-->

Tips membuat Rencana atau planing

Seberapa pentingnya sebuah rencana , sangat penting. Rencana merupakan suatu pondasi atau dasar dalam menentukan tujuan dan goal kita. Saat kita merencanakan sesuatu, otomatis kita akan mendapatkan sebuah gambaran atau view bagaimana cara untuk menjalankan step by step, rencana.
Beberapa Tips membuat rencana :
1.      Kita mulai dengan memikirkan dan membayangkan apa yang kita mau didalam kehidupan ini (atau apa yang kita inginkan terwujud pada saat  kita mencapai umur tertentu). Pikirkanlah beberapa area impian yang ingin kita capai: karir, keuangan, kehidupan keluarga, kesehatan, kehidupan spiritual, pendidikan dan lain sebagainya. Semua bebas dan terserah kita.Tulislah atau cari gambar yang mewakili mimpi dan target Anda tersebut agar mudah untuk divisualisasikan dan tempatkan dalam dinding impian Anda.Pada tahap ini, target jangka panjang harus dibuat sedetail mungkin daripada hanya sekedar gambaran umum saja. Carilah target yang akan membuat kita begitu antusias dan sukarela melakukan segala tindakan terbaik untuk mencapainya.

2.      Buatlah target masa depan kita itu menjadi rencana dan target spesifik jangka pendek, bisa dalam lima tahun, tiga tahun, ataupun satu tahun. Kemudian, kita pecahkan lagi menjadi rencana dan target bulanan, mingguan, bahkan kalau bisa menjadi harian.Pada tahap kedua ini, kita harus membuat keinginan dan target-target kita menjadi semakin detail dengan memberikan target waktu. Sekali lagi, buatlah target-target itu spesifik, terukur, dan dapat dijalankan. Jangan terlalu menyimpang dari  target masa depan kita yang sudah kita tentukan di tahap pertama tadi.Coba lakukan juga identifikasi ketrampilan, pengetahuan dan informasi apa yang kita butuhkan untuk mencapai semua target-target ditahap kedua ini. Fokuslah pada ketrampilan, pengetahuan dan informasi apa yang akan sangat dibutuhkan untuk mencapai target-target kita.Lakukan juga analisa penghalang dan hambatan yang akan menjauhkan kita dari pencapaian target. Ingatlah bahwa 80% alasan yang menghalangi kita untuk sukses bersumber pada diri kita sendiri. Sisa 20% nya dipengaruhi oleh faktor dari luar. Oleh karena itu buatlah rencana yang baik pada tahap ini.

3.      Lakukan review secara keseluruhan terhadap rencana dan target-target kita di tahap pertama dan kedua tadi. Reviu bisa dilakukan berulang-ulang sampai kita benar-benar yakin bisa melakukannya dengan pasti.

Rencana merupakan sesuatu yang penting di karenakan sebuah rencana akan menentukan arah dan tujuan yang ingin kita capai , dengan renacan/planning yang tepat akan membuat hidup kita menjadi lebih terarah dan lebih baik.
Demikian tips mengatur rencana semoga bermanfaat.

Referensi :
http://dedenhendrayana.com/2013/01/07/cara-membuat-rencana-dan-target-pribadi/ di akses 23 april 2014