-->

Sejenak berkhayal tentang sepak bola Indonesia dan Piala Dunia.



Sepakbola merupakan sebuah permainan dan olahraga yang di gemari di dunia, bahkan setiap 4 tahun sekali selalu ada sebuah pertandingan olahraga ini yang melibatkan negara di seluruh dunia. Kadang saya berfikir, apa bedanya Indonesia dengan Negara barat, kita sama-sama negara.

Dalam pergelaran Piala Dunia sebagai , warga negara Indonesia, tentu kita berharap negara kita bisa lolos , dan menjadi Pemenang Piala Dunia. Namun, lolos saja, sangat sulit sekali.

kita membandingakan dengan sepak bola di Inggris dari wikipedia.org.
Di Inggris sepak bola adalah olah raga nasional yang banyak digemari. Peraturan-peraturan modern pertama permainannya dibuat pada tahun 1863, dan berpengaruh besar pada perkembangan aturan permainan saat ini. Dengan lebih dari 40.000 klub sepak bola, menjadikan Inggris sebagai negara terbanyak yang mempunyai klub yang berpartisipasi.

Inggris dianggap sebagai tempat kelahiran sepak bola. Anggapan ini berdasarkan sejarah yang ada dari Inggris dengan adanya klub sepak bola tertua di dunia (Sheffield FC), Badan Nasional pengatur sepak bola tertua di dunia (The Football Association), tim nasional pertama, kompetisi sistem gugur nasional tertua (Piala FA) dan liga nasional tertua (The Football League). Saat ini Liga domestik Inggris, Liga Primer, adalah salah satu liga olahraga paling populer dan terkaya di dunia, dan merupakan rumah bagi beberapa klub terkenal di dunia sepak bola.

Bayangkan jika Inggris, sebagai negara lahirnya sepak bola, dengan para pemain dan liga yang mahal saja bisa Tumbang dalam Piala Dunia 2014. Lalu bandingkan dengan indonesia yang tidak pernah lolos.

Sepak bola di Indonesia yang kadang terlalu fanatik dan menghasilkan sebuah aksi anarkis, juga sudah mulai di benahi. Saya, membayangkan dan berfikir, dulu Indonesia sebelum merdeka saja, mampu mengusir negara Belanda, dan menjadi negara yang di segani. Berani menentang Imperalis.

Indonesia adalah sebuah negara yang penuh dengan potensi, dengan miliaran manusia Rakyat Indonesia, seharusnya bakat pemain sepakbola pun bertebaran. Padahal hampir di setiap kota di Indonesia saya yakin memiliki, Stadion dan organisasi sepak bola, tentunya hal ini seharusnya sudah mampu memberikan sebuah potensi yang luar biasa untuk Sepakbola Indonesia.

Kita tau bahwa pendidikan sumber daya Manusia merupakan sebuah hal yang penting dalam sebuah negara, agar negara bisa lebih maju. Seharusnya, Indonesia mendatangkangkan  Pelatih  TOP dunia untuk mendidik di Indonesia. Bukan pemain saja. Tujuannya untuk melatih orang-orang Indonesia. Bukan sekadar menang. 
dan sebuah harapan besar , suatu saat nanti Indonesia mampu merajai Piala Dunia.