-->

Universitas Negeri semarang dan Pegunungan

"Senandung Pagi di Unes Gunung Pati"



Sejuknya angin pagi menemani penulis, bersama butiran-butiran embun penulis mulai melangkahkan kaki, ya kali ini penulis bersama kawan "Dedi Nurdiansyah" menuju UNES Semarang. Sesekali terbesit di dalam benak penulis, kebanyakan di dalam dunia pendidikan, entah Universitas maupun sekolah berada dalam tempat yang tenang yaitu pegunungan. Pegunungan memberikan sebuah makna historis di balik cerita pendidikan.

Beberapa Aspek yang bisa di tangkap dalam pendidikan di tempat yang jauh dari Industri :

1. Pendidikan membutuhkan tempat yang tenang 
       Salah satu kunci mengapa pendidikan di pegunungan memberikan dampak efektif bagi Mahasisa dan siswa adalah ketenangan, saat seorang pelajar tenang dan fokus dalam pembelajaran tentu itu akan membuah mereka menjadi nyaman dengan belajar, sehingga pemikiran Pelajar atau Mahasiswa menjadi lebih mudah menangkap pembelajaran.

2. Pegunungan memiliki udara yang sejuk
     Di dalam sebuah dataran tinggi, dengan udara yang menyehatkan akan membuat aura dan pemikiran positif , hal tersebut menjadikan segala potensi mampu diasah dengan sebaik-baiknya dengan udara yang nyaman dengan udara yang sejuk.

3. Pegunungan tempat dataran tinggi sehingga mampu melihat keindahan
    Saat kita berada di tempat yang tinggi kita akan mampu untuk melihat, daerah-daerah di sekitar kita, sehingga kita mampu mengerti, bahwa kita itu hanya secuil dari dunia ini , dimana kita harus bersyukur dan belajar akan kebesaran tuhan, lewat berbagai ciptaannya.

4. Kedamaian
   Saat kita berada di gunung , kita akan merasakan sebuah ketenangan , sebagai tempat rileksasi, beberapa orang di antara kita ada yang suka mendaki gunung, hanya untuk mencari ketenangan. Dalam ketenangan itulah seseorang akan menemukan kedaimaian, untuk melepas segala penat kehidupan. Gunung memang memberikan sebuah arti tersendiri dalam sebuah pendidikan di balik sebuah esensi Hidup dan Pendidikan.

Semoga bermanfaat.