Pembelajaran merupakan sebuah kegiatan sistematis dan
memerlukan subuah konsep dan teori ,
dalam sebuah pembelajaran seorang Guru harus memiliki sebuah kompentensi
mengajar, untuk mengembangkan pendidikan seorang Murid dan Mahasiswa.
Untuk tercapainya sebuah, hasil pembelajaran yang maksimal
di perlukan sebuah strategi pembelajaran yang tepat.
Berikut merupakan beberapa hal yang hendak kami bahas dalam artikel HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN PAI
Pengertian strategi pembelajaran.
Strategi merupakan sebuah komponen yang sangat berpengaruh
dalam dunia pendidikan, terlebih dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Strategi
pembelajaran PAI merupakan salah satu upaya untuk menerapkan bagaimana
nilai-nilai ajaran Islam yang ada pada tiap materi mampu diserap, di hayati,
serta di amalkan oleh peserta didik.[1]
Secara umum, Strategi Pembelajaran dapat di artikan sebagai
salah satu upaya yang dilakukan oleh seseorang
atau organisasi untuk sampai pada tujuan, Dalam Kamus Besar Bahasa
Indonesia, Strategi adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk
mencapai sasaran khusus.[2]
Menurut J.R. Dafid
dalam buku Stategi Pembelajaran Terpadu (2012 : 12), strategi pembelajaran meliputi ;
rencana , metode, dan perangkat kegiatan yang direncanakan untuk mencapai
tujuan pengajaran tertentu.[3]
Prinsip-prinsip strategi pembelajaran
Beberapa prinsip-prinsip umum penggunaan strategi
pembelajan sebagai berikut :
a. Berorientasi pada tujuan
Tujuan merupakan sebuah komponen yang sangat penting dalam
sebuah pembelajaran, di karenakan tujuan akan menentukan tercapainya hasil
pembelajaran.
b. Aktifitas
Menurut Muhammad Asrori dalam buku Psikologi Pembelajaran,
(2007 : 3) belajar bukanlah menghafal sejumlah fakta atau informasi, tetapi
belajar adalah melakukan sebuah
perbuatan dan mendapatkan sebuah pengalaman
sesuai dengan tujuan yang di harapkan. Karena itu, strategi pembelajan
harus mendorong aktifitas siswa.[4]
c. Individualitas
Sebuah pengajaran adalah sebuah aktifitas untuk mengembangkan Individu siswa, dan pada hakekatnya adalah
sebuah perubahan perilaku siswa menjadi lebih
baik.
d. Intregritas
Mengajar di pandang sebagai usaha mengembangkan seluruh
pribadi siswa, Seorang guru merancang stategi pembelajaran yang tidak terbatas
pada pengembangan aspek Intelektual saja, tetapi mendorang siswa agar
berkembang secara keseluruhan.[5]
Pentingnya strategi pembelajaran
Strategi pembelajaran merupakan salah satu komponen dalam sistem
pembelajaran yang berperan penting untuk mencapai tujuan intruksional yang
telah di tetapkan. Dalam pembelajaran dapat kita ketahui terdapat tiga tahap kegiatan
pembelajaran, yakni tahap permulaan (Praintruksional), tahap pengajaran
(Intruksional), tahap penilaian dan tahap tindak lanjut. [6]
[1]
Isriani Hardini, 2012, Strategi Pembelajaran Terpadu, Yogyakarta : Familia, hal
211.
[2] Aida
Dkk, 2014 , Makalah Hakikat Strategi Pembelajaran PAI, Stain Kudus , hal 3.
[3]
Isriani Hardini, Op Cit,l 12.
[4]
Muhammad Asrori, 2007, Psikologi Pembelajaran ,
[5]
Suharmi Arikunto, 1989, Dasar-dasar evaluasi pendidikan, Jakarta : Bina
aksara, hal 133.
[6] Abdul
Majid, 2013, Strategi Pembelajaran , Bandung : Remaja Rosdakarya, hal
27.
Komentar
Posting Komentar