-->

7 Cara Membangun Usaha Pemula

7 Cara Membangun Usaha Pemula

Bagaimana sih cara membangun usaha bagi pemula. Artikel ini hanya untuk berbagi pengalaman seputar dunia usaha.

Beberapa waktu lalu, saya mencoba untuk membangun usaha kecil-kecilan. Toko percetakan sederhana, namun saat ini saya tutup sementara.

Adapun untuk kamu yang baru ingin mulai membukan usaha , berikut merupakan tips membuka usaha :

1. Pelajari bidang usaha yang kamu geluti 

Saat kamu hendak membangun sebuah usaha, tentu kamu harus mengetahui usaha kamu bergerak di bidang apa dan bagaimanakah pemasaran produk tersebut.

Mempelajari usaha yang hendak kamu tekuni itu penting lho.., bayangkan kalau kamu membangun usaha tetapi skill kemampuan kamu di bawah rata-rata. Maka, alhasil kamu akan kehilangan konsumen karena kamu tidak ahli di bidang yang kamu geluti tersebut. Maka, kamu harus menjadi ahli di bidang tersebut memenuhi harapan konsumen, sehingga akan mendapakan kepercayaan dari konsumen.

2. Skill dan kemampuan

Tidak dipungkiri kehidupan itu selalu berkembang dan teknologi terus melaju dengan cepat. Mulai dari bermunculan jejaring sosial baru, tipe handphone baru, trend baru. Oleh sebab itu hendaknya dalam membangun usaha harus mengikuti perkembangan dan trend saat ini. Agar usaha tetap berjalan dengan baik.

Misal dalam membuat website atau desain grafis saja, orang akan meminta model yang beragam sesuai jaman kekinian. Hendaklah menjadi pribadi yang  mengikuti perkembangan jaman sehingga menjadi kekinian dan memperoleh pangsa pasar yang baik.

Jangan lupa bangun hubungan baik dengan pelanggan dan semua orang.

3. Tempat Usaha


Tempat usaha merupakan hal penting, memang dunia digital memungkinkan kamu untuk berbisnis online. Melalui usaha di rumah kamu, akan tetapi jika kamu buka restoran atau toko dipinggir jalan akan memudahkan pengunjung datang ke tokomu , sehingga tidak repot mencari toko kamu. Tambahkan juga Google bisnis agar memudahkan konsumen mendatangi tempat usaha kamu kalau toko kamu berada di dalam.

4. Stategi marketing / promosi


Tenaga marketing selalu dibutuhkan dalam berbagai bidang apapun, baik jasa, atau produksi. Hampir semua bisnis membutuhkan sebuah teknik marketing yang baik . Oleh sebab itu saat kamu membuka usaha pelajarilah teknik marketing di era digital, ini penting untuk pengembangan usaha kamu.

5. Jangan lupa pasang papan nama dan google bisnis


Untuk usaha kamu dikenal banyak orang , pasanglah papan nama di pinggir jalan dan juga pasanglah di internet khususnya google bisnis. Hal ini akan memudahkan saat orang mencari alamat rumah kamu , baik untuk berkerjasama atau membeli produk yang kamu tawarkan.


6. Berfikir positif dan pandai mengelola keuangan


Berfikir positif itu penting agar kamu tetap semangat dalam membangun usaha yang kamu jalani saat ini. Selain itu, kamu harus bisa mengukur usaha kamu untung atau rugi, hal ini akan menentukan usaha kamu berkembang atau stagnan.

Tentukanlah harga sesuai harga pasar, agar kamu tidak mengalami kerugian yang signifikan.

7. Memiliki barang lengkap dan ada


Beberapa kendala dalam berbisnis , antara lain : modal dan stok barang. Jangan sampai konsumen kecewa karena tidak ada stok barang , apalagi kalau kamu kekurangan modal . Maka , poin nomor 6 itu penting agar kamu menghitung untung dan rugi.

Kenapa menghitung untung dan rugi dalam membangun usaha itu penting ? 
Karena kamu butuh modal untuk mengembangkan usaha yang kamu jalani, kalau usaha kamu modalnya tidak ada, maka alhasil usaha kamu stagnan dan datar bisa saja tidak berkembang.

Jaga kepercayaan konsumen dengan selalu memiliki stok barang yang diinginkan pembeli.