-->

Pengertian pendidikan

Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat penting , karena setiap orang memerlukan sebuah pendidikan untuk menjadi sebuah pribadi yang lebih baik dan untuk membentuk sebuah kedewasaan dalam berfikir dan bertindak.


Menurut belajarpsikologi.com dalam tulisan yang berjudul Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli , tujuan pendidikan adalah untuk menciptakan seseorang yang berkualitas dan berkarakter sehingga memiliki pandangan luas kedepan untuk mencapai cita-cita yang di harapkan dan mampu beradaptasi secara cepat dan tepat di dalam berbagai lingkungan.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003 Dasar pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual ke Agamaan , pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan ,ahlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan untuk dirinya dan masyarakat , Bangsa dan Negara.

Menurut web Kangmoes.com  dalam artikel Pengertian pendidikan menyebutkan Pendidikan adalah pengubahan proses tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Berikut merupakan beberapa definisi pendidikan menurut para Ahli yang bersumber dari kutipan Wikipedia.org

1. Langeveld (Hasbullah. Dasar Ilmu Pendidikan. 2005. Jakarta. Penerbit: PT RajaGrasindo Persada)
Pendidikan adalah setiap usaha, pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak tertuju kepada pendewasaan anak itu, atau lebih tepat membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri. Pengaruh itu datangnya dari orang dewasa (atau yang diciptakan oleh orang dewasa seperti sekolah, buku, putaran hidup sehari-hari, dan sebagainya) dan ditujukan kepada orang yang belum dewasa

2. J.J. Rousseau (Hasbullah. Dasar Ilmu Pendidikan. 2005. Jakarta. Penerbit: PT RajaGrasindo Persada)
Pendidikan adalah memberi kita perbekalan yang ada pada masa kanak-kanak sampai remaja yang nantinya akan dibutuhkan pada saat kita dewasa nanti.

3.John Dewey (Hasbullah. Dasar Ilmu Pendidikan. 2005. Jakarta. Penerbit: PT RajaGrasindo Persada)
Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional kearah alam dan sesama manusia.

Referensi :
Belajarpsikologi.com
wikipedia.org
kangmoes.com