-->

Khol mbah muktisari , Ds.Tanjungrejo , Kudus




Kemarin Jumat  7 November 2014 , di diadakan sebuah pengajian di dukuh, ngablak Ds. Tanjungrejo. Sebuah acara untuk khol makam mbah muktisari, di mana mbah muktisari ini adalah salah satu dari keluarga sunan Muria .

Dalam acara tersebut di datangkan seorang kiai asal, ngembal, kudus. Mengatakan, hal yang selalu datang mendekat adalah sebuah kematian, setiap hari, setiap detik, waktu kita terpotong dan akan mendekatinya. Walaupun kita bersembunyi, kematian akan mendekat.
Umat muslim percaya, bahwa kehidupan di dunia ini hanya singkat dan sementara, dan sebuah alam yang kekal dan abadi adalah akhirat.Sebuah pertanggung jawaban   seorang muslim bergantung pada amal perbuatan selama hidup di dunia, dan amal yang utama di pertangung jawabkan adalah sholat.

Dan sebuah jaminan seorang masuk surga, apabila seorang meninggalkan dunia dengan sebuah iman dan mengucapkan “lailaha ilallah”
Tak luput juga, bahwa Islam menjunjung tinggi harkat dan martabat orang tua, umat Islam di wajibkan untuk berbakti kepada kedua orang tua, dan percaya ridho Allah juga bergantung pada ridho keduorang tua, seseorang yang tidak berbakti kepada orang tua dan durhaka, di akhir ajalnya , akan mendapatkan kesulitan dan akan di arahkan kepada Neraka jahanam untuk selama-lamanya.

Sebuah anjuran dari seorang kiai untuk kita selalu berbakti kepada kedua orang tua.
Demikian semoga bermanfaat.