Langsung ke konten utama

11 CARA MENDAPATKAN UANG DARI YOUTUBE 2019

11 CARA MENDAPATKAN UANG DARI YOUTUBE 2019

Kisah sukses youtuber


Media online sekarang berkembang menjadi pundi-pundi uang dan banyak kisah sukses konten kreatif youtube yang memiliki penghasilan besar. Cnbcindonesia.com menyebutkan content creator atawa Youtuber. Salah satu sosok terkenal adalah Daniel Middleton atau Dan TDM yang penghasilannya mencapai US$ 16,5 juta atau Rp 225,11 miliar pada 2017 lalu.
Laman Daily Star pernah menuliskan tahapan demi tahapan yang di lalui :

Foto: Infografis, Arie Pratama (CNBC Indonesia)

Pertama, tahap awal tercatat ada 5 miliar video yang dilihat setiap hari oleh 300 juta pengujung YouTube. Untuk meraih target itu, perlu konten yang menarik dan mengunggahnya secara teratur. Apabila memiliki banyak pengunjung, maka iklan akan segera datang.

Terdapat dua cara mendapatkan uang dari iklan. Pertama, biaya per klik atau cost per click (CPC). Pengiklan akan membayar berdasarkan jumlah klik pada iklan.

Kedua, biaya per tampil atau cost per view (CPV). Pengiklan membayar berdasarkan jumlah penayangan iklan. Pengiklan akan membayar jika iklan ditonton setidaknya 30 detik atau setelah dari durasi iklan.

Semua itu pun ada tahapan yang harus dilalui.

 Iklan akan datang ke YouTube jika kita mengaktifkan opsi monetisasi. Iklan akan hadir di awal video, di tengah atau berbentuk pop up. Untuk mendapatkan ini, kanal YouTube harus memiliki paling sedikit 10 ribu view.

Penghasilan dari iklan YouTube sekitar US$1,5 atau setara Rp 20.464 per 1.000 view. Kalau kita punya satu juta view, maka akan mendapatkan US$1.500 (Rp 20,47 juta). Prinsipnya semakin banyak view semakin banyak pendapatan yang masuk ke rekening.

Maka saat kamu memulai dengan cara mendapatkan dan meningkatkan viewer dan subscriber. 

Syarat menjadi konten Youtuber semakin berat

Tekno.kompas.com membahas tentang berbagai isu mengenai beratnya untuk menjadi seorang youtuber pada saat ini berikut merupakan kutipan artikel dari tekno.kompas.com

Peraturan YouTube Partner Program (YPP) untuk kanal-kanal berisi video yang menyelipkan iklan diubah. Untuk bisa mendapatkan pendapatan dari iklan, sebuah video kini harus mengumpulkan setidaknya 4.000 jam waktu tonton (watch time) dalam 12 bulan terakhir dan memiliki 1.000 subscriber.

Sebelumnya, YPP hanya mensyaratkan sebuah kanal untuk mengumpulkan 10.000 view sebelum bisa menayangkan iklan. Namun, pihak YouTube merasa aturan lama tersebut ternyata tidak efektif untuk menyaring para "aktor buruk" seperti spammer dan peniru konten. 

Syarat baru ini tentu saja membuat para YouTuber pemula harus memutar otak untuk mengumpulkan subscriber sebanyak mungkin dan menghasilkan video dengan view yang cukup banyak. "Standar yang lebih tinggi ini bisa bantu mencegah monetisasi video yang tak pantas, yang bisa merugikan pendapatan untuk semua orang," sebut Chief Product Officer YouTube Neal Mohan dan Chief Business Officer Robert Kyncl dalam sebuah posting blog. 

Aturan baru tersebut juga berlaku ke belakang mulai 20 hari mendatang. Artinya, tanpa kecuali, semua kanal  baru dan lama  di YouTube yang belum mencapai 4.000 jam watch time dan 1.000 subscriber selama setahun ke belakang bakal tak bisa menayangkan iklan.

