-->

Pembenahan peradaban dengan pendidikan karakter


Pendidikan adalah sebuah proses pembentukan manusia menjadi mahluk yang lebih baik , dengan pendidikan di harapkan mampu membentuk manusia-manusia yang memiliki sikap, yang beretika dalam kehidupan.

Perkembangan jaman yang semakin maju, membuat manusia di seluruh dunia mampu berkomunikasi satu dengan yang lain.

Hal ini menyebabkan pengaruh di dalam kehidupan maupun pergaulan , yang berdampak pada kebiasaan, perilaku dan kebudayaan.Menjaga sebuah nilai dan etika adat timur hendaknya di jaga dengan baik, masyarakat di barat yang menganut sebuah paham liberalisme tentu berbeda dengan masyarakat di Indonesia yang menganut asas demokrasi dan menjunjung tinggi adat ketimuran.Pendidikan perlu di tekankan pada ranah afektif di mana pendidikan karakter akan mendidik manusia yang memiliki sebuah prinsip hidup, tanpa terpengaruh budaya luar yang negatif.

pendidikan hendaknya membimbing seorang peserta didik agar mengerti bahwa pendidikan bukan hanya sebuah pengetahuan saja, melainkan sebuah pendidikan juga merupakan sebuah upaya pembenahan sikap, manusia dari kurang baik menjadi manusia yang terdidik menjadi baik.

Banyak berita di televisi tentang sebuah berita kekerasan, kriminal , asusila dll. Berita itu menunjukan bahwa sebuah kekerasan, perbuatan asusila dan kriminal adalah sebuah tindakan yang tidak terpuji dan hendaknya perlu di benahi.

Sebuah tantangan pendidikan karakter di Indonesia untuk membentuk manusia yang beradap yang menghargai sesama manusia, walau memiliki perbedaan paham , keyakinan  dan juga budaya.

Pendidikan hendaklah memberikan sebuah penekanan pada sebuah prinsip hidup , di mana etika dan moral hendak di junjung tinggi, sehingga melahirkan manusia yang memiliki sebuah prinsip hidup manusia yang bermoral dan beretika.

Sebuah pembenahan manusia yang seutuhnya, dapat membentuk sebuah peradaban yang berkeyakinan serta memiliki sebuah prinsip hidup menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama.