Langsung ke konten utama

Karakteristik Active Learning

Pembelajaran aktif adalah segala bentuk pembelajaran yang memungkinkan siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran itu sendiri baik dalam bentuk interaksi antara siswa maupun siswa dengan pengajar dalam proses pembelajaran tersebut. Menurut Bonwell (1995), pembelajaran aktif memiliki karakteristik-karakteristik sebagai berikut :
a.       Penekanan proses pembelajaran bukan pada penyampaian informasi oleh pengajar melainkan pada pengembangan ketrampilan pemikiran analisis dan kritis terhadap topik atau permasalahan yang dibahas.
b.      Siswa tidak hanya belajar secara pasif tetapi mengerjakan sesuatu yang berkaitan dengan materi pembelajaran.
c.       Penekanan pada eksplorasi nilai-nilai dan sikap – sikap berkenaan dengan materi pelajaran
d.      Siswa lebih banyak ditutut untuk berfikir kritis menganalisa dan melakukan evaluasi
e.       Umpan – umpan yang baik akan lebih cepat terjadi pada proses pembelajaran

Di samping karakteristik tersebut diatas, secara umum suatu proses pembelajaran aktif memungkinkan diperolehnya beberapa hal. Pertama, interaksi yang timbul selama proses pembelajaran akan menimbulkan positive interdependence dimana konsilidasi pengetahuan yang dipelajari hanya dapat diperoleh secara bersama-sama melalui eksplorasi aktif dalam belajar. Kedua, setiap individu harus terlibat aktif dalam proses pembelajaran  dan pengajar harus dapat mendapatkan penilaian untuk setiap siswa sehingga terdapat individual.Ketiga, proses pembelajaran aktif ini agar dapat berjalan efektif diperlukan tingkat kerjasama yang tinggi sehingga akan memupuk sosial skills.

Dengan demikian kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan sehingga penguasaan materi  juga meningkat. Suatu studi yang dilakukan Thomas (1972) menunjukan bahwa setelah 10 menit pelajaran, siswa akan cenderung kehilangan konsentrasinya untuk mendengarkan pelajaran yang diberikan oleh pengajar secara pasif. Hal ini tentu saja akan semakin membuat pelajaran tidak efektif jika terus dilanjutkan tanpa upaya untuk memperbaikinya. Dengan menggunakan cara-cara pembelajaran aktif hal tersebut dapat dihindari. Pemindahan peran pada siswa untuk aktif belajar dapat mengurangi kebosanan ini bahkan bisa menimbulkan minat belajar yang besar pada siswa. Pada akhirnya hal ini akan membuat proses pembelajaran mencapai learning outcome yang di inginkan.[1]




[1] Siregar, Eveline dan Hartini Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran, Ghalia Indonesia , ,Jakarta ,2010 , hal.134

Komentar

Baca lainnya

Cara mendapatkan 100 juta pertama untuk semua orang

Cara mendapatkan 100 juta pertama untuk semua orang Cara mendapatkan 100 juta pertama tidaklah sulit, semua cukup sederhana. Pertama kamu harus tahu dalam setahun kamu bisa mengumpulkan berapa juta, misal dalam satu tahun kamu bisa mengumpulkan 10 juta berarti kamu bisa mencapai 100 juta dalam kurun waktu 10 tahun.  Dalam satu tahun 10 juta bearti kamu bisa menabung satu bulan 1 juta itu cukup bagus untuk mencapai 100 juta dalam 10 tahun.  Bila kamu punya pendapatan lebih, kamu bisa menambahkan tabungan kamu misal 15 juta setahun, akan mempercepat kamu mendapatkan 100 juta pertama.  10 tahun memang waktu yang lumayan lama ya, tapi membangun konsistensi dalam mengelola keuangan akan membuat hidup kamu lebih baik.  Kamu juga bisa mengumpulkan dan menyimpan tabungan kamu di reksadana sehingga bisa lebih cepat berkembang dalam 10 tahun kedepan.  Selama tubuh sehat, finansial lancar semoga kamu bisa mencapai 100 juta pertama.  Jika waktu 10 tahun menurut kamu la...

