouTube harus memiliki paling sedikit 10 ribu view.

Penghasilan dari iklan YouTube sekitar US$1,5 atau setara Rp 20.464 per 1.000 view. Kalau kita punya satu juta view, maka akan mendapatkan US$1.500 (Rp 20,47 juta). Prinsipnya semakin banyak view semakin banyak pendapatan yang masuk ke rekening.

Maka saat kamu memulai dengan cara mendapatkan dan meningkatkan viewer dan subscriber. 

Syarat menjadi konten Youtuber semakin berat

Tekno.kompas.com membahas tentang berbagai isu mengenai beratnya untuk menjadi seorang youtuber pada saat ini berikut merupakan kutipan artikel dari tekno.kompas.com

Peraturan YouTube Partner Program (YPP) untuk kanal-kanal berisi video yang menyelipkan iklan diubah. Untuk bisa mendapatkan pendapatan dari iklan, sebuah video kini harus mengumpulkan setidaknya 4.000 jam waktu tonton (watch time) dalam 12 bulan terakhir dan memiliki 1.000 subscriber.

Sebelumnya, YPP hanya mensyaratkan sebuah kanal untuk mengumpulkan 10.000 view sebelum bisa menayangkan iklan. Namun, pihak YouTube merasa aturan lama tersebut ternyata tidak efektif untuk menyaring para "aktor buruk" seperti spammer dan peniru konten. 

Syarat baru ini tentu saja membuat para YouTuber pemula harus memutar otak untuk mengumpulkan subscriber sebanyak mungkin dan menghasilkan video dengan view yang cukup banyak. "Standar yang lebih tinggi ini bisa bantu mencegah monetisasi video yang tak pantas, yang bisa merugikan pendapatan untuk semua orang," sebut Chief Product Officer YouTube Neal Mohan dan Chief Business Officer Robert Kyncl dalam sebuah posting blog. 

Aturan baru tersebut juga berlaku ke belakang mulai 20 hari mendatang. Artinya, tanpa kecuali, semua kanal  baru dan lama  di YouTube yang belum mencapai 4.000 jam watch time dan 1.000 subscriber selama setahun ke belakang bakal tak bisa menayangkan iklan.

 Sejumlah YouTuber atau channel YouTube yang belum memenuhi syarat tersebut melaporkan sudah mendapat e-mail yang berisi informasi penghentian monetisasi sampai syarat-syarat yang ditentukan tercapai. Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Variety, Rabu (17/1/2018), YouTube mengklaim bahwa perubahan syarat monetisasi itu seharusnya tidak banyak mempengaruhi para kreator yang memperoleh penghidupan dari layanannya.

Mengurai singkat obyek kajian, pemaparan data obyektif, kalimat sederhana, mudah dipahami duduk perkaranya. Kemudian memberi penjelasan rinci pada bagian yang menjadi fokus kajian. Minimal menunjukkan: kapan kejadiannya, di mana dan melibatkan siapa. Untuk memperkuatobyektivitas dapat mengutip informasi dari data dokumentasi, suratkabar, media lain atau hasil observasi.

Jadi untuk menjadikan akun youtube kamu di monetisasi oleh google adsense tidak mudah ya sob.

11 Cara mendapatkan uang dari youtube

1. Membuat YouTube Channel

 Jika kamu belum punya chanel youtube bisa melihat panduannya disini "Cara membuat Chanel YoutubeLangkah ini adalah langkah pertama yang tak boleh Anda lewatkan. Buatlah akun terlebih dahulu di YouTube jika Anda belum memilikinya. Coba sign in ke YouTube (Anda bisa menggunakan akun Google untuk masuk dan mendaftar, Jika sudah punya chanel Upload video dan tingkatkan subcriber dan viewer.

2. Monetisasi YouTube Channel

Coba sign in ke akun YouTube Anda, pilih menu “account information” yang terletak di sebelah kanan atas dan klik “Creator Studio”. Kemudian, pada menu di sebelah kiri, pilih “Channel” dan klik “Status and features”. Akhirnya, pilih “Enable Monetisation”. Kemudian setujui agreement yang ada.

3. Menyambungkan YouTube Channel ke AdSense


Setelah mengaktifkan monetisasi pada YouTube channel Anda, Anda perlu melakukan associate dan approved AdSense account Anda ke YouTube account Anda. Nantinya akan tersedia fitur YouTube Analytic yang dapat Anda gunakan untuk melakukan track penghasilan Anda, yang mana akan bisa terbayar hanya jika Anda melengkapi atau megikuti Youtube payment treshold yang ada.

4.  Mengikuti Program affiliasi


Affiliate marketing jelas merupakan peluang untuk menghasilkan uang secara online yang sangat populer. Masalahnya adalah bahwa begitu banyak pemasar affiliate ini yang tidak mengemukakan bagaimana rincinya upaya yang diperlukan untuk menghasilkan pendapatan yang cukup besar. Dibandingkan mengandalkan blog yang ada untuk mengarahkan orang ke affiliate link, cobalah membuat saluran YouTube yang keren dan menggunakannya sebagai katalis yang dapat mengarahkan ke affiliate link tadi. Affiliate misalnya , shopee , blibli, lazada, amazon.

 5. Menarik Sponsorship


Jika Anda mengamati para YouTuber terkenal yang sukses di internet, di YouTube mereka selalu ada unsur sponsorship dan advertisement. Dua aspek ini mereka manfaatkan untuk menghasilkan uang dari YouTube.

6. Berjualan Merchandise

Iklan AdSense nggak akan memberikan 100 persen pendapatan kamu yang sesungguhnya. Di sinilah kamu bisa memanfaatkan basis penggemar yang kamu miliki. Kamu bisa saja berjualan merchandise seperti kaos, hoodie, dan barang koleksi lainnya dengan mudah dan mendapatkan penghasilan dengan cepat.

7. Promosi Blog

Saat kamu punya blog kamu bisa menyelipkan link alamat website kamu di akun youtube. Sehingga memudahkan kamu mendapatkan visitor ke blog yang kamu buat. Oleh sebab itu, tehnik ini diperlukan dalam meningkatkan visitor dan penghasilan dari blog kamu.

8. Promosi toko di rumah

Youtube  bisa kamu mafaatkan untuk mempromosikan produk di toko kamu di rumah, pengguna youtube yang begitu banyak membuat banyak orang bisa mengetahui toko kamu dengan mudah.

9. Jual kemampuan Desain 

Tak jarang kita mengetahui seseorang yang mampu memiliki kemampuan desain, menjual jasa desainnya di youtube. Hal ini perlu di coba, melihat kebutuhan desain grafis di dunia online yang begitu tinggi.

10. Mengarahkan ke toko Online kamu

Saat ini banyak orang berjualan online, mulai di grup-grup facebook, tokopedia, shopee, bukalapak. Youtube bisa menjadi peluang kamu untuk menambah pembeli barang kamu di toko online kamu. Manfaat youtube untuk menjajakan barang dagangan kamu. 

11. Jual Kursus Online

Jika kamu memiliki kemampuan yang di butuhkan seseorang , misal bahasa inggris, desain grafis, konten kreator. kamu bisa mencoba untuk membuka jasa kursus online, bisa juga membuat kursus kamu dengan grup-grup khusus. Sehingga, menjadikan penghasilan tambahan selain dari iklan google.

Semoga bermanfaat.

Sumber referensi :