-->

TIPS BERMANFAAT SAAT GAGAL BIKIN USAHA

TIPS BERMANFAAT SAAT GAGAL BIKIN USAHA

Pixabay.com ilustrasi


A. Latar Belakang 

Membuat usaha bukanlah hal yang mudah terkadang usaha yang dijalani mengalami pasang surut sehingga membuat usaha menjadi gagal dan tidak memiliki prospek dimasa depan. Kegagalan adalah hal yang tidak pernah diinginkan oleh siapa saja, namun hal yang penting adalah bagaimana cara kita menyikapi suatu kegagalan, karena kegagalan adalah tempat untuk belajar lagi dan lagi tentunya untuk menjadi pribadi yang lebih baik di hari esok. 

B. Rumusan Masalah

1. Bagaimana cara Menyikapi Kegagalan? 
2. Hal apa yang sebaiknya dilakukan saat gagal membuat usaha? 
3. Bagaimana  solusi selain menjadi pengusaha? 

C. Pembahasan 

1.Cara Menyikapi Kegagalan

Cara terbaik menyikapi kegagalan adalah dengan cara bersyukur anda sudah berani melangkah yang menunjukan anda memiliki jati diri luar biasa yang tangguh dengan berani mengambil keputusan walaupun hasilnya tidak seperti yang di inginkan. 

Kegagalan adalah hal biasa karena hidup selalu bertentangan,  ada hitam ada putih,  ada gelap ada terang dan ada gagal ada berhasil.  Jadi,  tetaplah menenangkan diri secara wajar bahwa kegagalan merupakan tempat untuk belajar menuju tangga kesuksesan. 

Biasanya para pengusaha selalu memiliki energi positif untuk melawan keterpurukan dan kegagalan. Maka, lakukan hal positif pada kehidupan yang anda jalani,  anda bisa melakukan evaluasi dan mencoba cara lain untuk sukses dan berhasil. 

Berikut merupakan tips dan hal positif yang bisa anda lakukan: 


a. Belajar membuka cakrawala berfikir

Belajar bisa dari belajar pengalaman kegagalan yang sudah terjadi, bukan hanya belajar dari pengalaman anda bisa membuka cakrawala berfikir dengan membeli buku dan membaca artikel-artikel online, nonton youtube untuk mengupgrade kemampuan anda untuk berhasil di masa depan. 

b. Olahraga dan mengelola waktu

Cintailah diri anda dengan berolahraga agar tubuh anda sehat dan semangat untuk menjadi seorang yang lebih baik. Apalagi jika ditambah anda mampu melakukan manajemen waktu yang baik di kehidupan sehari-hari, anda akan nyaman untuk beraktivitas lebih baik. 

2. Hal apa yang sebaiknya dilakukan saat gagal membuat usaha

Berikut merupakan tips menghadapi kegagalan dalam membuat suatu usaha, taukah anda orang yang kuliah bisnis di kuliah ada yang membutuhkan waktu 4 tahun hanya belajar tanpa praktek,  rela mengeluarkan uang tanpa membuat usaha.  Namun,  apa yang mereka dapatkan adalah ilmu. Jika anda belum membaca baca buku maka bukalah pengetahuan anda dengan membaca buku, agar kecakapan anda dalam berbisnis juga terasah dengan teori dari buku untuk mendukung praktek dilapangan. 

Tidak hanya dengan buku,  banyak sekali seminar tidak ada salahnya mengikuti kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti seminar dan acara-acara UMKM yang ada untuk membuat Anda sukses menjadi pengusaha. 

Lakukanlah evaluasi usaha anda, bila perlu anda mencari informasi dari pakar bisnis seperti bisnis konsultan. Namun,  jika anda merasa mampu mengatasi masalah bisnis anda,  sayapun yakin anda bisa. 

3. Solusi selain menjadi pengusaha

Ada orang yang dilahirkan menjadi pengusaha karena rintisan orang tua dan dan ada yang membangun usaha dari jerih payahnya sendiri. Memang membuat usaha itu tidak mudah bagi orang yang tidak memiliki mentor atau pembimbing.  Namun,  walaupun sudah memiliki pembimbing kegagalan pun bisa saja tetap terjadi karena jika tidak sukses ya gagal. Tetapi,  tidak selamanya seseorang itu akan gagal, tujuan orang membuat usaha adalah demi uang dan usaha yang produktif. Solusi lain,  selain menjadi pengusaha adalah menjadi karyawan yang sukses. Dengan menjadi karyawan andapun akan mendapatkan penghasilan sambil anda memikirkan bisnis kedepannya. 

Banyak juga karyawan yang sukses mampu membeli motor, mobil bahkan rumah tanpa memiliki usaha atau bahkan sambil usaha sampingan. Percayalah rejeki sudah ada yang atur,  anda bisa mencoba hal terbaik menjadi karyawan atau pengusaha itu terserah anda atau keduanya. 

D. Kesimpulan

Membuat usaha bukanlah perkara mudah, namun setiap orang harus mampu menyikapi kegagalan dengan baik. Salah satunya dengan mengatur waktu, berolahraga dan belajar. Salah satu alternatif selain membuat usaha yaitu menjadi karyawan. 

Demikian artikel yang saya buat,  semoga bermanfaat bila ada kritik dan saran silahkan tulis di komentar. Terimakasih