-->

Peranan uang dalam kehidupan dan sebuah kebutuhan akan uang


Kehidupan ini tidak akan pernah lepas dari sebuah uang, untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, bahkan setiap Negara memiliki mata uang sendiri dalam pemenuhan kebutuhannya, dengan mata uang Negara masing-masing di dunia. Tidak dapat di pungkiri uang mampu membuat banyak orang terlena, karena dengan uang hidup dapat mencapai cita-cita yang di harapkan. Namun, sebuah perilaku konsumtif menghambur hamburkan uang, untuk keperluan yang dirasa kurang penting harus di hindari untuk menghargai makna uang sebagai sebuah nilai etika dan bijak dalam menggunakan uang.

Kehidupan manusia dari zaman semakin berkembang , mulai masyarakat perdesaan dan perkotaan , yang semakin mengenal dan memahami fungsi teknologi informasi. Adanya teknologi informasi seseorang mampu mengakses informasi, barang-barang, bisnis, serta media pendidikan melalui teknologi. Sehingga membuat perputaran uang di dunia sangat cepat, terutama untuk manusia yang konsumtif dan loyal terhadap sebuah produk di pasaran, untuk memenuhi hasrat dan keinginan .

Manusia modern adalah manusia yang hidup di jaman yang modern serba canggih, berbasis teknologi dan perkembangan zaman, teknologi membuat manusia sedikit melupakan budaya lokal yang ada. Pesatnya teknologi membuat seseorang malas untuk berinteraksi sosial secara langsung antar individu, sehingga menjadikan manusia menjadi manusia yang cenderung mementingkan uang di atas segala-galanya, uang nampaknya sesuatu yang memikat.

Manusia primitif, merupakan gambaran manusia yang belum terjamah dengan teknologi dan perkembangan zaman. Manusia primitif dapat di katakan manusia yang tertingal dengan informasi dan juga tertinggal dalam pendidikan. 

Kebutuhan akan sebuah uang di perlukan untuk mengembangkan segala aspek kehidupan menjadi lebih baik dan lebih nyaman. Cohtoh nyata dalam pembuatan jembatan, jalan raya, sekolah , semua membutuhkan uang untuk memfasilitasi infrastuktur yang ada. Dalam lingkungan keluargapun membutuhkan uang , misalnya dalam kebutuhan primer, untuk makan, minum , pakaian dan juga tempat tinggal , semua membutuhkan uang untuk menghidupi kehidupan yang ada.

Adapun kebutuhan sekunder, contohnya adalah pendididikan. Pendidikan di perlukan manusia untuk terus berkembang dalam sebuah penalaran dan pemikiran yang lebih baik, agar manusia bisa menjadi manusia yang terdidik, serta mampu untuk menjadi manusia yang memiki sikap yang baik antar sesama manusia. Dan kebutuhan tambahan bila kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi adalah kebutuhan tambahan misalnya, handphone , mobil dst.

Fungsi uang sendiri merupakan sebuah alat tukar , untuk membeli sebuah barang yang ada dengan harga yang sudah di tetapkan. Kegunaan uang selain untuk keperluan membeli barang , juga dapat di alih fungsikan menjadi tabungan untuk masa depan. Manfaat uang sangat banyak sekali, untuk beramal, untuk memenuhi kebutuhan, untuk membeli barang-barang mewah.

Kartu atm merupakan sebuah perkembangan dalam mata uang , dengan atm kebuhan dapat dipenuhi secara praktis dan cepat. Dimana kartu atm di terbitkan oleh Bank sebagai cara untuk nasabah mengambil uang dengan lebih mudah dan cepat. Perkembangan zaman dan teknologi membuat segalanya menjadi lebih singkat dan mudah , salah satunya adalah perkembangan pembelian barang melalui Internet Banking .
Kebutuhan menjadikan manusia butuh pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang ada. Kebutuhan pangan sebagai dasar dan motivasi pekerja untuk makan sehari-hari, kemudian kebutuhan sandang pemenuhan pakaian dan juga kebutuhan pendidikan. Persaingan kerja menjadikan pekerja harus berani banting tulang, untuk memenuhi kebutuhannya, dan persaingan antar individu mampu menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik.

Uang memang di perlukan dalam segi kehidupan , namun kebanyakan lupa daratan dalam mencari uang.