 Sejumlah YouTuber atau channel YouTube yang belum memenuhi syarat tersebut melaporkan sudah mendapat e-mail yang berisi informasi penghentian monetisasi sampai syarat-syarat yang ditentukan tercapai. Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Variety, Rabu (17/1/2018), YouTube mengklaim bahwa perubahan syarat monetisasi itu seharusnya tidak banyak mempengaruhi para kreator yang memperoleh penghidupan dari layanannya.

Mengurai singkat obyek kajian, pemaparan data obyektif, kalimat sederhana, mudah dipahami duduk perkaranya. Kemudian memberi penjelasan rinci pada bagian yang menjadi fokus kajian. Minimal menunjukkan: kapan kejadiannya, di mana dan melibatkan siapa. Untuk memperkuatobyektivitas dapat mengutip informasi dari data dokumentasi, suratkabar, media lain atau hasil observasi.

Jadi untuk menjadikan akun youtube kamu di monetisasi oleh google adsense tidak mudah ya sob.

11 Cara mendapatkan uang dari youtube

1. Membuat YouTube Channel

 Jika kamu belum punya chanel youtube bisa melihat panduannya disini "Cara membuat Chanel YoutubeLangkah ini adalah langkah pertama yang tak boleh Anda lewatkan. Buatlah akun terlebih dahulu di YouTube jika Anda belum memilikinya. Coba sign in ke YouTube (Anda bisa menggunakan akun Google untuk masuk dan mendaftar, Jika sudah punya chanel Upload video dan tingkatkan subcriber dan viewer.

2. Monetisasi YouTube Channel

Coba sign in ke akun YouTube Anda, pilih menu “account information” yang terletak di sebelah kanan atas dan klik “Creator Studio”. Kemudian, pada menu di sebelah kiri, pilih “Channel” dan klik “Status and features”. Akhirnya, pilih “Enable Monetisation”. Kemudian setujui agreement yang ada.

3. Menyambungkan YouTube Channel ke AdSense


Setelah mengaktifkan monetisasi pada YouTube channel Anda, Anda perlu melakukan associate dan approved AdSense account Anda ke YouTube account Anda. Nantinya akan tersedia fitur YouTube Analytic yang dapat Anda gunakan untuk melakukan track penghasilan Anda, yang mana akan bisa terbayar hanya jika Anda melengkapi atau megikuti Youtube payment treshold yang ada.

4.  Mengikuti Program affiliasi


Affiliate marketing jelas merupakan peluang untuk menghasilkan uang secara online yang sangat populer. Masalahnya adalah bahwa begitu banyak pemasar affiliate ini yang tidak mengemukakan bagaimana rincinya upaya yang diperlukan untuk menghasilkan pendapatan yang cukup besar. Dibandingkan mengandalkan blog yang ada untuk mengarahkan orang ke affiliate link, cobalah membuat saluran YouTube yang keren dan menggunakannya sebagai katalis yang dapat mengarahkan ke affiliate link tadi. Affiliate misalnya , shopee , blibli, lazada, amazon.

 5. Menarik Sponsorship


Jika Anda mengamati para YouTuber terkenal yang sukses di internet, di YouTube mereka selalu ada unsur sponsorship dan advertisement. Dua aspek ini mereka manfaatkan untuk menghasilkan uang dari YouTube.

6. Berjualan Merchandise

Iklan AdSense nggak akan memberikan 100 persen pendapatan kamu yang sesungguhnya. Di sinilah kamu bisa memanfaatkan basis penggemar yang kamu miliki. Kamu bisa saja berjualan merchandise seperti kaos, hoodie, dan barang koleksi lainnya dengan mudah dan mendapatkan penghasilan dengan cepat.

