Senin, 24 Februari 2014

HAKIKAT STATEGI PEMBELAJARAN PAI



   

Pembelajaran merupakan sebuah kegiatan sistematis dan memerlukan subuah konsep  dan teori , dalam sebuah pembelajaran seorang Guru harus memiliki sebuah kompentensi mengajar, untuk mengembangkan pendidikan seorang Murid dan Mahasiswa.
Untuk tercapainya sebuah, hasil pembelajaran yang maksimal di perlukan sebuah strategi pembelajaran yang tepat.


     Berikut merupakan beberapa hal yang hendak  kami bahas dalam  artikel  HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN PAI


 Pengertian strategi pembelajaran.

      Strategi merupakan sebuah komponen yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan, terlebih dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Strategi pembelajaran PAI merupakan salah satu upaya untuk menerapkan bagaimana nilai-nilai ajaran Islam yang ada pada tiap materi mampu diserap, di hayati, serta di amalkan oleh peserta didik.[1]

Secara umum, Strategi Pembelajaran dapat di artikan sebagai salah satu upaya yang dilakukan oleh seseorang  atau organisasi untuk sampai pada tujuan, Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Strategi adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.[2]

Menurut  J.R. Dafid dalam buku Stategi Pembelajaran Terpadu  (2012 : 12), strategi pembelajaran meliputi ; rencana , metode, dan perangkat kegiatan yang direncanakan untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu.[3]

     Prinsip-prinsip strategi pembelajaran

Beberapa prinsip-prinsip umum penggunaan strategi pembelajan  sebagai berikut :

a.       Berorientasi pada tujuan

    Tujuan merupakan sebuah komponen yang sangat penting dalam sebuah pembelajaran, di karenakan tujuan akan menentukan tercapainya hasil pembelajaran.

b.      Aktifitas

         Menurut Muhammad Asrori dalam buku Psikologi Pembelajaran, (2007 : 3) belajar bukanlah menghafal sejumlah fakta atau informasi, tetapi belajar adalah  melakukan sebuah perbuatan dan mendapatkan sebuah pengalaman  sesuai dengan tujuan yang di harapkan. Karena itu, strategi pembelajan harus mendorong aktifitas siswa.[4]  

       c.  Individualitas

         Sebuah pengajaran adalah sebuah  aktifitas untuk mengembangkan  Individu siswa, dan pada hakekatnya adalah sebuah perubahan  perilaku siswa menjadi lebih baik.

     d.      Intregritas

         Mengajar di pandang sebagai usaha mengembangkan seluruh pribadi siswa, Seorang guru merancang stategi pembelajaran yang tidak terbatas pada pengembangan aspek Intelektual saja, tetapi mendorang siswa agar berkembang secara keseluruhan.[5]


     Pentingnya strategi pembelajaran

Strategi pembelajaran merupakan salah satu komponen dalam sistem pembelajaran yang berperan penting untuk mencapai tujuan intruksional yang telah di tetapkan. Dalam pembelajaran dapat kita ketahui terdapat tiga tahap kegiatan pembelajaran, yakni tahap permulaan (Praintruksional), tahap pengajaran (Intruksional), tahap penilaian dan tahap tindak lanjut. [6]





[1] Isriani Hardini, 2012, Strategi Pembelajaran Terpadu, Yogyakarta : Familia, hal 211.
[2] Aida Dkk, 2014 , Makalah Hakikat Strategi Pembelajaran PAI, Stain Kudus , hal 3.
[3] Isriani Hardini, Op Cit,l 12.
[4] Muhammad Asrori, 2007, Psikologi Pembelajaran ,
[5] Suharmi Arikunto, 1989, Dasar-dasar evaluasi pendidikan, Jakarta : Bina aksara, hal 133.
[6] Abdul Majid, 2013, Strategi Pembelajaran , Bandung : Remaja Rosdakarya, hal 27.

Related Posts

HAKIKAT STATEGI PEMBELAJARAN PAI
4/ 5
Oleh