-->

Opini apa itu pengusaha ? dan pelanggan setia

 Dahulu kala, saya berpendapat bahwa pengusaha adalah orang yang sukses, punya rumah mewah, mobil mewah dan kaya raya. Itulah beberapa sebabnya kenapa orang ingin jadi pengusaha, sampai ada yang jual rumah, keluar dari pekerjaan untuk membuat usaha. Definisi pengusaha secara mudah telah jabarkan oleh Rico Huang bahwa pengusaha artinya Orang yang berusaha.



Jadi pengusaha adalah orang yang berusaha , kemudian butuh tenaga tambahan akhirnya menambah karyawan. Jadi tidak selalu pengusaha itu langsung sukses, dia menjadikan setiap kegagalan sebagai bahan pembelajaran. Tidak ada istilah gagal , itu adalah pelajaran berharga agar kedepannya lebih baik.

Kalau pendapat saya, pengusaha itu sama juga seperti karyawan dia bekerja untuk orang lain, bekerja untuk memenuhi kebutuhan yang ada di masyarakat. Jika produknya tidak laku menjadikan pengusaha ini mengurangi karyawan. Karena gaji karyawan didapatkan dari hasil penjualan produk. 

Bahkan saat saya bekerja sebagai costemer service atasan saya mengatakan, sebenarnya bos besar kita itu adalah costemer, yang beli produk kita. Jadi , sebagai pekerja tentu saya bekerja sebaik mungkin agar tidak mengecewakan costemer sebagai pembeli. Jadi pabrik sebesar apapun itu bisa bangkrut kalau kehilangan custemer, itulah kenapa pengusaha itu sama seperti kita orang yang berusaha. Makanya, target diperusahaan itu kadang bar bar sekali.

Saya bekerja di beberapa perusahaan, mulai dari pabrik, menjadi teknisi, costemer service, guru honorer, toko percetakan bahkan masuk ke dunia blogging dan freelacer. Hanya untuk mengetahui perputaran uang itu seperti apa, lalu bagaimana fenomena yang ada dimasyarat yang cenderung hedonisme. 

Seperti kerja ditoko , saya pun mengetahui bahwa kelangsungan profitable toko itulah yang membuat toko akan bertahan dan berkembang. Tidak heran demi meningkatkan penjualan, kita harus melakukan trik marketing, seperti pasang sepanduk, bikin browsur dan juga punya kartu nama yang bisa diambil cotemer agar mudah dihubungi. 

Jadi, secara garis besar usaha apapun baik di rumah , besar atau kecil. Pemenuhan permintaan costemer / pelanggan adalah hal yang patut di pioritaskan, bayangkan jika perusahaan membuat banyak produk tidak sesuai permintaan pasar , tentu perusahaan itu bisa mengalami kerugiaan, oleh sebab itu ada banyak teori tentang riset pasar. 



Kita juga bisa belajar dari kaskus , yang kehilangan usernya yang di bahas di youtube Bennix.
Dimana dari analisis yang dijabarkan dari kasus kaskus, dia besar itu karena user jadi kebutuhan usernya seharusnya jadi prioritas. Kita ambil pelajaran saja dari kaskus.