-->

Ontologi



Berbicara tentang sebuah ilmu filsafat tentu tidak akan lepas dari ontologi, epistimologi, dan juga Aksiologi.
Nah, untuk pembahasan sekarang, kita akan membahas sekila tentang Ontologi. Apa sih Ontologi itu?

Ontologi: adalah cabang filsafat mengenai sifat (wujud) atau lebih sempit lagi sifat fenomena yang ingin kita ketahui. Dalam ilmu pengetahuan sosial ontologi terutama berkaitan dengan sifat interaksi sosial. Menurut  Stephen Litle John, ontologi adalah mengerjakan terjadinya pengetahuan dari sebuah gagasan kita tentang realitas. Ontologi dalam filsafat ilmu adalah studi pengkajian mengenai sifat dasar ilmu yang arti sifat dasar itu membentuk arti, struktur, dan prinsip ilmu.(pasar-onlin.blogspot.com  "Ontologi, Epistemologi, aksiologi dalam filsafat ilmu" di akses 25 Juni 2014)

Metafiska umum atau ontologi adalah mempermasalahkan adanya segala sesuatu yang ada. Hal ini berbeda dengan metafisika khusus yang mempersoalkan hakikat yang ada. Yang yang menjadi bahasan dalam ontologi adalah tentang ada. Mengapa “ada” dipersoalkan. Pada kenyataannya kata “ada” mengandung permasalahan. Misalnya pada kalimat “rumah itu ada” artinya bahwa terdapat atau terlihat sebuah obyek yakni rumah. Contoh lainnya, dalam suatu ruang kuliah, kata “ada” atau ‘hadir” bermakna adanya tanda tangan dalam daftar hadir. Seorang anggota DPR dinilai hadir sehingga kehadirannya menjadi bahan untuk menentukan  quorum suatu rapat dilihat dari daftar hadirnya.
Jika kita bertanya “apakah itu ada” ?. Berdasarkan sudut pandang logika, kita tidak mungkin memperoleh jawaban, karena jawabannya tidak memenuhi persyaratan, yaitu genus proximum dan differentiae specificae. Spesifik artinya khas atau unik, dibedakan dari particular yang berarti khusus. Contohnya, “apakah manusia itu ?”. Pada jawaban ini, genus proximum dari manusia adalah “mahluk hidup”, sedangkan differentiae nya adalah “yang berpikir”. (www.matematika-umsu.web.id "landasan ontologi, epistimologi dan aksiologi sebagai pengembangan ilmu pengetahuan" di akses 25 Juni 2014)

semoga bermanfaat.