-->

Pendidikan Islam


Secara etimologis pendidikan diterjemahkan ke dalam bahasa Arab “Tarbiyah” dengan kata kerjanya “Robba” yang berarti mengasuh, mendidik, memelihara.(Zakiyah Drajat, 1996: 25) Menurut pendapat ahli, Ki Hajar Dewantara pendidikan adalah tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, maksudnya pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. (Hasbullah,2001: 4)

Pendidikan adalah segala usaha orang dewasa dalam pergaulan dengan anak-anak untuk memimpin perkembangan jasmani dan rohaninya ke arah kedewasaan. (Ngalim Purwanto, 1995:11).

Dasar Pendidikan Islam adalah sumber tempat seluruh bangunan sistem, konsep dan praksis pendidikan Islam disusun dan diimplementasikan dalam kehidupan umat Muslim. Dasar pendidikan Islam itu berupa Qur’an dan Hadits(sunnah), sebagaimana sabda Rasulullah saw yang secara filosofik mengandung pandangan pokok tentang hakekat dasar pendidikan Islam, yaitu “Aku tinggalkan kepada kalian dua hal. Jika kalian berpegang pada keduanya maka tidak akan tersesat selamanya. Dua hal itu adalah Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya”. Dasar tersebut tidak hanya fondasi yang menopang seluruh bangunan Pendidikan Islam, namun juga menjadi sumber ilham, inspirasi, pedoman, tuntunan serta sumber arahan bagi seluruh bangunan sistem, konsep atau teori dan implementasinya dalam kehidupan umat Muslim.

Sebuah pendidikan Islam hendaknya mencapai sebuah pendidikan diri, dan karakter muslim sendiri, sehingga pendidikan Islam mampu menunjukan bahwa seorang muslim memilki kualitas kepribadian yang baik. Bukan sekedar Islam individual melainkan , menjadi Islam sosial, dimana mampu menerapkan prinsip-prinsip hidup seorang muslim yang beretika dan juga beradab.

Referensi :
http://kaderhmi.wordpress.com/tag/fungsi-pendidikan-islam/ di akses 11 Desember 2014
http://blog.umy.ac.id/mariatulqiftiyah/arsip/dasar-fungsi-dan-tujuan-pendidikan-islam/ di akses 11 Desember 2014