Langsung ke konten utama

Tehnik dan strategi meningkatkan penjualan produk

Pemasaran (bahasa Inggrismarketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikaninformasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.

Ada beberapa langkah dalam merencanakan pemasaran bagi usaha baru:

Langkah 1: Penentuan Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan

Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan, pertama-tama harus dilakukan penelitian pasar atau riset pemasaran. Riset pasar harus diarahkan pada kebutuhan konsumen, misalnya barang atau jasa apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen, berapa jumlahnya, kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka memerlukan. Riset pasar dimaksudkan untuk menentukan segmen pasar dan karakteristik konsumen yang dituju.

Langkah 2: Memilih Pasar Sasaran Khusus (Special Target Market)

Setelah mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, langkah berikutnya adalah memilih pasar sasaran khusus. Ada tiga jenis pasar sasaran khusus, yaitu:

(1) Pasar individual (individual market).

(2) Pasar khusus (niche market).

(3) Segmentasi pasar (market segmentation).

Dari tiga altematif pasar sasaran tersebut, bagi perusahaan kecil dan usaha baru lebih tepat bila memilih pasar khusus (niche market) dan pasar individual (individual market). Sedangkan untuk perusahaan menengah dan besar lebih baik memilih segmen pasar (segmentation market).

Langkah 3: Menempatkan Strategi Pemasaran dalam Persaingan

Penerapan strategi pemasaran sangat tergantung pada keadaan lingkungan persaingan pasar yang ada dari hari kehari. Keberhasilan dalam segmentasi pasar sangat tergantung pada potensi yang menggambarkan permintaan dari lingkungan persaingan. Ada enam strategi untuk memenuhi permintaan dari lingkungan yang bersaing:

(1)Berorientasi pada pelanggan (customer orientation).

(2)Kualitas (quality), ialah mengutamakan Total Quality Management (TQM) yaitu efektif, efisien, dan tepat.

(3)Kenyamanan (convenience), yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup, kenyamanan, dan kenikmatan.

(4)Inovasi (innovation), yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, jasa, maupun proses.

(5)Kecepatan (speed), atau disebut juga Time Compression Management (TCM), yang diwujudkan dalam bentuk:

(a)Kecepatan untuk menempatkan produk baru di pasar.

(b)Memperpendek waktu untuk merespons keinginan dan kebutuhan pelanggan (customer response time).

(6)Pelayanan dan kepuasan pelanggan.

Langkah 4: Pemilihan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran ialah paduan dari kinerja wirausaha dengan hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dalam mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran. Untuk menarik konsumen, wirausaha bisa merekayasa indikator-indikator yang terdapat dalam bauran pemasaran (marketing mix), yaitu probe, product, price, place, promotian.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran di akses 07 Juni 2014
http://tirman.wordpress.com/strategi-pemasaran/ di akses 07 Juni 2014

Komentar

Baca lainnya

Cara Daftar Google Adsense di Blogspot

Cara Daftar Google Adsense di Blogspot A. Latar Belakang  Cara monetisasi blog memang tidak harus dengan gabung Google Adsense,  namun bergabung di situs populer sebagai penerbit iklan merupakan hal yang menarik,  selain iklan yang tampil merupakan iklan populer dan keren Google AdSense merupakan platform populer di antara publisher iklan di internet.  B. Rumusan Masalah  1. Bagaimana Cara mendaftar akun di Google AdSense?  2. Bagaimana Cara meningkatkan penghasilan menjadi blogger?   C. Pembahasan 1. Cara daftar akun di google AdSense Cara mendaftar akun Google AdSense cukup mudah. Pertama,  masuk ke https://adsense.google.com/intl/id_id/start/ Kemudian,  pilih mulai dan masukan gmail kamu.  Masukan data blog kamu dan isi sesuai data kamu. Mudah bukan, setelah kalian isi datanya. Tinggal nunggu pesan dari Google blog kamu di Terima dari Google atau perlu di perbaiki.  Biasanya dibalas sekitar 1 minggu.  2. Cara Meningkat...

