-->

DAMPAK BERITA TERHADAP CARA BERFIKIR

"Berita negatif memberikan efek negatif bagi seseorang dalam berfikir"


Kadang, kita sering mendengar berita buruk pada sebuah media massa, dimana media massa adalah sebuah media yang sangat penting karena menyajikan beragam informasi yang kita butuhkan.

Semua orang pasti memiliki sebuah rasa , bingung, canggung, linglung dan takut. Diantaranya karena trauma, pengalaman orang lain dan juga cerita orang lain.

Berita, adalah sebuah cerita, dimana cerita akan masuk kedalam otak kita dan memberikan sebuah dampak di dalam diri kita, baik cara kita berfikir dan berargumen (beropini). Misal saja , seorang mendapatkan cerita bahwa temanya makan buah rambutan dan ternyata di rambutan itu ada ulatnya , dan akhirnya , anak tersebut enggan untuk makan rambutan karena cerita tersebut.

Begitu pula, efek berita negatif yang berada di media, baik cetak maupun elektronik. Mereka, memberikan sebuah dampak yang sangat luar biasa di dalam kehipan masyrakat.
Sebagai contoh, di media massa sering di ungkap kasus-kasus korupsi (mengambil uang rakyat), yang di lakukan oleh para pejabat Instansi suatu lembaga negara, di mana masyarakat menggantungkan sebuah perubahan yang baik di negeri ini di tangan para pemimpin negeri ini, tetapi kenyataanya para pemimpin yang seharusnya menjadi suri tauladan bagi rakyat, tetapi korupsi. Hal ini, menjadikan masyarakat enggan dan tidak percaya lagi pada pemimpin dan pemerintah.

Di dalam kita mendengar berita, hendaknya kita menyaring apa yang kita dengar, dan terdapat berbagai kemungkinan juga, bahwa sebuah berita itu di tumpangi sebuah partai politik untuk menjatuhkan lawan politik.

Sebaliknya, biasanya media massa cenderung mengabaikan berita-berita positif pencapaian prestasi anak negeri dan lain-lain. Yang ada di televisi, beritanya rata-rata : Perampokan, pembunuhan, pemerkosaan dan bencana. Yang mengakibatkan, rasa enggan kepada orang lain, akibat berita-berita negatif tersebut.

Jadi, kepada pembaca, saya sarankan untuk merefresing otak kita dari berita-berita negatif yang akan mempengaruhi kita dalam berfikir.