-->

Macam-macam metode pembelajaran

Berikut merupakan beberapa pengertian metode pembelajaran :


1.METODE CERAMAH
 Metode ceramah adalah sebuah metode  mengajar dengan cara menyampaikan materi secara lisan kepada peserta didik,  berupa cerita dan ceramah.

2.METODE DISKUSI
Metode diskusi adalah sebuah metode mengajar dengan cara berdiskusi dimana , peserta didik melakukan sebuah diskusi dan memberikan sebuah kesimpulan materi pembelajaran, metode diskusi dilakukan dengan dua orang atau lebih.


3.METODE DEMONSTRASI
Metode demonstrasi adalah sebuah metode pembelajaran yang di lakukan dengan cara salah siswa atau seseorang memperagakan , dan mendemostrasikan di depan kelas.

4.METODE RESITASI
Metode resitasi adalah sebuah metode pendidikan dimana siswa atau peserta didik , melakukan sebuah resume atau meringkas sebuah materi pembelajaran dengan kalimat sendiri.

5.METODE EKSPERIMENTAL
Metode eksperimental adalah sebuah metode pembelajaran dengan cara seorang siswa atau peserta didik melakukan sebuah pengamatan , eksperimen, menganalisis suatu obyek materi pembelajaran , sehingga peserta didik mengalami suatu pembelajaran  dan menyimpulkan sebuah obyek materi yang di amati.

6.METODE STUDY TOUR
Metode study tour adalah sebuah metode pembelajaran dengan cara mengunjungi sebuah tempat dimana tempat tersebut menjadi sebuah objek pembelajaran ,dan peserta didik di dampingi oleh pengajar  dalam melakukan sebuah kegiatan study tour, di samping itu metode study tour juga dapat memperluas wawasan peserta didik.

7.METODE LATIHAN KETRAMPILAN (Drill method)
Metode latihan ketrampilan (drill method) adalah sebuah metode pembelajaran dengan memberikan ketrampilan secara berulang , dan melakukan sebuah ketrampilan misalnya membuat tas, melihat fungsinya dan mengunjungi langsung ke tempat pembuatan tas. Dan bertujuan untuk membuat sebuah kebiasaan kepada peserta didik

8.METODE PEMBELAJARAN BEREGU
Metode pembelajaran beregu adalah sebuah pembelajaran dimana Pengajarnya lebih dari satu orang dan masing-masing pengajar memiliki tugas masing-masing di mana salah satunya ditunjuk sebagai koordinator, dan untuk peserta didik di uji dari tim pengajar.

9.PEER THEACING METHOD
Peer theacing method adalah sebuah sebuah pembelajaran dimana pengajaran di lakukan sesama peserta didik , atau juga disebut sebuah sebuah metode pembelajaran yang salah satu teman sendiri menjadi pengajar.

10.METODE PEMECAHAN MASALAH ( PROBLEM SOLVING METHOD )
Metode pemecahan masalah (Problem solving method) adalah sebuah metode dimana seorang pendidik merangsang pemikiran peserta didik untuk memberikan sebuah pendapat dan wawasan tentang sebuah problem .

11.PROJECT METHOD
Prject method adalah  sebuah metode pembelajaran dengan cara meminta peseta didik untuk membuat sebuah proyek untuk di jadikan sebuah objek kajian untuk di teliti.

12.TEILEREN METHOD
Teileren Method adalah sebuah metode pembelajaran dengan cara membuat  materi pembelajaran yang di bahas yang saling berkaitan. Contohnya : menyambung Ayat-ayat al Qur an dari satu ayat ke ayat yang lain dan berkaitan dengan materi yang di bahas.

13.METODE GLOBAL (GANZE METHOD)
Metode Global (Ganze Method) adalah sebuah metode pembelajaran dengan cara para peserta didik di minta untuk membaca seluruh materi yang di berikan dan membuat sebuah resume intisari dari materi.

Referensi :
Haryanto, Macam-macam metode pembelajaran ,belajarpsikologi.com di akses 8 maret 2014