Langsung ke konten utama

Perananan , fungsi dan pengertian pendidikan formal dan nonformal

Peranan pendidikan adalah suatu peranan yang menentukan kualitas pendidikan seorang anak di usia dini. Begitu juga dengan pengaruhnya pada pembentukan karakter dan perkembangan kepribadian seorang anak. Di usia awal dasar-dasar kepribadian anak mulai terlihat dan kita sebagai orang terdekat harus dapat mengarahkan ke jalur yang tepat.Karena pada masa kecil anak-anak sering mendapatkan gambaran kepribadian yang berbeda dari lingkungan yang ada di sekitarnya, sehingga kita harus berhati-hati berperan dalam pembentukan kepribadian anak itu.

Peranan pendidikan bagi anak usia dini merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Kepribadian anak akan terbentuk juga di sekolah karena mereka mendapatkan sebuah lingkungan sosial yang baru.Lingkungan utama yang berperan dalam pendidikan seorang anak tentu datang dari keluarga inti yaitu ayah, ibu serta adik dan kakaknya. Lingkungan ini merupakan lingkungan yang paling bertanggung jawab dalam mendidik seorang anak.

Upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat pada dasarnya merupakan cita-cita dari pembangunan bangsa. Kesejahteraan dalam hal ini mencakup dimensi lahir batin, material dan spiritual. Lebih dari itu pendidikan menghendaki agar peserta didiknya menjadi individu yang menjalani kehidupan yang aman dan damai. Oleh karena itu pembangunan lembaga pendidikan  diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan Indonesia yang aman, damai, dan sejahtera. Sejalan dengan realitas kehidupan sosial yang berkembang di masyarakat, maka pengembangan nilai-nilai serta peningkatan mutu pendidikan tentunya menjadi tema pokok dalam rencana kerja pemerintah dalam membangun lembaga pendidikan.

Jalur pendidikan adalah wahana yang dilalui peserta didik untuk mengembangkan potensi diri dalam suatu proses pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Dalam UU No. 20 tahun 2003 Pasal 13 ayat 1 dinyatakan bahwa jalur pendidikan terdiri dari pendidikan formal, non-formal dan informal.

1.  Pendidikan formal
Pendidikan formal merupakan pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah pada umumnya. Jalur pendidikan ini mempunyai jenjang pendidikan yang jelas, mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai pendidikan tinggi.

2.  Pendidikan nonformal
a.  Pengertian
Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Pendidikan nonformal paling banyak terdapat pada usia dini, serta pendidikan dasar, adalah TPA, atau Taman Pendidikan Al Quran,yang banyak terdapat di Masjid dan Sekolah Minggu, yang terdapat di semua Gereja. Selain itu, ada juga berbagai kursus,  diantaranya kursus musik, bimbingan belajar dan sebagainya.

b.  Sasaran
Pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan/atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat.

c.  Fungsi
Pendidikan nonformal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional.

d.  Jenis
Pendidikan nonformal meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja.
Pendidikan kesetaraan meliputi Paket A, Paket B dan Paket C, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik seperti: Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, majelis taklim, sanggar, dan lain sebagainya, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.

3.  Pendidikan informal
Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri yang dilakukan secara sadar dan bertanggung jawab. Hasil pendidikan informal diakui sama dengan pendidikan formal dan nonformal setelah peserta didik lulus ujian sesuai dengan standar nasional pendidikan.
Alasan pemerintah mengagas pendidikan informal adalah:
      Pendidikan dimulai dari keluarga
      Informal diundangkan juga karena untuk mencapai tujuan pendidikan nasonal dimulai dari keluarga
      Homeschooling: pendidikan formal tapi dilaksanakan secara informal.
      Anak harus dididik dari lahir

