-->

Proses Terjadinya Hujan




Proses terjadinya hujan , hujan merupakan sebuah fenomena alam yang selalu mengiringi kehidupan kita terutama kita di Indonesia , di mana Indonesia merupakan sebuah negara tropis , yang memili dua musim yaitu musim penghujan dan musim panas.

Hujan memberikan banyak manfaat dan fungsi bagi kehidupan, Fungsi hujan salah satunya adalah karena hujan menghasilkan air , untuk kebutuhan kita sehari hari , tanam-tanaman membutuhkan air, dan hewan-hewan ternak untuk minum. Bahkan hidup kita tak akan lepas dari air , untuk minum, memasak, mandi , cuci pakaian dll.

Hujan terjadi akibat sebuah siklus kehidupan yang tuhan ciptakan, namun ada juga hujan yang di buat secara buatan oleh manusia.

Hujan yang terjadi alami awalnya , terjadi sebuah proses konveksi yaitu sebuah perpindahan panas dari daerah satu ke daerah lain , perpindahan panas ini terjadi juga karena bantuan matahari dan juga angin , kemudian sungai-sungai dan juga air laut terjadi proses penguapan  karena panas, proses ini di sebut evaporasi akibat bantuan sinar matahari. 

Uap-uap yang telah menguap kemudian berjalan ke atas , berkumpul bersama uap-uap yang lain , sehingga uap-uap ini menyatu dan memadat mejadi sekumpulan awan, proses pemadatan ini di sebut kondensasi .

Akibat terbawa oleh angin , awan semakin membesar, angin menuju kepada daerah yang lebih rendah dan bersuhu dingin , dalam perjalanan ke daerah yang lebih rendah , awan membentuk butiran air dan es. Karena butiran es dan air di awan yang lama-kelamaan semakin berat sehingga air dan butiran es dalam awan dan jatuh ke permukaan bumi dan disebut presipitasi.

Adapun hujan buatan adalah hujan yang terjadi karena di buat oleh manusia dengan cara penyemaian awan dengan bahan yang besifat higroskopik.

Demikian semoga bermanfaat.