-->

Petingnya Tepat Waktu dalam Dunia Kerja

Pentingnya Tepat Waktu dalam Dunia Kerja



A. Latar Belakang 

Bekerja merupakan sebuah kewajiban bagi setiap orang, setelah belajar disekolah dan Perguruan tinggi atau Universitas pasti anda masuk pada kerasnya dunia kerja. Terlebih bagi pemula di dunia kerja yang belum pernah mengetahui tentang dunia pekerjaan betapa pentingnya disiplin pada dunia kerja dan hal-hal yang menjadi penilaian dalam bekerja. 

B. Rumusan Masalah

1. Seberapa penting tepat waktu dalam dunia kerja? 
2. Hal apa yang terjadi saat tidak disiplin tepat waktu dalam bekerja? 

C. Pembahasan 

1. Pentingnya tepat waktu dalam dunia kerja

Dunia kerja memang berbeda dengan dunia sekolah,  disekolah anda dididik untuk belajar berbagai ilmu pengetahuan, sedangkan di dunia kerja anda dididik untuk bisa bekerja dengan baik. Pendidikan di sekolah menjadi begitu berpengaruh dilingkungan kerja, seperti jam bekerja,  jam pulang,  ijin tidak masuk kerja. Semua memiliki proses yang sama disekolah,  namun berbeda di lingkungan pekerjaan soal hukuman saat anda terlambat dalam bekerja. 

Di sekolah saat anda terlambat masuk, anda akan diberi hukuman entah menyapu halaman atau ruang kelas,  push up dll. Sedangkan dalam dunia kerja, saat terlambat masuk anda bisa di omelin atasan atau rekan kerja, bila diteruskan kontrak pekerjaan anda bisa saja tidak diperpanjang karena masalah kedisiplinan waktu. 

Biasanya saat bekerja perusahaan akan menentukan jam masuk kerja dan jam pulang kerja. Maka,  jika ingin terus bekerja diperusahaan anda, biasakanlah datang lebih awal dan usahakan tidak terlambat masuk kerja. 

Kerja dimanapun disiplin waktu sesuai jam kerja merupakan hal dasar, bila terus terlambat masuk kerja bisa saja anda mendapatkan surat peringatan. 

2. Hal yang terjadi jika tidak disiplin tepat waktu dalam bekerja

Dimana-mana orang bekerja pasti ada aturannya. Jika anda disekolah dulu sering terlambat, hilangkanlah kebiasaan tersebut karena akan membuat anda bermasalah di tempat kerja. 

Resiko saat anda sering terlambat antara lain,  dimarahi atasan dan rekan kerja, bisa mendapatkan surat peringatan dari perusahaan, kontrak kerja tidak diperpanjang dan yang paling parah anda bisa terkena pemutusan hubungan kerja atau PHK.  

Percaya atau tidak kerja dimanapun ada aturannya tepat waktu merupakan hal paling mendasar di dunia kerja. 

D. Kesimpulan

Tepat waktu dalam bekerja memiliki peran penting dalam bekerja, bukan hanya tidak disukai perusahaan, namun juga tidak disukai rekan kerja. Karena disiplin waktu merupakan hal paling mendasar dalam bekerja.