-->

7 TIPS MENGHADAPI DUNIA KERJA OUTSOURCING ATAU KONTRAK

 7 TIPS MENGHADAPI DUNIA KERJA OUTSOURCING ATAU KONTRAK

Di Indonesia sudah tidak asing lagi dengan istilah kerja outsourcing atau kontrak, memang pada dasarnya hal tersebut menguntungkan bagi perusahaan. Karena tidak memberikan pesangon, serta bila pekerja tidak bekerja sesuai target atau absensi buruk , perusahaan bisa melakukan pemberhentian dan kontrak kerja tidak akan di perpanjang.  Berikut merupakan 7 tips menghadapi dunia kerja outsourcing atau kerja kontrak yang tidak pasti :

1. Bekerja dengan baik dan tepat waktu

Perusahaan memang akan melihat absensi karyawan baik keberangkatan , maupun tepat waktu. Selagi Anda masih bekerja tetaplah bekerja dengan baik dengan waktu yang sudah ditentukan, memang setiap perusahaan memiliki waktu sendiri dalam bekerja. Anda bisa lakukan agar kebutuhan anda tercukupi.

2. Mencari pekerjaan sampingan boleh juga

Bila tenaga anda masih cukup untuk mencari pekerjaan sampingan , tidak masalah untuk mencari pekerjaan lain di luar pekerjaan anda. Dimana anda memiliki waktu untuk melakukan pekerjaan sampingan tersebut. Bila memang tidak bisa , maka istirahat lebih baik.

3. Memiliki keahlian lain

Memiliki keahlian selain pekerjaan utama memang hal yang patut di acungi jempol. Keahlian lain akan membantu anda mendapatkan pekerjaan lain, saat kontrak anda sudah tidak di perpanjang perusahaan atau sebagai bekal jika anda memutuskan untuk pensiun atau memilih pekerjaan di tempat lain.

4. Punya income lain

Hidup memang tidak terlepas dari materi dan uang untuk membeli kebutuhan, oleh sebab itu memiliki sumber penghasil bukan hanya dari satu tempat memang diperlukan untuk menjaga dapur tetap terjaga bila terjadi sesuatu pada pekerjaan utama. 

5. Sisihkan uang untuk dana darurat

Selama bekerja disebuah perusahaan memang kita menikmati gaji dari kerja yang kita lakukan. Walau ada sebagian orang langsung menghabiskan gajinya, akan lebih baik jika menyiapkan dana darurat. Hal ini penting agar persiapan anda di masa depan tidak terganggu masalah financial saat butuh dana cepat.

6. Jalin hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan

Kita tidak tau akan masa depan , akan tetapi memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja dan atasan memberikan banyak sekali keuntungan. Bila kontrak kerja anda tidak diperpanjang, bisa saja teman kerja anda atau bahkan  atasan yang akan memberitahukan bila ada lowongan pekerjaan. Karena perduli dengan anda , jadi tetaplah bersikap baik dengan siapapun.


7. Tunjukan anda bekerja dengan profesional

Jaga hubungan baik dengan pelanggan , bekerja dengan baik dan profesional menjadikan anda akan direkomendasikan oleh pelanggan anda. Bahwa anda telah bekerja dengan baik.