-->

Sekilas membaca fitnah dalam pandangan Islam dari pencarian google



Sekilas membaca fitnah dalam pandangan Islam dari pencarian google

Dalam kehidupan sehari-hari tidak pernah lepas dari sebuah percakapan dan isu-isu berita, namun kadang dalam sebuah berita ada juga yang bermuara kepada sebuah berita bohong dan fitnah.

Sebenarnya, apa sih pengertian fitnah itu? 
Dijelaskan dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) sebagai berikut: fit·nah n perkataan bohong atau tanpa berdasarkan kebenaran yg disebarkan dng maksud menjelekkan orang (spt menodai nama baik, merugikan kehormatan orang)
Fitnah adalah perbuatan yg tidak terpuji; mem·fit·nah v menjelekkan nama orang (menodai nama baik, merugikan kehormatan, dsb).

[وَالَّذِينَ يُؤْذُونَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ بِغَيْرِ مَا اكْتَسَبُوا فَقَدِ احْتَمَلُوا بُهْتَانًا وَإِثْمًا مُبِينًا [الأحزاب: 58

58. dan orang-orang yang menyakiti orang-orang yang mukmin dan mukminat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata.
 (QS Al-Ahzab/33:58)

A'udzu billahi mina'sy-shaytani 'r-rajim Bismillahi 'r-Rahmani 'r-Rahim.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu. (QS. al-Hujurat: 6)

Sumber bacaan dan Refensi  :
http://awu.usahalink.com/artikelfull544-BAHAYA-FITNAH-DALAM-KEHIDUPAN.html di akses 21-06-2014
http://www.nahimunkar.com/beda-arti-fitnah-bahasa-indonesia-dan-fitnah-dalam-islam/ di akses 21-06-2014
http://kaspo.wordpress.com/2008/06/25/apa-itu-fitnah/ di akses 21-06-2014
http://muslim-magz.blogspot.com/2013/03/dosa-menyebarkan-fitnah.html di akses 21-06-2014