-->

Pepatah Jawa Mengatasi Takut Dengan Masa Depan

Pepatah Jawa Mengatasi Takut Dengan Masa Depan 

Masa depan adalah masa dimana kita memprediksi pencapaian masa depan padahal kita berada di masa sekarang, dengan segala hal yang ada mungkin membuat takut dengan masa depan. Berikut merupakan tips pepatah orang jawa kenapa santuy mengatasi masa depan. 

1. Mlaku sak Tutuke

Mlaku sak tutuke artinya berjalan semampunya. Jadi menghadapi kehidupan dan jalan hidup dengan berjalan semampunya, menjalani waktu hingga akhir waktu , jalan terus semampunya. Slogan ini membuat orang jawa santuy dalam menghadapi hidup karena percaya hidup sudah diatur tuhan tinggal jalani semampunya. 


2. Angger dilakoni

Angger dilakoni artinya Asal dijalani. Jadi setiap waktu tinggal dijalani tanpa pusing dengan yang terjadi, ya intinya jalani saja. 

3. Wong Nandur bakal ngunduh

Pepatah jawa "Wong nandur bakal ngunduh" artinya orang yang menanam akan memetik hasilnya, menanam kebaikan nanti juga akan berbuah kebaikan, akan menikmati hasil dari apa yang dibuat. 

4. wong sabar subur

Sabar dikatakan dalam wikipedia adalah hal yang memiliki tingkat spiritual tinggi, wong sabar subur artinya orang sabar memiliki tingkat keluhuran tinggi jadi kalau ada masalah bersabarlah dan jalani hidupmu dengan santuy, nanti juga ada jalannya. 

Demikian semoga bermanfaat.