NOUN ( PENGERTIAN DAN MACAMNYA)

Noun, atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai kata benda, adalah salah satu komponen penting dalam struktur bahasa. Noun adalah kata yang digunakan untuk menamai suatu objek seperti orang, benda, tempat, serta konsep atau ide. Dalam konteks bahasa Inggris, noun merupakan satu dari delapan part of speech. Pengertian Noun Noun adalah kata yang digunakan untuk menamai suatu objek seperti orang, benda, tempat, serta konsep atau ide. Misalnya, 'door' atau 'pintu' dan 'cat' atau 'kucing' adalah contoh dari noun. Noun juga bisa berbentuk tunggal (singular) atau jamak (plural). Fungsi Noun Noun memiliki fungsi yang beragam dalam kalimat. Beberapa fungsi utama dari noun antara lain: 1. Sebagai subjek dalam suatu kalimat. Contoh: "Joni has read the book for 3 hours." Dalam kalimat ini, 'Joni' dan 'book' adalah noun. 2. Sebagai objek dalam suatu kalimat. Contoh: "The Lion ate a goat." Dalam kalimat ini, 'Lion' dan ...

Forum Blogger Indonesia di Telegram

Halo sobat blogger di Indonesia... Sebagai seorang blogger , tentu kita harus memiliki rekan sesama blogger. Dimana kita bisa saling berbagi ilmu di Dunia Blogging. Sobat Blogger... Jika kamu memiliki blog dan website. Ayo gabung di komunitas blogger indonesia di telegram , boleh berbagi Artikel, cerita blogging, meningkatkan earning dan berbagi ilmu di dunia maya. Maka , sobat tidak perlu ragu langsung saja gabung Welcome 😃 Please invite your friends to join us using:👤 https://t.me/joinchat/F2rfpw2F4EVP-g3B3dNOIA Kamu boleh berbagi tulisan km yang terbaru , dan berbagi informasi dunia internet.

Penggunaan has, have dan Had dalam bahasa Inggris

Penggunaan has, have dan Had dalam bahasa Inggris Kata has , have , dan had adalah bentuk dari kata kerja "to have," yang berarti "memiliki" atau digunakan dalam bentuk tata bahasa tertentu. Berikut perbedaannya: 1. Have Digunakan untuk subjek: I, You, We, They Tenses: Present (sekarang) Contoh: I have a motorcycle. (Saya memiliki sepeda motor.) They have many ideas. (Mereka memiliki banyak ide.) 2. Has Digunakan untuk subjek: He, She, It Tenses: Present (sekarang) Contoh: She has a beautiful house. (Dia memiliki rumah yang indah.) The company has many employees. (Perusahaan memiliki banyak karyawan.) 3. Had Digunakan untuk semua subjek: I, You, We, They, He, She, It Tenses: Past (lampau) Contoh: We had a great trip last year. (Kami memiliki perjalanan yang menyenangkan tahun lalu.) She had a cat when she was young. (Dia memiliki kucing saat dia masih kecil.) Penggunaan dalam Kalimat Lain Selain digunakan untuk menunju...

Cerita ku invest dana darurat di reksadana

Cerita ku invest dana darurat di reksadana Pertama kali investasi saya sempat ragu-ragu mau investasi dimana? Saya belajar crypto, binary option, forex dan saham semuanya high risk. Sedangkan jika uang di taruh di bank kemungkinan cepat diambil dan habis.  Akhirnya saya memutuskan investasi yang lebih aman di reksadana, reksadana ini ada 4 macam ada reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, ada reksadana campuran dan ada reksadana saham.  Untuk reksadana yang saya pilih low risk yaitu reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap. Cukup lumayan, pertama kali saya beli reksadana 50ribu, 100 ribu kemudian beberapa bulan saya juga sempat ambil. Ternyata pengambilannya mudah dan gampang, akan di cairkan ke rekening kita dalam 2-3 hari. Karena resiko investasi rendah uang pun bertambah sedikit demi sedikit serta mudah diambil, saya akhirnya memutuskan untuk menabung untuk dana darurat saya di reksadana.  Beberapa bulan saya top up 1jt , kalau ada uang saya isi sa...