7. Promosi Blog

Saat kamu punya blog kamu bisa menyelipkan link alamat website kamu di akun youtube. Sehingga memudahkan kamu mendapatkan visitor ke blog yang kamu buat. Oleh sebab itu, tehnik ini diperlukan dalam meningkatkan visitor dan penghasilan dari blog kamu.

8. Promosi toko di rumah

Youtube  bisa kamu mafaatkan untuk mempromosikan produk di toko kamu di rumah, pengguna youtube yang begitu banyak membuat banyak orang bisa mengetahui toko kamu dengan mudah.

9. Jual kemampuan Desain 

Tak jarang kita mengetahui seseorang yang mampu memiliki kemampuan desain, menjual jasa desainnya di youtube. Hal ini perlu di coba, melihat kebutuhan desain grafis di dunia online yang begitu tinggi.

10. Mengarahkan ke toko Online kamu

Saat ini banyak orang berjualan online, mulai di grup-grup facebook, tokopedia, shopee, bukalapak. Youtube bisa menjadi peluang kamu untuk menambah pembeli barang kamu di toko online kamu. Manfaat youtube untuk menjajakan barang dagangan kamu. 

11. Jual Kursus Online

Jika kamu memiliki kemampuan yang di butuhkan seseorang , misal bahasa inggris, desain grafis, konten kreator. kamu bisa mencoba untuk membuka jasa kursus online, bisa juga membuat kursus kamu dengan grup-grup khusus. Sehingga, menjadikan penghasilan tambahan selain dari iklan google.

Semoga bermanfaat.

Sumber referensi :


Komentar

Baca lainnya

Kata-kata Bahasa Inggris populer sehari-hari wajib dihafal Bagi Pemula dan pelajarin lagi

Kata-kata  Bahasa Inggris populer sehari-hari wajib dihafal Bagi Pemula dan pelajarin lagi ☺🥰🌸🌻 1. So = Jadi 2. Then = Kalau Begitu 3. Shit = Sialan 4. Nevermind = Tidak Mengapa 5. Oh, I See = Oh, Begitu 6. By The Way = Ngomong² 7. For What/What For = Untuk Apa 8. Don't be Like That = Jangan Begitu 9. Don't be Like This = Jangan Begini 10. Anything Else = Ada Lagi/Yang Lain ? 11. Who Else = Siapa Lagi ? 12. How About/What About = Bagaimana Tentang 13. Up to You/It's Up to You = Terserah Kamu 14. All Right = Baiklah 15. That's Right = Itu Benar 16. That's Right What You Say = Betul Apa Yang Kamu Katakan ! 17. Terrible = Waduh Gawat 18. Not Bad = Lumayan 19. Hurry Up/Quickly/Be Quick = Cepat/Buruan/Ayo Cepat² 20. Of Course/Certainly/Sure = Tentu Saja 21. Of Course Not = Tentu Saja Tidak 22. What Happened = Apa Yang Terjadi ? 23. What Happened to Your Parent = Apa Yang Terjadi terhadap Orangtuamu ? 24. Unfortunately = Malangnya/Kasian ! 25. Fortunately No = Untungla...

Cara mendapatkan 100 juta pertama untuk semua orang

Cara mendapatkan 100 juta pertama untuk semua orang Cara mendapatkan 100 juta pertama tidaklah sulit, semua cukup sederhana. Pertama kamu harus tahu dalam setahun kamu bisa mengumpulkan berapa juta, misal dalam satu tahun kamu bisa mengumpulkan 10 juta berarti kamu bisa mencapai 100 juta dalam kurun waktu 10 tahun.  Dalam satu tahun 10 juta bearti kamu bisa menabung satu bulan 1 juta itu cukup bagus untuk mencapai 100 juta dalam 10 tahun.  Bila kamu punya pendapatan lebih, kamu bisa menambahkan tabungan kamu misal 15 juta setahun, akan mempercepat kamu mendapatkan 100 juta pertama.  10 tahun memang waktu yang lumayan lama ya, tapi membangun konsistensi dalam mengelola keuangan akan membuat hidup kamu lebih baik.  Kamu juga bisa mengumpulkan dan menyimpan tabungan kamu di reksadana sehingga bisa lebih cepat berkembang dalam 10 tahun kedepan.  Selama tubuh sehat, finansial lancar semoga kamu bisa mencapai 100 juta pertama.  Jika waktu 10 tahun menurut kamu la...

