-->

6 LANGKAH BESAR MERUBAH HIDUP MU

6 LANGKAH BESAR MERUBAH HIDUP MU 

1. Membangun kebiasaan

Membangun kebiasan positif akan membuat hidupmu lebih baik dan teratur. Cobalah untuk membiasakan hal yang menurut kamu penting untuk di lakukan , misal bangun pagi, membuat rencana kegiatan harian, menata waktu sholat, berolahraga.

Biasanya hidup yang berantakan karena hidupnya tidak pernah diatur, hidup tanpa sebuah tujuan. Mulailah untuk membiasakan hal-hal baik setiap hari, misal sholat 5 waktu , kegiatan belajar , kegiatan membaca buku dan kegiatan positif lainnya.

Jangan sampai menyiasiakan waktu hanya untuk bergosip dan mencari kekurangan orang lain.

Mulailah sekarang , bangun.

2. Belajar dan bekerja keras

Apa kamu tidak suka baca buku? Buku itu beragam mulai dari teknik elektro, buku pendidikan, buku kewirausahaan, buku pertanian, buku motivasi, novel, bahasa inggris.

Suka untuk membaca akan membuka cakralawa ilmu pengetahuan. Kebanyakan orang bilang membaca itu cuma teori, justru sebaliknya. Dengan membaca kita praktik , dengan membaca membuat kita mengetahui lebih detail tentang bidang ilmu yang kita ingin pelajari.

Hari gini takut kutu buku ? Tau gak sih, para pemilik perusahaan besar itu tentu akan terus belajar, belajar itu memang tidak selalu dari buku. Bisa dari pengalaman , diskusi dan hal yang terjadi pada orang lain.

Seseorang yang tidak mau belajar akan sulit untuk berkembang. Alasannya cukup sederhana, biasanya cuma ingin enak tanpa mau berusaha. Percayalah dunia ini adil, dia yang berusaha keras dan memiliki kesungguhan untuk merubah takdir dan jalan hidup menjadi lebih baik, Allah akan memberikan jalan.

Banyak loh .. Para pengusaha yang berasal dari keluarga miskin dan tak punya. Seperti bapak Chairil Tanjung , pemilik PT Corp ,trans .

Kamu bisa membaca buku chairil tanjung berjudul : si anak singkong untuk membuka wawasan kamu tentang kehidupan yang beliau jalani.

Belajarlah dan bekerja keraslah agar hidupmu lebih baik. Jangan terlalu mendengarkan kata orang lain, belum tentu dia perduli kalau kamu kenapa napa , yang penting lakukan yang terbaik untuk hidupmu saat ini. Agar masa depanmu tidak sia-sia.

So , tetap semangat dan tetap menyukuri apa yang Allah kasih. Fastabiqul khoirot ( Berlomba-lombalah dalam kebaikan)

3. Membangun komunitas positif

Lingkungan yang baik akan membuat hidupmu menjadi cepat untuk berkembang. Maka cobalah lingkungan positif , misalnya komunitas pengusaha, perkumpulan alim ulama, komunitas hidroponik, komunitas burung.

Pada intinya komunitas yang membuat kamu bisa berkembang dalam hal positif baik dari segi spiritual dan financial.

Carilah orang-orang baik.
Pernah lho.. Aq berada di lingkungan pemuda yang suka ngrokok, mabuk , pacaran. Ya... Orang dewasa wajar.

Tetapi, memilih lingkungan itu penting dan berpengaruh pada kepribadian. Hmm..  Apalagi kalau kamu bergaul dengan cwe matre yang gensinya selangit. Tentu saja, kamu pasti ikut jadi sosialita ,sok kaya, pamer harta . . . hehehe

Janganlah...
Setiap orang pasti ingin di hormati , di hargai ya kan ? Saya yakin kamu juga begitu.

Oleh sebab itu , cobalah untuk belajar di lingkungan yang menghargai kamu. Tentu saja lingkungan yang baik.

4. Mau untuk mencoba

Mencoba berbagai hal baru akan membuat hidupmu berubah , misal memasak menu baru, menanam tubuhan, berternak ikan. Bahkan mungkin membuat usaha baru, entah itu berdagang di toko, jasa dll.
Mencoba hal baru tidak apa-apa asalkan bukan barang haram dan obat-obat terlarang.

5. Bersyukur dan menerima segala sesuatunya dengan ikhlas


Bersyukur biar Allah akan menambah Rizki dan nikmat. Saat kita melihat langit yang tinggi kadang kita lupa, tentang apa yang Allah yang sudah berikan.

Bagaimana cara besyukur menambah nikmat ?
Kadang orang tidak bersyukur sudah dapat pekerjaan A, dia bilang gaji kurang , bla.. Bla.. Bla...
Memang setiap orang punya pandangan masing-masing. Mungkin masalah pendidikan, pendidikan ku begini ... orang tua ku begini...

Setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing yang penting terus belajar. Jika pendidikan tidak tinggi apa tidak bisa sukses ?  Bisa, belajar bukan hanya di sekolah, kalau kamu punya uang kamu pun bisa kuliah sambil bekerja, bahkan ikut kursus.

Jika bekerja gaji pas - pasan, bersyukur yang penting bisa makan. Kamu bisa membuat usaha sampingan di luar pekerjaan kamu.

Menysukuri apa yang Allah kasih itu memang tidak mudah, apalagi jika melihat kesuksesan orang lain.

Bukan berarti kamu harus seperti mereka, jadilah diri kamu sendiri. Dan menjadi lebih baik dari hari ke hari.

6. Melakukan manajemen waktu

Waktu akan terus berjalan dan berlalu begitu cepat. Oleh sebab itu buatlah alarn di Hp kamu untuk mengelola jadwal kerja harian, target, waktu istirahat , waktu sholat.

Jangan sampai waktu menerjang hidupmu. Aturlah waktu baik harian, mingguan hingga tahunan, buat hidupmu teratur.

Tidak harus mengikuti jadwal yang penting kamu harus bisa mengatur target dan tujuan hidupmu , baik financial dan spiritual.