-->

6 CARA MENDAPATKAN NILAI A DI KAMPUS

6 CARA MENDAPATKAN NILAI A DI KAMPUS


Mahasiswa adalah golongan manusia cerdas yang biasa untuk belajar mandiri. Oleh sebab itu , sebagai orang cerdas jangan lupa untuk belajar.

Secara umum mahasiswa rata-rata memiliki rasa percaya diri disebut mahasiswa. Tetapi , melupakan hal pokok mahasiswa yaitu belajar.

Belajar seorang mahasiswa bukan hanya di kelas, melainkan di organisasi kampus juga akan meningkatkan kepercayaan diri kamu sebagai mahasiswa.

Berikut merupakan cara mendapatkan nilai A di kampus :

1. Aktif di organisasi kampus dan melakukan bakti sosial


Menjadi mahasiswa kupu-kupu alias kuliah pulang kuliah pulang, membuat kamu kurang berpengalaman di organisasi kampus. Organisasi kampus itu penting lho , selain kamu mendapatkan banyak teman dan kemampuan baru. Kamu juga akan berani berbicara di kelas berkat pengalaman kamu berorganisasi.

Organisasi kampus bukan hanya melatih kecapakan di extra kulikuler kampus ,akan tetapi bukan sekedar itu. Melatih kepercayaan diri juga koq.

Ups.. Bagi mahasiswa kupu-kupu jangan minder lho ya.. Sama aja koq. Cuma beda pengalaman.

Biasanya organisasi kampus di bimbing oleh dosen- dosen, dengan aktif di organisasi kampus kamu akan lebih di kenal dosen. Tentu saja, sepak terjang kamu di organisasi kampus apalagi membawa nama baik kampus, entah mewakili kampus atau aktif di kegiatan-kegiatan kampus membuat kamu mendapatkan nilai plus sebagai mahasiswa.

2. Rajin memberikan tanggapan dan solusi


Mahasiswa identik dengan makalah dan presentasi , tak khayal banyak mahasiswa enggan untuk bertanya atau memberikan solusi atas pertanyaan-pertanyaan yang di sampaikan pemakalah.

Nikmatilah waktu kamu belajar dengan sebaik mungkin. Oleh sebab itu, belajar akan membuat kamu menjadi lebih kritis dan memiliki wawasan luas, sehingga kamu mampu menangkap dan memberikan solusi atas permasalahan yang di bahas dalam presentasi.

Rajin memberikan tanggapan dan solusi bukan hanya mengejar nilai lho, akan tetapi hal ini juga menunjukan kecakapan kamu dalam belajar serta membuat kamu kompeten dalam berbicara berbagai hal.

Jadi berdiskusilah untuk membuat dan melatih kamu berbicara. Tentu bukan asal berbicara harus memberikan solusi alternatif dengan referensi yang jelas.

3. Rajin membaca


Hari gini takut dikatain cupu? kuliah itu bukan hanya untuk sekedar gaya belaka, memang banyak kalangan mahasiswa penuh dengan gaya , trendi dan fashionable. Tetapi, poin penting bukan hanya gaya melainkan prestasi.

Coba dong bayangkan seorang mahasiswa tidak pernah membaca memberikan  masukan dan tanggapan terhadap makalah. Hmm.. Pasti jawabannya tidak nyambung , di luar topik bahkan asal-asalan.

Inilah fungsi membaca untuk membuat kamu benar-benar kompeten di pendidikan yang kamu jalani. Bukan hanya masalah fashion dan gaya lho..

Prestasi juga donk.

4. Rajin hadir dan berangkat kuliah


Siapa yang suka bolos kuliah ? Janganlah membolos , banyak lho anak-anak sma yang ingin kuliah. Tidak 100% dari mereka mampu untuk melanjutkan kuliah mereka entah karena faktor biaya atau faktor orang tua.

Maka , buat kamu yang sudah kuliah bersyukurlah. Kamu masih bisa untuk menempuh pendidikan , hmm..

Rajin berangkat kuliah akan membuat kamu medapatkan materi kuliah dengan lengkap. Berbeda jika tidak berangkat kuliah, kamu akan ketinggalan materi pelajaran yang bikin kamu tidak mengerti sebagian materi yang terlewatkan.

Selain itu, saat pertama kuliah kadang dosen memiliki peraturan tidak masuk kurang dari 75% maka nilainya E dan mengulang mata kuliah. Maka, untuk mendapatkan nilai A rajinlah berangkat kuliah agar materi kamu tidak tertinggal.

Bukan hanya masalah nilai lho Gais..
Kopentensi keilmuan mu juga

5. Mengerjakan Tugas Kuliah


Memang menjadi mahasiswa terkadang bergitu berat adakalanya buat makalah, wawancara, studi lapangan. Bahkan membuat berbagai laporan .

Tidak apa.

Itu semua demi kematangan sebagai seorang mahasiswa. Berfikirlah positif tugas itu diberikan untuk melatih diri kita agar memiliki kompetensi yang baik dan sesuai dengan standar mutu pendidikan , jadi lulusannya tidak asal-asalan.

Justru tugas kuliah membuat kamu memiliki moment - moment berharga yang sulit untuk dilupakan .

6. Ikut UTS dan US


Jangan lupa mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester biar nilai kamu tidak jeblok. Pernah lho , saya sakit tidak mengikuti ujian padahal selalu berangkat dapat nilai C . sayangkan...

Do the best...
Hadirlah saat ujian.