Kata-kata Bahasa Inggris populer sehari-hari wajib dihafal Bagi Pemula dan pelajarin lagi

Kata-kata  Bahasa Inggris populer sehari-hari wajib dihafal Bagi Pemula dan pelajarin lagi ☺🥰🌸🌻 1. So = Jadi 2. Then = Kalau Begitu 3. Shit = Sialan 4. Nevermind = Tidak Mengapa 5. Oh, I See = Oh, Begitu 6. By The Way = Ngomong² 7. For What/What For = Untuk Apa 8. Don't be Like That = Jangan Begitu 9. Don't be Like This = Jangan Begini 10. Anything Else = Ada Lagi/Yang Lain ? 11. Who Else = Siapa Lagi ? 12. How About/What About = Bagaimana Tentang 13. Up to You/It's Up to You = Terserah Kamu 14. All Right = Baiklah 15. That's Right = Itu Benar 16. That's Right What You Say = Betul Apa Yang Kamu Katakan ! 17. Terrible = Waduh Gawat 18. Not Bad = Lumayan 19. Hurry Up/Quickly/Be Quick = Cepat/Buruan/Ayo Cepat² 20. Of Course/Certainly/Sure = Tentu Saja 21. Of Course Not = Tentu Saja Tidak 22. What Happened = Apa Yang Terjadi ? 23. What Happened to Your Parent = Apa Yang Terjadi terhadap Orangtuamu ? 24. Unfortunately = Malangnya/Kasian ! 25. Fortunately No = Untungla...

Arti kata Sak karepmu

Sak karepmu adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa jawa. Sak karepmu dalam bahasa indonesia artinya " Teserah kamu ", up to you . Jadi , up to you , terserah kamu dalam bahasa jawa adalah sak karepmu. Demikianlah , arti kata sak karepmu.

Cara mendapatkan 100 juta pertama untuk semua orang

Cara mendapatkan 100 juta pertama untuk semua orang Cara mendapatkan 100 juta pertama tidaklah sulit, semua cukup sederhana. Pertama kamu harus tahu dalam setahun kamu bisa mengumpulkan berapa juta, misal dalam satu tahun kamu bisa mengumpulkan 10 juta berarti kamu bisa mencapai 100 juta dalam kurun waktu 10 tahun.  Dalam satu tahun 10 juta bearti kamu bisa menabung satu bulan 1 juta itu cukup bagus untuk mencapai 100 juta dalam 10 tahun.  Bila kamu punya pendapatan lebih, kamu bisa menambahkan tabungan kamu misal 15 juta setahun, akan mempercepat kamu mendapatkan 100 juta pertama.  10 tahun memang waktu yang lumayan lama ya, tapi membangun konsistensi dalam mengelola keuangan akan membuat hidup kamu lebih baik.  Kamu juga bisa mengumpulkan dan menyimpan tabungan kamu di reksadana sehingga bisa lebih cepat berkembang dalam 10 tahun kedepan.  Selama tubuh sehat, finansial lancar semoga kamu bisa mencapai 100 juta pertama.  Jika waktu 10 tahun menurut kamu la...

Memahami Fiverr: Panduan Lengkap untuk Pemula dalam Membangun Karir Freelance yang Sukses

Memahami Fiverr: Panduan Lengkap untuk Pemula dalam Membangun Karir Freelance yang Sukses Dalam era digital yang semakin berkembang, banyak orang mencari cara untuk memanfaatkan internet sebagai sumber penghasilan tambahan atau bahkan sebagai karir baru. Salah satu platform yang paling populer untuk menjalankan karir freelance adalah Fiverr. Namun, bagi pemula, memahami cara kerja Fiverr dan bagaimana membangun karir freelance yang sukses di platform ini bisa menjadi tantangan. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap untuk memahami Fiverr dan menempuh langkah-langkah pertama menuju kesuksesan dalam karir freelance Anda. 1. Apa Itu Fiverr? Fiverr adalah platform online yang memungkinkan individu untuk menjual atau membeli layanan digital. Mulai dari desain grafis, penulisan, pemasaran digital, hingga konsultasi bisnis, Fiverr menawarkan berbagai layanan yang bisa diakses oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Namun, yang membedakan Fiverr dari platform freelance lainnya adalah konse...