Countable vs Uncountable Noun

 Berikut adalah artikel tentang pengertian countable dan uncountable noun dan beberapa contohnya: Pengertian Countable dan Uncountable Noun Nouns atau kata benda dalam bahasa Inggris bisa dibagi berdasarkan karakteristiknya. Berdasarkan karakteristiknya, nouns terbagi menjadi countable nouns dan uncountable nouns. Countable Nouns Countable nouns adalah kata benda atau hal-hal yang bisa dihitung satuannya dengan angka. Biasanya, benda-benda atau hal yang termasuk countable nouns berbentuk padat atau berwujud nyata. Countable nouns punya bentuk tunggal (singular) dan jamak (plural). Dalam bentuk tunggal, countable nouns biasanya didahului dengan "a" atau "an". Ketika ingin menanyakan jumlahnya dengan kalimat tanya, gunakan "how many" diikuti dengan bentuk jamak dari noun. Contoh Countable Nouns: Singular: apple, box, bus, glass, house, dish, size, toy Plural: apples, boxes, buses, glasses, houses, dishes, sizes, toys Contoh Kalimat dengan Countable Nouns: ...

7 Tips Mahir dalam Menulis Artikel

 7 Tips Mahir dalam Menulis Artikel Menulis artikel yang menarik dan berkualitas merupakan keterampilan yang penting, terutama di era digital saat ini. Berikut ini adalah tujuh tips yang dapat membantu kamu menjadi lebih mahir dalam menulis artikel: 1. Tentukan Tujuan Artikel : Sebelum mulai menulis, pastikan kamu menentukan tujuan dari artikel tersebut. Apakah untuk menginformasikan, menghibur, atau membahas suatu isu? Mengetahui tujuan artikel akan membantu kamu menentukan struktur dan gaya penulisan yang sesuai. 2. Lakukan Riset yang Mendalam : Riset yang baik adalah fondasi dari artikel yang berkualitas. Luangkan waktu untuk mencari informasi dari sumber yang kredibel dan terpercaya. Riset yang mendalam akan membantu kamu memahami topik dengan lebih baik dan menyajikan informasi yang akurat kepada pembaca. 3. Buat Kerangka Artikel : Membuat kerangka artikel akan membantu kamu menyusun ide dan informasi secara sistematis. Kerangka tersebut harus mencakup pendahuluan, poin-poin u...

Evadav: solusi iklan inovatif

Evadav: solusi iklan inovatif Evadav adalah jaringan periklanan global yang menawarkan solusi iklan inovatif bagi pengiklan dan penerbit. Didirikan pada tahun 2018, Evadav telah berkembang pesat dan sekarang melayani lebih dari 2 miliar impresi iklan per hari di seluruh dunia. Salah satu keunggulan Evadav adalah berbagai format iklan yang mereka tawarkan. Ini mencakup push-notifikasi, popunder, iklan video, dan iklan native. Dengan berbagai pilihan ini, pengiklan dapat memilih format yang paling sesuai dengan audiens dan tujuan mereka, sementara penerbit dapat memilih format yang paling sesuai dengan konten dan audiens mereka. Evadav juga menawarkan teknologi penargetan canggih. Dengan algoritma cerdas mereka, mereka dapat memastikan bahwa iklan mencapai audiens yang tepat pada waktu yang tepat. Ini berarti bahwa pengiklan mendapatkan hasil yang maksimal dari kampanye mereka, dan pengguna mendapatkan iklan yang relevan dan menarik. Selain itu, Evadav menawarkan sistem pembayaran yang f...