-->

FUTURE PERFECT TENSE

FUTURE PERFECT TENSE



Adalah suatu tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu tindakan, suatu perbuatan atau peristiwa yang akan telah dilakukan sebelum waktu yang telah ditentukan pada waktu yang akan datang.
Jika dalam kalimat verbal perbuatannya telah dilakukan sebelum waktu yang telah dilakukan, sebgai contoh dalam kalimat:
“Saya akan sudah membayar hutangku besok jam 9” (maka pada jam 9 besok ia sudah membayar hutangnya)
Jika dalam kalimat nominal maka kejadiannya sudah dimulai waktu lampau namun hingga waktu yang ditentukan masih terus berlangsung, sebagai contoh dalam kalimat:
“Saya akan sudah cantik besok jam 7 malam” (maka jam 7 malam ia sudah dalam keadaan cantik)


Struktur kalimatnya ada 2 macam

Kalimat verbal

Strukturnya:
(+) S + shall/will + have/has + Verb 3 + O/C
(-) S + shall/will + not + have/has + Verb 3 + O/C
(?)Shall/Will + S + have/has + Verb 3 + O/C?
Yes, S + shall/will
No, S + shall/will + not


Catatan:

Ada 2 jenis verb yaitu:

Irregular Verb ( verb 1, verb 2, verb 3 tidak beraturan)
Verb 1 : eat

Verb 2 : ate

verb 3 : eaten


Regular Verb ( verb 1, verb 2, verb 3 beraturan dengan menambah “ed” di akhir kata verb 2 dan verb 3)
Verb 1 : play

Verb 2 : played

verb 3 : played


contoh:
(+)Saya akan sudah membayar hutangku besok jam 9.
I  shall have paid my debt tomorrow at 9 o’clock.


(-)Saya belum membayar hutangku besok jam 9.
I shall not  have paid my debt tomorrow at 9 o’clock.


(?) Apakah Saya akan sudah membayar hutangku besok jam 9?
Will  I have paid my debt tomorrow at 9 o’clock?
Yes, I shall
No, I shall not

Kalimat Nominal

Strukturnya:
(+) S + shall/will + have/has + been + kata sifat /kata benda/kata keterangan
(-) S + shall/will + not + have/has + been + kata sifat /kata benda/kata keterangan
(?)shall/will + S + Have/has + been + kata sifat /kata benda/kata keterangan?
Yes, S + shall/will
No, S + shall/will + not


Contoh:
(+)Saya akan sudah cantik besok jam 7 malam.
I shall have been beautiful tomorrow at 7 P.M.

(-)Saya akan belum cantik besok jam 7 malam
I will not have been beautiful  tomorrow at 7 P.M.

(?)Apakah Saya akan sudah cantik besok jam 7 malam?
Will  I Have been beautiful tomorrow at 7 P.M?
Yes, I shall
No, I shall not

Time Signal of Future Perfect Tense
By the end of this week = menjelang akhir minggu ini
By next week = menjelang minggu depan
In a week = dalam waktu satu minggu
…..when ( ketika )+ present tense
…..before ( sebelum) + present tense

sumber : 16 tenses