-->

Cara membentuk ketrampilan komunikasi dalam perkuliahan



Banyak di antara mahasiswa baru canggung dalam menyampaikan pendapat dan berbicara di depan kelas untuk mempresentasikan makalah dalam sebuah mata kuliah. Sebernarnya, hal ini merupakan sebuah hal wajar di dalam pendidikan perguruan tinggi terutama, bagi Mahasiswa baru.

Berikut merupakan tips , untuk membentuk ketrampilan berbicara di dalam perkuliahan :

1. Awali dengan berani mengungkapkan ide dan gagasan

Hal yang harus di pertama di lakukan adalah memulai, beranilah untuk mulai mengungkapkan ide dan gagasan Anda, walaupun ide atau gagasan Anda lucu atau aneh, semua harus di coba.

2. Percaya semua butuh proses

Saat Anda mengungkapkan pendapat, Anda harus tau bahwa Anda tak harus sempurna, semua adalah proses belajar di dalam lingkungan perkuliahan, jadi tidak perlu takut berbicara karena dalam proses belajar.

3. Jangan takut salah

Kadang diantara teman-teman, mungkin masih terasa canggung, dalam berpendapat dan takut salah. Jika kita takut salah, kita tidak akan pernah maju. Kesalahan itu manusiawi dan tak perlu di takutkan.

4. Perbanyak membaca buku, makalah , majalah, koran atau artikel

Dengan membaca buku, akan menambah khazanah pengetahuan dan ketrampilan dalam berbicara, karena buku dan majalah-majalah yang kita baca akan memberikan sumbangan kontribusi pada pengetahuan kita dan tentunya menambah kosa kata, dan juga ide gagasan baru.

5. Jadikanlah sebuah kebiasaan

Setelah Anda mencoba , dan menerapkan tips di atas, jadikanlah berpendapat itu sebuah kebiasaan , entah anda menyanggah, menanggapi, menambahi dalam diskusi merupakan hal yang bagus , untuk menambah ketrampilan Anda dan berbicara dan berkomunikasi di lingkungan perkuliahan.

Sekian tips , Cara membentuk ketrampilan komunikasi dalam perkuliahan ... semoga bermanfaat.