-->

KIAT MEMBUAT MAKALAH


kiat membuat makalah

KIAT MEMBUAT MAKALAH

Oleh : Moh. Rosyid

A.      Pengantar

Sivitas akademika pada pendidikan tinggi diwajibkan melaksanakan tiga hal secara bersamaan yakni perkuliahan, dan pengabdian kepada masyarakat. Pelaksanaan perkuliahan didalamnya dapat dilakukan dengan pembelajaran dan penelitian dalam bentuk membuat karya ilmiah diantaranya berupa makalah.
Esensi dasar makalah adalah karya ilmiah yang proses pembuatannya diawali dengan menelaah hal-hal yang bersifat normatif dan atau memahami realitas sosial untuk dikaji agar  diperoleh persoalan/problem yang selanjutnya dibahas. Adapun format (bentuk ) makalah ada yang sederhana, ada pula bentuk yang lengkap.
Bentuk sederhana minimal memuat  judul, latar belakang masalah, rumusan masalah atau permasalahan , pembahasan , simpulan , dan daftar pustaka. Adapun bentuk makalah lengkap yang  memuat judul, latar belakang masalah, rumusan masalah , tujuan penulisan , manfaat penulisan , telaah pustaka, landasan teori, pembahasan, simpulan , dan  daftar pustaka.

 B.      Cara membuat makalah

B.1 Makalah Bentuk Sederhana

Cara membuat makalah sederhana formatnya terdiri atas :
a.       Judul; sebelum membuat judul , seorang penulis harus menentukan topik/tema tulisan.
b.      Latar belakang masalah ; berisi uraian/deskripsi berupa faktor menulis topik/judul, apa yang menari bagi pembaca dengan topik/judul , apa yang unik , pada paragraf akhir memaparkan harapan ideal  dari judul/topik , tetapi harapan tersebut tak tercapai , maka akan muncul problem. Problem tersebut dituangkan dalam rumusan masalah.
c.       Rumusan masalah atau permasalahan : berisi problem yang bersumber dari latar belakang masalah , dikemas dalam bentuk kalimat tanya.
d.      Pembahasan ; menjawab sejumlah rumusan masalah dengan data
e.      Simpulan; mendedahkan/mendeskripsikan garis besar yang ada dalam pembahasan
f.        Daftar pusataka ; sumber yang digunakan dalam pembuatan makalah.

B.2 Makalah bentuk lengkap

Cara membuat makalah lengkap yang memuat  :
a.       Judul
b.       Latar belakang masalah
c.       Rumusan Masalah
d.      Tujuan penulisan ; menjawab sejumlah rumusan masalah tanpa data
e.      Manfaat penulisan ; harapan penulis bagi pembaca makalah
f.        Telaah Pustaka; mencari sisi persamaan dan perbedaan antara tulisan orang lain yang ditelaah dengan topik pemakalah
g.       Landasan Teori ; Konsep yang digunakan dalam penulisan makalah. Teori yang digunakan sesuai dengan topik makalah
h.      Pembahasan
i.         Simpulan
j.        Daftar Pustaka

 C.      Penguasaan Forum Presentasi

D. Pemakalah dapat menyampaikan substansi makalah dengan baik dihadapkan audien jika mampu menguasai materi dengan baik dan terbiasa menyampaikan makalah atau forum sejenis.