Pendidikan formal
Pendidikan non-formal
Pendidikan informal
- Tempat pembelajaran di gedung sekolah.
- Ada persyaratan khusus untuk menjadi peserta didik.
- Kurikulumnya jelas.
- Materi pembelajaran bersifat akademis.
- Proses pendidikannya memakan waktu yang lama
- Ada ujian formal
- Penyelenggara pendidikan adalah pemerintah atau swasta.
- Tenaga pengajar memiliki klasifikasi tertentu.
- Diselenggarakan dengan administrasi yang seragam
- Tempat pembelajarannya bisa di luar gedung
- Kadang tidak ada persyaratan khusus.
- Umumnya tidak memiliki jenjang yang jelas.
- Adanya program tertentu yang khusus hendak ditangani.
- Bersifat praktis dan khusus.
- Pendidikannya berlangsung singkat
- Terkadang ada ujian
- Dapat dilakukan oleh pemerintah atau swasta
- Tempat pembelajaran bisa di mana saja.
- Tidak ada persyaratan
- Tidak berjenjang
- Tidak ada program yang direncanakan secara formal
- Tidak ada materi tertentu yang harus tersaji secara formal.
- Tidak ada ujian.
- Tidak ada lembaga sebagai penyelenggara.

Referensi :
http://yasinaachien.blogspot.com/2012/04/fungsi-dan-peran-pendidikan-formal.html di akses 17 Desember 2014
http://abdulzahir86.blogspot.com/2012/01/fungsi-dan-peranan-pendidikan-formal_03.html di akses 17 Desember 2014
http://radityapenton.blogspot.com/2012/11/pendidikan-formal-informal-dan-nonformal.html di akses 17 Desember 2014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecakapan Hidup "mencari uang "

Kecakapan Hidup "mencari uang " A. Latar Belakang  Pendidikan disekolah memang menjadi bekal dimasa depan dengan berbagai pelajaran matematika,  bahasa, ipa,  ips dan mata pelajaran lainnya. Hal ini adalah bekal di masa depan.  Namun, ada hal penting lainnya yang perlu dipelajari dalam hidup yaitu kecakapan hidup bekerja dan mencari uang. Walaupun disekolah sudah di ajarkan pelajaran kewirausahaan,  namun dalam realita membuat usaha itu bukan perkara mudah. Pada akhirnya beberapa orang memilih hidup sebagai seorang pekerja atau seorang pedagang.  Beberapa pekerjaan yang bisa kita temui disekitar kita merupakan kecakapan hidup,  bekerja untuk mendapatkan uang sebagai sumber kehidupan.  Pelajaran hidup sehari-hari sebagai manusia yang membutuhkan materi untuk Pendidikan,  makanan,  minuman,  tempat tinggal,  kendaraan, listrik , dll., semua membutuhkan uang. Jadi, uang merupakan pondasi dasar dalam kehidupan yang kita jalani saat ini.  B.Rumusan Masalah  1. Bagaimana cara mend

CARA DOWNLOAD VIDEO YOUTUBE

CARA DOWNLOAD VIDEO YOUTUBE halo sobat blogger , kali ini saya share bagaimana cara mendownload video dari youtube. Berikut merupakan langkah-langkahnya : 1. Buka  https://id.savefrom.net/ 2. Copy link video youtube (Block ,  Klik kanan Copy ) 3. Setelah itu , paste link pada safefrom.net ( Klik kanan paste )  4. Geser kebawah pilih " Unduh tanpa penginstalan " 5. Maka akan muncul download video & mp3 Kamu bisa memilih tipe video  yang kamu yang kamu inginkan.. Lalu pilih Unduh  " SELESAI"

Tips Terbaik untuk Mengatasi Kesulitan dalam Penggunaan Tenses

Tips Terbaik untuk Mengatasi Kesulitan dalam Penggunaan Tenses Penggunaan tenses adalah salah satu aspek yang sering kali membingungkan dalam mempelajari bahasa Inggris. Tenses menunjukkan waktu atau keteraturan suatu peristiwa terjadi dalam kalimat. Bagi banyak pembelajar bahasa Inggris, kesulitan dalam menguasai tenses dapat menjadi hambatan besar dalam mencapai tingkat kemahiran yang diinginkan. Namun, dengan beberapa tips dan strategi yang tepat, Anda dapat mengatasi kesulitan dalam penggunaan tenses dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda secara signifikan. 1. Pahami Dasar-dasar Tenses Langkah pertama untuk mengatasi kesulitan dalam penggunaan tenses adalah memahami dasar-dasarnya. Ketahui perbedaan antara tenses utama seperti present, past, dan future, serta bentuk-bentuk tenses tambahan seperti present continuous, past perfect, dan lain-lain. Pahami kapan dan bagaimana masing-masing tenses digunakan dalam konteks kalimat. 2. Perhatikan Konteks Kalimat Konteks sangat pe